Sukses

Fungsi Ideologi, Penjelasan dan Unsurnya Bagi Kehidupan Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Ideologi merupakan kumpulan ide-ide dasar, gagasan, keyakinan, dan kepercayaan yang sifatnya sistematis sesuai dengan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara

Istilah ideologi sendiri berasal dari bahasa Yunani. Terdiri dari dua kata, yaitu idea dan logi. Idea berarti melihat, sedangkan logi berasal dari kata logos yang artinya adalah pengetahuan atau teori. Jadi, ideology dapat diartikan sebagai hasil penemuan dalam pikiran yang berupa pengetahuan atau teori.

Ideologi dapat juga diartikan sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat yang memberikan arah tujuan untuk kelangsungan hidup. Ideologi memang sangat diperlukan oleh suatu negara.

Tanpa adanya ideologi, suatu bangsa akan rapuh dan perlahan-lahan akan hancur. Karena ideologi merupakan pandangan dan falsafah hidup dari suatu bangsa. Selain itu, ideologi merupakan landasan dan tujuan hidup dari suatu bangsa.

Nah, untuk membahas lebih jauh tentang ideologi, kali ini Liputan6.com, Selasa (26/3/2019) telah merangkum beberapa hal terkait tentang ideologi. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini ada fungsi ideologi dan jenis-jenis ideologi yang perlu Anda ketahui.

2 dari 5 halaman

Fungsi Ideologi sebagai Struktur Kognitif dan Orientasi Dasar

Struktut Kognitif

Fungsi ideologi sebagai unsur kognitif adalah segala pengetahuan dan pandangan yang merupakan landasan untuk memahami segala kejadian yang terjadi di sekitarnya.

Struktur kognitif ini menjadi pacuan dalam memahami dan menyikapi segala persoalan yang menghadapai sekelompok masyarakat atau bangsa ketika menghadapi masalah tertentu.

Pemahaman ideologi oleh suatu bangsa dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang ada dalam negaranya, baik itu kebijakan politik, sosial, ekonomi, maupun kebudayaan.

Orientasi Dasar

Fungsi ideologi sebagai orientasi dasar asrtinya membuka wawasan yang memebrikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehiduapn masyarakat. Ideologi dalam hal ini berfungsi untuk menentukan suatu arah dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ya, suatu Negara wajin mempunyai ideologi agar dapat melangsungkan kehidupan bernegara. Kalau suatu Negara tidak memiliki ideologi, maka dapat diprediksikan Negara tersebut akan mudah terpengaruh oleh ideologi-ideologi yang menyerang bangsa mereka, sehingga bangsa tersbeut akan dekat dengan kehancuran.

3 dari 5 halaman

Fungsi Ideologi sebagai Norma yang Menjadi Pedoman

Fungsi Ideologi sebagai Norma yang Menjadi Pedoman

Negara yang memiliki ideologi sangat berpegang teguh pada norma-norma yang menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara. Jadi, dalam bertindak selalu dalam batasan norma-norma yang terkandung di dalam ideologi tersebut. Berpedoman dengan norma-norma, maka seseorang dapat terarah dalam bertingkah laku.

Fungsi Ideologi sebagai Jalan Menentukan Identitas Diri

Sebagai warga Negara yang baik, sudah seharusnya Anda membangun jati diri yang dapat memperkuat eksistensi ideologi yang dianut. Ideologi dapat menentukan identitas diri suatu bangsa, yakni jati diri yang berbeda dengan Negara lainnya.

Identitas nasional Indonesia ini yang membedakannya dengan bangsa lain, salah satunya adalah adanya ideologi pancasila. Ya, ideologi pancasila dijadikan sebagai dasar filsafat, pandangan hidup, kepribadian, dan dasar Negara.

4 dari 5 halaman

Fungsi Ideologi sebagai Kekuatan untuk Mencapai Tujuan

Fungsi Ideologi sebagai Kekuatan untuk Mencapai Tujuan

Fungsi ideologi selanjutnya adalah untuk mendorong dan menyemangati seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Ya, karena tanpa adanya pandangan hidup yang dianggap sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara, suatu bangsa tidak akan mampu untuk mencapai tujuan dan cita-citanya.

Oleh karena itu, ideologi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan cita-cita Negara tersebut.

Fungsi Ideologi sebagai Sumber Edukasi Masyarakat

Fungsi ideologi yang terakhir adalah sebagai sumber pendidikan bagi masyarakat, untuk memahami, menghayati, serta mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orintasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya.

5 dari 5 halaman

Jenis-jenis Ideologi

Di dunia ini sebenarnya memiliki banyak sekali ideologi. Namun ada beberapa jenis ideologi yang cukup populer. Berikut ini ada jenis ideologi:

1. Ideologi Kapitalisme

Merupakan kebebasan individu untuk melakukan akumulasi capital individual. Ideologi ini, di mana Negara tidak diperbolehkan untuk ikut campur dalam upaya memperkaya diri yang dilakukan oleh seseorang.

2. Ideologi Liberalisme

Gagasan utama dalam liberalisme adalah kebebasan individu dan menjunjung tinggi kesetaraan di dalam masyarakat suatu negara. Hak-hak dasar setiap orang harus dilindungi oleh negara.

3. Ideologi Marxisme

Merupakan hasil pemikiran Karl Marx. Karl Marx menyusun suatu teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik.

4. Ideologi Sosialisme

Merupakan kesetaraan sosial dimana pemerintah memiliki peran dominan atas individu. Dalam ideologi sosialisme, tidak ada pengakuan atas hak milik pribadi.

5. Ideologi Nasionalisme

Gagasan utama dari paham Nasionalisme adalah kesadaran dan semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditunjukkan melalui sikap individu dan masyarakat.

6. Ideologi Feminisme

Gagasan utama feminisme adalah perjuangan kesetaraan hak dan tanggungjawab bagi perempuan dalam politik, ekonomi, budaya, ruang pribadi dan ruang publik.