Sukses

6 Cara Merawat Piringan Hitam, Penikmat Musik Harus Paham

Sebenarnya cara merawat piringan hitam atau vinyl tidak sulit, namun perlu kehati-hatian.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi dewasa ini memberi berbagai kemudahan bagi manusia. Kehadiran smartphone dan berbagai aplikasi di dalamnya dapat memberi kemudahan terutama untuk menikmati berbagai koleksi lagu. Tapi, seiring berjalannya waktu dan tren yang sedang berkembang, menikmati lagu dengan piringan hitam atau vinyl menjadi salah satu pilihan menarik.

Saat ini piringan hitam tersebut juga semakin digandrungi anak muda, tentunya selain kaset pita yang juga sedang ramai diperbincangkan oleh anak muda.

Kembalinya tren untuk koleksi piringan hitam, sudah sewajibnya sejalan dengan pengetahuan bagaimana cara merawat piringan hitam yang tepat. Mengapa penting memahami bagaimana cara merawat piringan hitam? Sebab piringan hitam merupakan barang yang sangat rentan terhadap kerusakan. Selain itu, piringan hitam juga rata-rata sudah berumur puluhan tahun.

Dengan usia rata-rat piringan hitam yang sudah cukup tua tersebut, penting untuk dipahami cara merawat piringan hitam yang tepat. Tujuannya agar lagu yang diputar masih bisa dinikmati tanpa adanya kendala. Jika salah dalam cara merawat piringan hitam, justru akan berpengaruh besar terhadap kualitas lagu yang diputar.

Diluar tujuan cara merawat piringan hitam agar menjaga kualitas suaranya, saat ini pringan hitam juga sudah menjadi sebuah kolekasi yang beberapa di antaranya bahkan bisa memiliki harga yang sangat mahal, terutama jika itu piringan hitam milik musisi-musisi terkenal.

Nah, maka dari itu untuk membahas cara merawat piringan hitam yang tepat secara lebih dalam, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara merawat piringan hitam yang tepat dan penting untuk diperhatikan seksama, Rabu (23/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Bersihkan dengan kain lembut

Cara merawat piringan hitam yang pertama, dengan membersihkan piringan hitam menggunakan kain lembut. Cara ini juga efektif untuk membersihkan jamur yang mungkin hinggap di piringan hitam. Selain itu, penggunaan kain lembut ini berfungsi untuk mencegah timbulnya goresan pada permukaan piringan hitam.

Sebab goresan-goresan yang terlalu berlebihan pada piringan hitam cukup berbahaya dan bisa memengaruhi kualitas dari lagu yang terdapat di dalam piringan hitam tersebut. Selain hanya menggunakan kain yang lembut, Anda bisa membasahi kain tresebut dengan sedikit air, agar debu yang menempel dapat hilang.

Atau, Anda bisa juga menggunakan bantuan dari cairan pembersih piringan hitam yang banyak dijual di pasaran, dan bisa juga membuat cairan pembersih piringan hitam sendiri dengan bahan campuran yang terdiri dari air putih, alkohol isopropyl, dan beberapa tetes deterjen. Tapi pastikan deterjen yang digunakan tidak memiliki kandungan pewarna atau pewangi.

3 dari 7 halaman

2. Hati-hati saat memegang

Cara merawat piringan hitam selanjutnya dengan berhati-hati saat sedang memegang piringan hitam tersebut. Hal ini untuk menjaga piringan hitam agar tetap bersih. Usahakan untuk memegang sebagian kecil area fisiknya saja ketika ingin memutarnya. Bagian yang bisa dipegang adalah area pinggirnya saja atau bagian dalam yang ditempel sengan label.

Dengan menyentuh piringan hitam sedikit, maka akan berguna untuk mencegah piringan hitam terkena minyak atau debu yang biasanya terdapat di jari-jari tangan. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan bantuan sarung tangan kain yang bersih untuk memegang piringan hitam tersebut agar terhindar dari kotoran yang bisa menempel.

4 dari 7 halaman

3. Simpan di rak khusus

Selanjutnya, Anda bisa menyediakan rak khusus untuk menyimpan piringan hitam kesayangan. Sadar atau tidak, cara ini akan sangat berguna untuk memberikan rongga antar piringan. Di sisi lain sirkulasi udara pada piringan hitam dapat terjaga dan akan menghindarkan piringan hitam dari jamur. Dari sisi keamanan juga jadi lebih terjamin, mengingat jika diletakkan di sembarang tempat akan berpotensi rusak atau patah karena terinjak atau tertekan.

5 dari 7 halaman

4. Simpan di tempat sejuk

Hinggapnya jamur pada piringan hitam memang sangat tinggi potensinya. Itulah mengapa udara lembap menjadi salah satu musuh utama piringan hitam. Sebab udara lembap dapat menimbulkan jamur menempel di piringan hitam dan bisa merusak fisik dari piringan hitam yang Anda miliki.

Maka dari itu, pastikan ketika akan menyimpan piringan hitam dalam waktu lama, atau hanya sekadar memiliki piringan hitam dan akan memajangnya, usahakan hindari tempat-tempat yang lembap. Letakkan piringan hitam di lokasi yang sejuk dan kering.

6 dari 7 halaman

5. Tambahkan silica gel

Jika Anda merasa tidak yakin dengan kondisi tempat penyimpanan piringan hitam, maka sangat disarankan untuk menambahkan silica gel yang diletakkan di sekitar piringan hitam. Cara ini berfungsi untuk mencegah timbulnya kelembapan yang berlebihan. Sebab silica gel akan menyerap udara lembap dan bisa menekan risiko tumbuhnya jamur.

7 dari 7 halaman

6. Perhatikan cara memutarnya

Ketika mendengarkan piringan hitram, saat ingin memasangnya pastikan tangan benar-benar stabil dan pasang piringan hitam secara perlahan. Cara merawat piringan hitam ini sangat penting jika ingin memutar piringan hitam dengan turntable manual yang menggunakan jarum di atas piringan hitam. Sebab, jika tidak hati-hati akan menggores piringan hitam secara tidak sengaja.

Sedangkan saat akan mengangkatnya, tunggu terlebih dahulu sampai piringan hitamnya benar-benar berhenti. Kemudian baru angkat jarum untuk mengurangi risiko timbulnya goresan yang parah di piringan hitam tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini