Sukses

13 Cara Mengatasi Penipisan Rambut dengan Bahan Alami, Ampuh

Cara mengatasi penipisan rambut ini menggunakan minyak esensial, bumbu dapur, dan tanaman herbal.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi penipisan rambut ini penting diketahui pria dan wanita dewasa. Penipisan bisa terjadi 50-100 helai rambut per hari bagi orang dewasa. Penyebab umumnya adalah penataan, produk perawatan, KB, hormon, pengobatan, dan kebiasaan buruk.

Bukan tanpa alasan. Penipisan rambut sangat mengganggu penampilan dan bikin kepercayaan diri hilang. Alih-alih menggunakan bahan kimia yang berisiko tinggi pada kerusakan, lebih baik terapkan cara mengatasi penipisan rambut dengan bahan alami.

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi penipisan rambut adalah minyak esensial, bumbu dapur, dan tanaman herbal. Bahan ini efektif mencegah ketombe, iritasi, kerontokan, menyuburkan, menebalkan, dan melembutkan rambut secara alami.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengatasi penipisan rambut dari berbagai sumber, Selasa (24/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Penipisan Rambut

Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat pembersihan, antibakteri, dan antimikroba yang kuat. Ketika digunakan secara topikal, dapat membantu membersihkan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Tak heran jika cara mengatasi penipisan rambut dengan bahan ini manjur dilakukan. Tea tree oil membantu menjaga rambut sehat dan lembab. Hal inilah yang dapat membantu rambut tumbuh pada tingkat normal dan mencegahnya tidak rontok.

Sebuah tinjauan pada 2015 menemukan tea tree oil umumnya digunakan dalam produk perawatan anti-ketombe. Jika ketombe tidak diobati, penumpukan kulit mati pada akhirnya bisa menghambat pertumbuhan rambut.

Lidah Buaya

Lidah buaya memang identik dengan segudang manfaatnya untuk kecantikan. Mulai dari melembapkan kulit, merawat kulit iritasi, hingga memperkuat rambut, mengatasi penipisan rambut, dan mengurangi rambut rontok.

Lidah buaya mengandung enzim, asam amino, mineral, dan vitamin yang akan membantu menutrisi rambut dan menyehatkannya. Cara mengatasi penipisan rambut dengan lidah buaya juga patut diandalkan.

Memanfaatkan gel lidah buaya sebagai masker penipisan rambut juga bisa dilakukan. Oleskan gel lidah buaya yang berwarna bening ke kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

3 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Penipisan Rambut

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa dipakai sebagai cara mengatasi penipisan rambut. Minyak ini kaya kandungan vitamin A, C, D, E, dan anti-oksidan. Minyak zaitun akan membantu menyuburkan rambut dan menebalkan rambut, serta membuat rambut tampak lebih berkilau.

Caranya cukup mudah, tuangkan minyak secukupnya ke telapak tangan dan oleskan ke rambut secara merata. Berikan pijatan lembut agar nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun dapat terserap dengan baik.

Setelahnya, tutup rambut menggunakan bungkus kepala atau shower cap setidaknya selama 15 menit atau lebih. Pastikan kamu menggunakan minyak zaitun yang murni untuk mendapatkan manfaat menebalkan rambut yang lebih maksimal.

Daun Seledri

Seledri kaya akan kandungan anti-oksidan dan vitamin E. Kedua kandungan ini mampu menutrisi kulit kepala secara mendalam, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru yang lebih kuat dan lebih tebal. Cocok dijadikan sebagai cara mengatasi penipisan rambut alami.

Cukup haluskan seledri yang telah dicuci dan dibuang akarnya, haluskan. Lalu aplikasikan layaknya masker rambut selama 30 menit sambil dipijat lembut dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

4 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Penipisan Rambut

Kemiri

Kemiri mungkin adalah salah satu bahan alami yang cukup terkenal untuk merawat rambut. Jika biasanya kemiri hanya digunakan untuk menebalkan rambut bayi, ternyata orang dewasa pun dapat merasakan manfaatnya ketika rambutnya mengalami penipisan.

Kemiri mengandung zat aponin, falvonoida, dan polyphenol yang menurut hasil penelitian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa langsung memanfaatkan minyak kemiri yang untuk dioleskan ke kulit kepala selama 30 menit, setelahnya bilas rambut hingga bersih.

Santan

Santan kaya akan protein, kalsium, vitamin, dan zat besi. Kandungan ini dapat melembutkan rambut, mengatasi rambut kering, serta merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuat rambut untuk mencegah rontok.

Untuk mendapatkan manfaat dari santan, bisa menggunakannya sebagai masker rambut selama 30 menit sambil dipijat lembut selama 2-3 kali dalam seminggu. Setelahnya, harus membilasnya hinga benar-benar bersih.

Minyak Kelapa

Vitamin dan asam lemak esensial yang secara alami ditemukan dalam minyak kelapa. Keduanya bisa menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut.

Cocok untuk mengatasi penipisan rambut. Minyak kelapa menyerap ke helai rambut lebih baik daripada minyak mineral dan jenis minyak lainnya. Ini mungkin membantu mencegah rambut kering, rapuh dan bercabang.

Minyak kelapa juga membantu menenangkan iritasi kulit kepala, mengelupas, dan gatal-gatal. Lemak dalam minyak kelapa juga bisa membantu menjaga kelembaban rambut.

5 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Penipisan Rambut

Bawang Merah

Meski memiliki bau yang tajam, bawang merah bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut saat mengalami penipisan. Hanya perlu menghaluskan bawang merah secukupnya dan ambil air atau sarinya.

Lalu, oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan sampo. Namun sebagian orang mungkin memiliki permukaan kulit kepala yang lebih sensitif, sehingga bila terasa tidak nyaman, atau perih segera bilas hingga bersih.

Minyak Sereh

Minyak sereh dapat mengatasi penipisan rambut dengan menguatkan folikel rambut. Minyak sereh juga bisa menambah kilau, menghilangkan iritasi kulit kepala, gatal-gatal, dan mengurangi ketombe.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa tonik rambut serai secara efektif mengurangi ketombe. Ketombe dapat menjadi penyakit umum, dan memiliki kulit kepala yang sehat dan bebas ketombe adalah bagian penting dari kesehatan rambut.

6 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Penipisan Rambut

Putih Telur

Pemilihan putih telur sebagai masker rambut yang mengalami penipisan, cocok untuk kulit kepala sensitif. Biasanya, putih telur juga digunakan untuk menebalkan rambut pada bayi. Efeknya baik dan tidak berdampak buruk atau bikin iritasi.

Nah, untuk mengurangi bau amis dari putih telur, bisa mencampurkannya dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan pada kulit kepala bayi. Diamkan selama beberapa saat dan akhiri dengan keramas hingga bersih. Lakukan 2 hingga tiga kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

Minyak Jarak

Minyak jarak menjadi obat populer untuk kerontokan dan pertumbuhan rambut. Hal inilah yang menjadikannya cocok untuk mengatasi penipisan rambut pada orang dewasa.

Asam lemak pada minyak jarak juga membantu menyeimbangkan pH kulit kepala. Minyak jarak kaya akan antioksidan yang mendukung keratin di rambut, membuatnya lebih halus, lebih kuat, dan tidak kering.

Sifat antivirus, anti bakteri, dan antijamur dari minyak jarak juga menjadikannya pengobatan yang efektif untuk infeksi kulit kepala. Kandungan proteinnya yang tinggi membuatnya sangat berharga untuk menjaga kesehatan rambut.

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Penipisan Rambut

Teh Hijau

Teh hijau bisa diandalkan untuk mengatasi penipisan rambut. Kandungan yang ada pada teh hijau antara lain zat antioksidan, polifenol, fluoride, vitamin C, mangan, L-teanin, dan katekin.

Caranya adalah dengan mendiamkan selama 15 menit seduhan daun teh hijau, lalu oleskan pada kulit kepala. Untuk hasil lebih maksimal, terapkan lebih rutin. Tak hanya dioleskan, tetapi juga dikonsumsi.

Minyak Almond

Minyak almon mampu mendukung pertumbuhan rambut yang sehat, cocok untuk mengatasi penipisan. Minyak ini pun efektif dijadikan sebagai kondisioner. Menggunakan minyak almond pada rambut memberikan tekstur lebih lembut dari waktu ke waktu.

Minyak almond mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi yang merupakan antioksidan alami yang baik untuk kesehatan rambut. Minyak almond mengandung magnesium tinggi, sehingga membantu mencegah rambut rontok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini