Sukses

FOMO Adalah Fear of Missing Out, Pahami Bahaya dan Cara Mengatasinya

FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out. berikut ini pengertian FOMO, bahaya FOMO dan cara mengatasi sindrom FOMO.

Liputan6.com, Jakarta FOMO adalah istilah yang kerap kali kita dengar saat ini, FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out, atau perasaan takut tertinggal suatu hal baik itu informasi terkini maupun tren terkini. Jika anda mengalami perasaan takut tertinggal hal-hal baru, anda mungkin pernah mengalami sindrom FOMO.

FOMO adalah sindrom yang baru-baru ini muncul dan dialami oleh banyak orang baik muda maupun tua. FOMO bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal yang ada disekitar kita, mulai dari lingkungan pertemanan hingga penggunaan gadget dan konsumsi media serta informasi yang berlebihan.

FOMO adalah fenomena yang dapat menimbulkan dampak negatif dalam kehidupan seseorang. FOMO menjadi penyebab rasa khawatir berlebihan dan perasaan takut yang tidak tertahan jika anda tertinggal trend yang sedang berjalan.

Untuk lebih memahami apa itu FOMO, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (11/11/2022). Tentang pengertian FOMO, bahaya FOMO dan cara mengatasi sindrom FOMO.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

FOMO Adalah

FOMO Adalah

FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out. Sesuai dengan namanya, FOMO adalah ketakutan akan ketinggalan suatu trend yang tengah berlangsung dan memicu perasaan ketakutan yang dapat merugikan. FOMO bisa menyerang siapa saja, pria atau wanita, tua atau muda. 

FOMO adalah sebuah sindrom atau fenomena dimana seseorang percaya bahwa semua momen berharga yang terjadi tidak boleh dilewatkan begitu saja. Hal ini tentu saja membuat siapa saja yang merasa resah dan terus-menerus merasa resah jika gagal mengikuti apa yang dilihatnya.

FOMO adalah perasaan khawatir bahwa seseorang tidak mengetahui atau melewatkan hal yang yang dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih baik. FOMO juga dikaitkan dengan rasa takut akan penyesalan, yang dapat menyebabkan kekhawatiran bahwa seseorang mungkin kehilangan kesempatan untuk pengalaman baru atau investasi yang menguntungkan. 

Hal ini ditandai dengan keinginan untuk tetap terhubung dengan apa yang dilakukan orang lain dan dapat digambarkan sebagai ketakutan bahwa memutuskan untuk tidak berpartisipasi adalah pilihan yang salah. FOMO dalam beberapa tahun terakhir telah dikaitkan dengan sejumlah gejala psikologis dan perilaku negatif. 

3 dari 5 halaman

Gejala FOMO

Gejala FOMO

Terdapat tanda umum yang mungkin menunjukkan apakah anda menunjukkan tanda-tanda FOMO ekstrim. Identifikasi berapa banyak dari tanda-tanda ini yang sesuai dengan diri untuk mengukur kemungkinan tingkat keparahan FOMO yang dialami.

1. Selalu mengatakan ya

Dalam banyak kasus, sangat bagus untuk mengatakan ya untuk sesuatu, namun selalu mengatakan ya juga bisa menjadi gejala bahwa anda mungkin menderita efek FOMO. Menyadari fakta bahwa anda menyetujui situasi ini adalah langkah pertama untuk membuat perubahan. 

2. Merasa negatif/dikucilkan saat ketinggalan

Dikecualikan dari suatu kegiatan bisa terasa sangat sulit. Jenis emosi dan perasaan negatif yang dialami dari interaksi sosial ini telah dijelaskan oleh para psikolog sebagai integrasi dan koneksi sosial sangat penting untuk kelangsungan hidup umat manusia. Secara tidak sadar, mereka yang merasa terputus dari teman sebaya dan/atau kelompok sosialnya cenderung menyelaraskan sifat-sifat ini dengan perilaku dasar; sebagai kelompok yang digunakan untuk berbagi sumber daya satu sama lain daripada dibiarkan sendiri untuk berjuang sendiri.

3. Kepuasan hidup yang rendah

Penelitian yang dilakukan oleh para profesional medis menunjukkan korelasi langsung antara kepuasan hidup yang rendah dan FOMO. Hubungan langsung antara keduanya kemungkinan besar muncul dari meningkatnya kehadiran dan penggunaan media sosial yang menampilkan kehidupan sehari-hari setiap orang.

4. Gaya hidup serba cepat

Memiliki gaya hidup serba cepat, melompat dari satu hobi ke hobi berikutnya adalah gejala FOMO yang mungkin terjadi. Gaya hidup serba cepat didefinisikan sebagai seseorang yang selalu sangat sibuk karena terlalu kurus dan dalam banyak kasus, individu tidak selalu bergerak maju tetapi selalu terburu-buru untuk menyelesaikan tugas berikutnya.

5. Terlalu peduli dengan pendapat orang lain

Mereka yang khawatir tentang apa yang mungkin dipikirkan orang lain telah diakui sebagai salah satu gejala FOMO. Atribut paling populer yang membuat seseorang khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain, tanpa urutan tertentu, meliputi Pakaian, Gaya rambut, Pilihan riasan, Pekerjaan dan lain sebagainya

6. Keinginan untuk dikelilingi oleh orang lain

Dorongan yang luar biasa untuk memiliki teman, kolega, atau rekan kerja adalah tanda bahwa anda menderita karena takut kehilangan. Jika anda menderita sendirian dan terus-menerus menemukan diri Anda di ujung telepon untuk menghubungi seseorang, anda mungkin sudah mengalami FOMO.

4 dari 5 halaman

Bahaya FOMO

Bahaya FOMO

FOMO adalah fenomena yang cukup berbahaya dan dapat mengganggu berbagai aspek kehidupan. Mulai dari mempengaruhi kondisi keuangan, mengganggu kesehatan mental, dan mempengaruhi hubungan sosial seseorang.

1. Mempengaruhi Kondisi Keuangan

FOMO mendorong anda untuk melakukan hal-hal di luar nalar hanya untuk memuaskan ego dan melepaskan perasaan tertinggal. Mereka akan rela melakukan apa saja hanya untuk mengikuti tren, tanpa terkecuali mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Dari kebiasaan buruk ini, memunculkan berbagai kendala finansial. Seperti sifat konsumtif yang boros.

2. Mengganggu Kesehatan Mental

FOMO adalah kecenderungan orang untuk mengikuti apa saja hal yang jadi trend karena takut kehilangan momen tertentu. Adanya perasaan takut ini dapat mengganggu kesehatan mental seseorang dan menyebabkan stres, rasa cemas, sulit tidur, kurang percaya diri atau perasaan rendah diri.

3. Mempengaruhi Hubungan Sosial 

Pengidap sindrom FOMO juga memiliki kecenderungan meremehkan selera orang yang berbeda pandangan dengan orang banyak. Parahnya lagi, mereka yang memiliki FOMO akan kesulitan berkomunikasi di dunia nyata karena terlalu fokus pada dunia maya.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi FOMO

Cara Mengatasi FOMO

Menjadi fenomena yang dapat merugikan diri, berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi FOMO

1. Batasi Media Sosial 

Semakin sering kita bermain di media sosial, semakin besar kemungkinan kita teracuni oleh apa yang kita lihat. Karena akan selalu ada kecenderungan dalam diri kita yang tidak pernah puas dengan apa yang kita miliki. 

2. Kembangkan Hobi dan Gali Potensi

Fokus pada hobi dan terus belajar untuk meningkatkan nilai yang ada pada diri sendiri akan membawa pengaruh yang baik bagi kita. Kita tidak akan mudah teralihkan oleh hal-hal terkini yang menyita banyak waktu kita dan membuat kita tergoda.

3. Bersyukur dan Selalu Berpikir Positif

FOMO menyebabkan tip berpikir tidak boleh atau negatif. Oleh karena itu, belajarlah untuk mensyukuri apa yang kita miliki dan berpikir positif. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing, oleh karena itu kita mungkin tidak sama persis dengan mereka atau apa yang kita lihat di media sosial.

4. Hargai Diri Sendiri

Fear of Missing Out lebih cenderung memiliki banyak efek negatif. Salah satunya adalah sifat konsumtif karena kesediaan kita untuk membeli sesuatu hanya karena sedang banyak dibicarakan atau disukai orang. Hal ini tentu sangat mengganggu arus kas bulanan anda.

5. Fokus pada diri sendiri dan tujuan yang ingin dicapai

Berfokus pada diri sendiri dan tujuan anda akan membuat anda tetap berada di jalur yang benar. Karena anda akan berpikir dua kali untuk membuang waktu untuk hal-hal yang bersifat sementara dan dapat mengganggu tujuan utama anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.