Sukses

7 Makanan Alami yang Bisa Menambah Tinggi Badan, Enak dan Menyehatkan

Ada beberapa makanan alami yang bisa menambah tinggi badan kamu.

Liputan6.com, Jakarta Menambah tinggi badan tentunya juga menjadi salah satu masalah yang menjadi perhatian remaja maupun orang dewasa sekarang ini. Di samping banyaknya orang yang juga memiliki masalah dengan menurunkan berat badan.

Tetapi, ternyata masalah tinggi badan ini lebih sulit dicarikan solusinya karena banyak faktor yang sulit dihindari, seperti faktor genetik. Pada remaja, tentunya belum terlambat untuk mengatasinya, bahkan bisa jadi adalah waktu yang tepat. Sedangkan bagi orang dewasa asalkan berusaha, setidaknya kamu bisa mendapatkan khasiat kesehatannya.

Oleh karena itu, ada beberapa makanan alami yang bisa menambah tinggi badan kamu. Tidak hanya berkhasiat menambah tinggi badan, makanan makanan ini juga enak dan memiliki khasiat kesehatan lain yang tidak kalah pentingnya.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang makanan alami untuk menambah tinggi badan dari berbagai sumber, Kamis (25/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Telur dan Kedelai

1. Telur

Protein merupakan nutrisi yang memiliki peranan paling besar dalam meningkatkan tinggi badan. Jadi pastikan kamu mengonsumsi telur setiap hari karena kandungan protein telur sangat banyak dan baik untuk kesehatan.

Bahkan kamu juga disarankan untuk mengonsumsi 3 butir telur untuk membantu meningkatkan pertumbuhan secara keseluruhan. Jadi tidak hanya tinggi badan yang akan dinaikkan oleh telur, tapi juga bisa menambah berat badan bagi kamu yang merasa masih kerempeng. Selain protein, telur memiliki kandungan kalsium, vitamin B dan juga vitamin D. Tentunya telur sangat enak dan menyehatkan bagi tubuh kamu. 

2. Kedelai

Kedelai tidak jauh berbeda dengan telur, kaya akan kandungan protein yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan tulang dan otot. Sajian seperti tahu atau tempe bisa dijadikan alternatif makanan penambah tinggi badan dari kedelai. Dengan mengonsumsi kedelai setidaknya 50 gram setiap harinya, dapat membantu kamu dalam meningkatkan tingi badan.

3 dari 5 halaman

Lobak dan Oatmeal

3. Lobak

Lobak biasanya menjadi lalapan pada makanan utama kamu. Sering dianggap sepele dan bahkan ditinggalkan, ternyata lobak bermanfaat untuk menambah tinggi badan kamu. Kandungan lemak, vitamin, mineral, protein dan serat di dalam lobak ternyata bisa menambah tinggi badan kamu.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam lobak ini ternyata dapat meningkatkan hormone pertumbuhan. Kamu bisa secara rutin mengonsumsi lobak dengan dimasak, atau bahkan ada juga yang mengonsumsinya dengan dijadikan jus.

4. Oatmeal

Oatmel adalah makanan yang kaya akan protein dan memiliki kandungan lemak yang rendah. Bila kamu ingin menambah tinggi badan, tapi tidak mau menambah berat badan, oatmeal sangat tepat untuk dijadikan alternatif makanan yang memiliki kandungan karbohidrat. Hal ini karena oatmeal rendah kalori dan baik untuk kesehatan tulang, yang tentunya dapat meninggikan badan kamu.

4 dari 5 halaman

Bok Choy dan Bayam

5. Bok Choy

Mungkin kamu jarang mendengar bok choy ini. Bok choy adalah sayuran sejenis sawi yang biasanya disajikan di restoran Chinese food.

Cita rasa bok choy tidak jauh berbeda dengan sawi daging. Sayuran satu ini mengandung mineral, vitamin, serat dan karbohidrat yang baik untuk merangsang pertumbuhan hormon hormon untuk menabah tinggi badan.

6. Bayam

Bayam tidak hanya memberikan kekuatan, tetapi juga menyediakan zat besi dan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung pertumbuhan tinggi kamu. Bahkan bayam juga dapat membantu fungsi tubuh, pertumbuhan otak, membangun sel otot, dan juga pertumbuhan tulang dengan kandungan vitamin, zat besi, serat serta kalsium.

5 dari 5 halaman

Susu

Rasanya tidak lengkap bila tidak memasukkan susu ke dalam salah satu penambah tinggi. Kalsium yang dikandung oleh susu sangan berpengaruh dalam pertumbuhan tulang dan bisa menambah energi. Segelas susu setiap hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan juga untuk menambah tinggi badan kamu.

Bahkan minum 2 gelas susu setiap hari bisa membentuk tulang yang sehat dan membangun sebagian besar sel tubuh. Kandungan kandungan yang dimiliki oleh susu seperti kalsium, protein, vitamin B12, dan vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan tinggi badan.

Produk olahan susu lainnya seperti yoghurt dan keju juga bisa jadi alternatif untuk menambah tinggi badan kamu. Bila kamu tidak ingin menambah berat badan, pilihlah produk olahan susu yang rendah lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.