Sukses

Ada 6 Game Tersembunyi di Google, Begini Cara Memainkannya

Game tersembunyi di Google ini bisa bikin nostalgia.

Liputan6.com, Jakarta Google adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Produk-produk yang dihasilkan Google sendiri lebih banyak pada produk internet yang meliputi jasa pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan. Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini hingga sekarang masih menjadi perusahaan yang sangat besar, terlebih karena produknya yang berbasis pencarian data yaitu Google Search Engine.

Google Search Engine atau Google Web Search adalah mesih pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya. Tujuan utama Google Search adalah mencari teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web dalam bentuk HTML, PDF, dan lain sebagainya. Tidak hanya dokumen, Google Search juga bisa digunakan untuk mencari gambar, video, dan masih banyak lagi.

Google selalu melakukan pengembangan terhadap produk-produknya, tak terkecuali dengan Google Search. Banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Google untuk membuat kinerja dari program andalannya ini semakin diminati oleh pengguna dunia maya. Salah satu hal yang menarik yang perlu kemu ketahui mengenadi Google Search adalah, kamu bisa memainkan sebuah mini game di Google Search.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai game apa saja yang bisa kamu mainkan di dalam Google Search, Rabu (27/03/2019), selain bisa memberikan hiburan, juga bisa membuat kamu tidak bosan saat menggunakan Google Search.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. PacMan

Pacman adalah game yang dikembangkan oleh Namco yang rilis pertama kali di Jepang pada tahun 1980. Game ini mengharuskan pemainnya menggerakan tokoh berwarna kuning, berbentuk bulat dan memiliki mulut yang berfungsi untuk memakan titik-titik yang ada di sebuah lorong.

Namun tidak semudah itu, tokoh berwarna kuning ini juga memiliki musuh yang akan mengejarnya dan jika tanpa sengaja menabrak atau bersentuhan dengan musuh, maka bola kuning itu akan mati. Kita akan memenangkan permainan apabila titik-titik kuning yang berada dilorong tersebut dimakan habis dan tanpa tersentuh oleh musuh.

Jika dulu, kita mungkin hanya bisa memainkan Pacman di beberapa platform game saja seperti Game Boy, SNES, dan lain sebagainya. Kini Pacman juga bisa kamu mainkan di Google Search dengan mudah.

Caranya hanya perlu dengan menulis kata kunci "PacMan" pada kolom pencarian Google Search. Game PacMan dirilis di Google bertepatan dengan perayaan ulang tahun game ini yang ke 30 pada tahun 2010.

3 dari 7 halaman

2. Tic Tac Toe

Game tersembunyi selanjutnya adalah Tic Tac Toe. Siapasih yang tidak mengenal game ini. Game ini merupakan game yang bisa kamu mainkan di segala jenis platform game.

Bahkan kamu juga bisa memainkannya hanya dengan selembar kertas, di atas meja, atau bahkan di atas tanah. Nama lain dari game Tic Tac Toe yang mungkin lebih familiar kita dengar adalah XOX atau SOS.

Sistem permainannya sangat mudah, yaitu kita hanya perlu menuliskan silang atau bulat tergantung dari pilihan kita. Kemudian membuatnya menjadi satu garis dengan bentuk yang sama.

Di Google Search kamu bisa menggunakan kata kunci "Tic Tac Toe" di kolom pencarian. Selain bermain sendirian melawan komputer, kamu juga bisa bermain melawan temanmu dengan memilih mode player.

4 dari 7 halaman

3. Atari Breakout

Atari Breakout adalah game besutan dari Atari. Game ini populer mulai tahun 1976. Game ini memfokuskan pemainnya untuk menghancurkan balok atau bangunan yang ada di atasnya dengan menggunakan papan dan bola yang harus mengenai sasaran. Bola ini jangan sampai jatuh tidak pada papannya, karena kamu akan game over jika menjatuhkan bola tersebut.

Untuk memainkan game ini, kamu hanya perlu menulis kata kunci " Atari Breakout" pada kolom pencarian gambar. Kemudian gambar-gambar yang muncul itu akan otomatis berubah menjadi balok berwarna-warni yang siap untuk kamu hancurkan dengan sebuah bola. Menarik bukan?

5 dari 7 halaman

4. Solitaire

Siapa sih yang tidak kenal dengan permainan yang satu ini. Solitaire mungkin menjadi salah satu permainan yang pasti ada di setiap komputer yang kamu miliki.

Permainan ini adalah permainan kartu yang melatih kejelian dan kesabaran. Kamu harus menyusun kartu-kartu tersebut sesuai dengan jenis dan urutan yang tepat. Urutannya mulai dari kartu King, kemudian diakhiri dengan kartu AS.

Memainkan Solitaire juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menulis kata kunci "Solitaire" di kolom pencarian Google Search. Tingkat kesulitannya juga bisa kamu tingkatkan. Selamat mencoba.

6 dari 7 halaman

5. Zerg Rush

Zerg Rush sebenarnya adalah sebuah candaan yang dikeluarkan oleh Google. Google memang sering membuat eksperimen-eksperimen yang menarik dan membuat penggunanya tidak bosan menggunakan Google terutama program Google Search. Zerg Rush sendiri merupakan game yang mengharuskan kamu menembaki sebuah lingkatan atau bulatan yang mirip dengan huruf "O".

Jika masih bingung, mungkin kamu bisa langsung mencoba game ini dengan cara menulis kata kunci "Zerg Rush" pada kolom pencarian Google Search. Untuk sedikit bocoran, kamu harus menembaki huruf "O" tersebut, dengan menggunakan mouse.

7 dari 7 halaman

6. Basketball 2012

Game berikutnya yang terdapat di Google adalah, Basketball 2012. Game ini cocok kamu mainkan untuk mengisi waktu luang atau memecah kejenuhan.

Cara mainnya mudah, kamu hanya perlu memasukkan bola basket ke ring untuk mencetak skor. Namun kamu harus bisa memposisikan bola tersebut dengan tepat sesuai dengan kekuatan saat melemparnya. Untuk melemparnya kamu hanya perlu menekan spasi pada keyboard.

Untuk memainkan game ini, kamu hanya perlu menuliskan kata kunci "Basketball 2012" pada kolom pencarian Google Search.

Itulah beberapa game tersembunyi yang Google sediakan untuk bisa kamu mainkan. Google masih memiliki banyak game tersembunyi lainnya, danpastinya bisa membuat kamu menjadi tidak bosan dan bisa menghilangkan kepenatan disela-sela bekerja. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini