Sukses

5 Cara Mengetahui Akun Instagram yang Kena Hack, Perlu Waspada

Tanda-tanda ini bantu untuk ketahui akun IG sedang di-hack.

Liputan6.com, Jakarta Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat banyak digunakan hingga saat ini. Platform media sosial yang berfokus untuk berbagi foto dan video ini memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan. Bahkan jumlah pengguna Instagram selalu meningkat setiap waktunya. Jumlah pengguna Instagram yang fantastis ini, membuka celah bagi para pihak yang tidak bertanggung jawab bermunculan.

Salah satunya adalah hacker. Keaktifan penggunaan Instagram yang baik ini, mampu memberi celah bagi para hacker untuk melakukan tindak kejahatan. Karena memang tidak menutup kemungkinan, platform ini menjadi sasaran empuk untuk di-hack. Karena dengan melakukan hack pada akun Instagram, bisa memberikan beberapa keuntungan bagi para hacker.

Biasanya, hacker melakukan hack pada Instagram guna untuk iseng atau bahkan malah dijadikan ajang kejahatan. Para hacker menjalankan aksinya ini dengan menggunakan software untuk mengambil akun Anda.

Sebelum Anda kehilangan akses sepenuhnya atas akun Instagram, Anda perlu waspada mulai sejak dini. Berikut Liputan6.com, Rabu (27/3/2019) rangkum dari berbagai sumber, beberapa cara mengetahui akun Instagram yang kena hack.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Ketahui Akun Instagram yang Kena Hack

Ada Pemberitahuan

Kalau akun Instagram Anda kena hack, pasti teman Anda akan memberitahu. Karena teman Anda merasakan ada sesuatu yang berbeda dari akun Anda secara tiba-tiba dan cukup signifikan.

Selain itu, pihak Instagram juga akan memberitahu Anda jika ada terdeteksi upaya masuk paksa dari hacker. Pihak Instagram biasanya akan menghubungi Anda via email. Kalau sudah mendapatkan pemberitahuan tersebut, Anda perlu waspada untuk langsung mengamankan akun Instagram.

Pihak Instagram akan merekomendasikan Anda untuk mengganti password akun. Hal ini perlu Anda lakukan sesegera mungkin, untuk menghindari hal buruk yang lebih parah.

3 dari 4 halaman

Perubahan pada Akun Instagram

Ada Perubahan pada Akun Instagram

Hal pertama yang bisa dirasakan saat akun Instagram kena hack adalah dengan adanya perbedaan pada profil Anda. Padahal Anda tidak merasa mengganti atau mengubah profil.

Memposting Hal Aneh

Biasanya setiap orang yang bermain Instagram memiliki kontennya sendiri pada akunnya. Konten khusus ini biasanya dibuat guna untuk memiliki ciri khas antara Anda dengan orang yang lainnya. Namun kalau tiba-tiba akun Instagram Anda memposting konten yang berbeda jauh dari dengan Anda, bisa jadi akun Anda sudah di-hack.

4 dari 4 halaman

Following Bertambah dan Tidak Bisa Login

Tidak Bisa Login

Kalau memang akun Anda sudah tidak bisa diselamatkan lagi dari hacker, Anda hanya perlu ikhlas. Ya, hacker sudah berhasil mengganti password dan juga mengganti email agar hacker bisa login ke akun Instagram Anda.

Sebelum ini terjadi, Anda perlu untuk mengganti password seluruh akun media sosial. Cara ini bisa dilakukan untuk terhindar dari pelaku hack.

Tiba-tiba Following Bertambah

Kebanyakan pengguna Instagram lebih memerhatikan jumlah pengikut atau follower dibandingkan jumlah yang Anda ikuti atau following. Saat Anda merasa tidak menambahkan atau memfollow orang lain, tetapi following malah bertambah, perlu diwaspadai.

Hal ini bisa menandakan hacker sedang beraksi melalui akun Instagram Anda. Ada hacker yang memiliki kemampuan hack dengan memaksa akun lain untuk memfollow akun tertentu. Nah, untuk sekarang Anda perlu memperhatikan jumlah following juga ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.