Sukses

6 Makanan Mengandung Creatine yang Mudah Didapatkan

Meski tubuh bisa memproduksi creatine sendiri, namun perlu tambahan dari asupan makanan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Creatine merupakan salah satu jenis senyawa yang sebenarnya bisa diproduksi sendiri dalam tubuh manusia. Namun, produksi creatine tersebut hanya dalam jumlah yang sangat kecil. Padahal, setidaknya tubuh seseorang membutuhkan creatine sekitar 1-3 gram per hari dari asupan makanannya.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, ada baiknya berasal dari beragam makanan mengandung creatine. Bahkan, bagi para atlet atau yang sedang dalam program peningkatan masa otot juga memerlukan asupan dari makanan mengandung creatine. 

Untuk mendapatkan makanan mengandung creatine tinggi sangat mudah. Bahkan hampir setiap hari makanan mengandung creatine tersebut dikonsumsi. Tidak perlu khawatir juga dengan harganya, sebab harga dari bahan makanan mengandung creatine tersebut bisa dibilang sangat terjangkau.

Lalu, apa saja jenis-jenis makanan mengandung creatine tersebut? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber macam-macam makanan mengandung creatine yang bisa dengan mudah didapatkan, Kamis (12/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Daging Sapi

Makanan mengandung creatine yang pertama yaitu daging sapi. Makanan ini juga mengandung zat besi yang sangat tinggi, terutama jika dibandingkan ayam atau ikan. Daging sapi sering dijadikan salah satu sumber makanan yang kaya akan creatine. Sebab, di dalam satu kilogram daging sapi terdapat kandungan sekitar 4,5-5 gram creatine.

Proses pengolahannya bisa dengan menjadikan daging sapi sebagai steak. Namun jangan terlalu lama memasak daging sapi dalam suhu panas. Selain bisa merusak kandungan protein di dalamnya, juga menyebabkan kandungan zat lain seperti protein juga turut rusak.

3 dari 7 halaman

2. Daging Ayam

Ayam merupakan makanan mengandung creatine yang mudah ditemukan. Ayam adalah jenis unggas yang sangat tinggi konsumsinya di seluruh belahan dunia. Selain menjadi salah satu makanan mengandung creatine, ayam juga rendah akan lemak. Di dalam 100 gram ayam, terdapat kandungan protein 23,2 gram dan creatin sebesar 3,4 gram / kg.

Proses pengolahan daging ayam juga sebenarnya hampir sama dengan daging sapi, yaitu dengan cara dipanggang atau rebus. Namun tetap jangan terlalu lama dalam memasaknya di suhu yang panas.

4 dari 7 halaman

3. Ikan Tuna

Kemudian, makanan mengandung creatine ternyata bisa berasal dari ikan tuna. Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang mudah didapatkan. Biasanya, di dalam tiap kilogram tuna segar terkandung sekitar 4 gram creatine.

Di dalam ikan tuna juga terkandung beragam nutrisi, vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya seperti vitamin B6, vitamin B12, kalium, serta fosfor. Di dalam ikan tuna juga terdapa kandungan dua jenis asam lemak omega-3 yaitu EPA yang merupakan jenis asam lemak di mana mampu menghambat peradangan sel.

Serta ada juga kandungan DHA yang merupakan jenis asam lemak di mana bisa meningkatkan kesehatan mata dan otak.

5 dari 7 halaman

4. Ikan Salmon

Ikan salmon mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Jenis makanan laut ini telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang sangat kaya akan kandunan gizi. Sebab di dalam salmon terdapat beragam nutrisi penting tubuh, yang mana salah satunya creatine.

Di dalam satu kilogram salmon terdapat kandungan sebesar 4,5-5 gram creatine, yang mana jumlah creatine tersebut sangat bermanfaat dalam membantu mempertahankan kadar creatine dalam otot.

Ikan salmon selain kaya akan kandungan creatine, ikan salmon juga termasuk jenis ikan yang kaya akan lemak dan bisa menjadi sumber omega-3 serta protein. Tentunya, kandungan protein dan creatine tersebut akan sangat baik dalam fase pemulihan otot setelah latihan angkat beban, serta mencegah masa otot menyusut meski sedang dalam proses penurunan berat badan.

6 dari 7 halaman

5. Daging Domba

Daging domba yang sudah berusia usianya sedikit tua atau biasa disebut “mutton”, merupakan salah satu jenis makanan mengandung creatine yang baik dikonsumsi. Daging domba bisa menjadi alternatif pilihan jika bosan dengan daging sapi dan ayam. Selain itu, kandungan lemak di dalam daging domba sendiri biasnaya lebih rendah dari daging sapi.

Daging domba sangat kaya akan kandungan kreatin dan protein berkualitas tinggi. Kandungan kreatin di dalam daging domba ini berkisar 5 gram di tiap kilogram daging yang masih mentah. Selain kaya akan creatin, daging domba juga memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh, seperti zat besi, zinc, dan vitamin B12.

7 dari 7 halaman

6. Susu Rendah Lemak

Sumber makanan mengandung creatine yang terakhir dan mudah ditemukan yaitu susu rendah lemak. Susu rendah lemak sangat direkomendasikan, sebab susu jenis ini mengandung lebih sedikit kalori jika dibanding jenis susu lain.

Selain itu, di dalam susu rendah lemak juga terkandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, seperti kalsium, vitamin D, dan vitamin A. Sayangnya, jika dibandingkan dengan beragam makanan mengandung creatine di atas, susu rendah lemak hanya memiliki 0,1 gram creatine per kilogram.

Namun, jika memang dibutuhkan asupan creatine dalam jumlah besar, ada baiknya untuk menambahkan suplemen. Sebab hal tersebut dinilai lebih efektif dibanding harus mengonsumsi makanan dengan sumber creatine dalam jumlah besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini