Sukses

Viral Video Cara Bersikap di Transportasi Umum Hong Kong, Bisa Jadi Contoh Netizen

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan aksi dan sikap para pengguna MRT baru di Jakarta yang tidak terpuji. Perilaku yang tak pantas untuk dicontoh ini menjadi viral di media sosial dan media massa. Bahkan beberapa foto yang diunggah oleh netizen tentang sikap tak pantas tersebut hingga sampai di media Jepang.

MRT di Jakarta hadir sebagai peradaban transportasi baru bagi masyarakat Indonesia khususnya di Jakarta. Transportasi ini diharapkan sebagai jawaban kemacetan ibukota. Namun ternyata kehadiran MRT ini justru menjadi sorotan segelintir orang yang berperilaku tak baik.

Banyak foto yang beredar dan viral yang menunjukkan bagaimana sikap dan perilaku sebagian orang tersebut sangat tidak pantas. Mulai dari bergelantungan di dalam MRT, berdiri diatas kursi, duduk sembarangan sambil meninggalkan sampah serta melakukan hal yang dapat mengotori dan merusak fasilitas MRT.

Selagi Indonesia tengah dihebohkan dengan viralnya beberapa foto tingkah tak pantas tersebut, Hong Kong baru saja meluncurkan sebuah campaign bagimana cara bersikap yang bijak di transportasi umum.

2 dari 2 halaman

Video Campaign Hong Kong tentang Bersikap di Transportasi Umum

Sebuah campaign yang diluncurkan oleh pemerintah Hong Kong ini diunggah di media sosial twitter oleh @BanyuSadewa. Dikutip oleh Liptan6.com, Selasa (26/3/2019) dari akun @BanyuSadewa, video berdurasi dua menit dua pluh detik ini menyampaikan pesan bagaimana harusnya masyarakat bertindak jika melihat orang yang melakukan tindakan tak pantas di transporatsi umum.

Dalam video tersebut menampilkan beberapa adegan perilaku orang yang seharusnya tak dilakukan di tempat umum. Perilaku tersebut seperti tidak berhati-hati, membiarkan orang tua berdiri, berbicara keras, melakukan kegiatan tak pantas yang menganggu kenyamanan dan masih banyak lagi.

Pesan dalam video ini adalah bagaimana seseorang seharusnya bertindak jika melihat perilaku orang lain yang menganggu tersebut. Hal yang dilakukan adalah menegurnya. Memberi tahu orang tersebut dengan cara yang baik dan sopan.

Bukan justru memfotonya dan memostingya di media sosial kemudian mengomentari hanya melalui media sosial. Dengan cara ditegur langsung akan membuat orang tersebut menjadi sadar dan merasa malu. Pesan dari campaign asal Hong Kong ini bisa jadi contoh bagi para masyarakat Indonesia untuk menirunya. Bahwa jika menemukan orang-orang yang melakukan hal tak pantas di transportasi umum sebaiknya ditegur dan diingatkan.

Loading