Sukses

Ini Fungsi Net Framework, Pengertian dan Cara Kerjanya

Kamu penasaran kan dengan fungsi Microsoft Net Framework?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui apa itu net framework. Bagi orang awam memang perangkat lunak ini sangat jarang didengar dan disebut. 

Microsoft Net Framework atau dapat Dibaca menjadi Microsoft Dot Net Framework merupakan sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada sistem operasi microsoft windows.

Fungsi net framework sendiri secara umum adalah untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi programdari berbagai macam bahasa pemrograman dan sekumpulan library agar sistem operasi windows dapat menjalankan sebuah aplikasi.

Pada aplikasi tertentu biasanya, saat Anda melakukan instalasi aplikasi tersebut maka akan ada pesan peringatan untuk melakukan update dari net framework atau melakukan install ulang kembali net framework yang sudah ada.

Ini fungsi Net Framework beserta cara kerjanya seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian .Net Framework

.Net Framework adalah software yang digunakan terutama pada sistem OS Microsoft Windows. Net framework merupakan suatu lingkungan kerja yang berguna untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi berbagai macam pemrograman dan kumpulan library agar dapat bekerja sama dalam menjalankan aplikasi berbasis windows.

Umumnya komputer hanya memiliki satu bahasa yaitu (assembly), maka ketika Anda mendeveloved sebuah aplikasi bahasa, Net komputer tidak akan memahami bahasa tersebut.

Oleh sebab itu diperlukan perangkat lunak penerjemah untuk bisa menjalankannya. Tidak heran ada beberapa perangkat lunak yang tidak dapat berjalan dengan baik pada sebuah komputer jika bahasanya berbeda.

Di sini fungsi Net Framework akan terlihat sebagai penerjemah bahasa tersebut. Tapi banyak dari Anda yang sangat mengabaikan perangkat lunak ini dengan begitu saja.

Padahal perangkat lunak ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan bahkan mendukung beberapa bahasa pemograman serta sistem operasi yang baik sehingga memungkinkan bahasa bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam suatu pembangunan sistem.

3 dari 4 halaman

Fungsi Net Framework

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, fungsi Dot Net Framework yang paling utama pada windows adalah sebagai penerjemah dan pengeksekusi sebuah perangkat lunak agar dapat berjalan pada sistem operasi windows.

Sebenarnya tidak semua aplikasi membutuhkan Dot Net framework versi terbaru atau bahkan ada aplikasi yang benar benar tidak perlu melakukan instal dan tidak memerlukan fungsi Dot Net framework ini.

Akan tetapi dalam beberapa kasus, pada saat melakukan instalasi aplikasi, Anda diwajibkan untuk melakukan instalasi .Net Framework terlebih dahulu agar bisa menjalankan atau melakukan intalasi aplikasi yang ingin Anda instal tersebut.

Berikut beberapa manfaat dalam menginstal Dot Net Framework:

- Bermanfaat dalam pemasangan aplikasi komersial: Banyak aplikasi komersial dari Microsoft dan pihak ketiga bergantung pada .NET Framework untuk mendukung fungsi utama mereka. Aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Security Essentials, Intuit QuickBooks, Streamload, PayPal, ataupun Kerapu memerlukan .Net Framework untuk mendukungnya.

Dengan adanya fungsi .Net framework ini, proses melakukan instalasi dari aplikasi aplikasi tersebut juga akan semakin cepat dan mudah.

- Bermanfaat dalam memudahkan update: Setelah dilakukan instalasi pada .NET Framework, windows Anda akan diperbarui secara otomatis oleh layanan Microsoft Update. Jika Anda menerima pemberitahuan pembaruan otomatis melalui panel kontrol, versi .NET Framework yang diinstal di komputer juga selalu akan diupdate menjadi paket layanan yang paling terbaru

4 dari 4 halaman

Cara Kerja .Net Framework

Secara umum cara kerja .net framework dapat dilihat sebagai berikut:

APLIKASI .NET >.NET FRAMEWORK > OS WINDOWS 

Pada sebuah sistem operasi, dalam hal ini adalah windows, biasanya sudah terdapat .NET Framework. Namun belum tentu software tersebut aktif dan dapat digunakan, untuk itu dalam beberapa sistem operasi windows Anda perlu menginstall atau mengaktifkannya secara manual.

Pada dasarnya, .NET Framework memiliki 2 komponen utama, yaitu CLR dan .Net Framework Class Library.

Program - program yang ditulis untuk .NET Framework dijalankan pada suatu lingkungan software yang mengatur persyaratan-persyaratan runtime program. Runtime environment ini, yang juga merupakan suatu bagian dari .NET Framework, dikenal sebagai Common Language Runtime (CLR).

CLR menyediakan penampilan dari application virtual machine, sehingga para programmer tidak perlu mengetahui kemampuan CPU tertentu yang akan menjalankan program.

CLR juga menyediakan layanan-layanan penting lainnya seperti jaminan keamanan, pengaturan memori, garbage collection dan exception handling / penanganan kesalahan pada saat runtime.

Class library dan CLR ini merupakan komponen inti dari .NET Framework. Kerangka kerja itu pun dibuat sedemikian rupa agar para programmer dapat mengembangkan program komputer dengan jauh lebih mudah, dan juga untuk mengurangi kerawanan aplikasi dan juga komputer dari beberapa ancaman keamanan.

Solusi-solusi program pembentuk class library dari .NET Framework mengcover area yang luas dari kebutuhan program pada bidang user interface, pengaksesan data, koneksi basis data, kriptografi, pembuatan aplikasi berbasis web, algoritma numerik, dan komunikasi jaringan.

Fungsi-fungsi yang ada dalam class library dapat digabungkan oleh programmer dengan kodenya sendiri untuk membuat suatu program aplikasi baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.