Sukses

10 Manfaat Lada Putih bagi Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Lada merupakan salah satu rempah yang mudah ditemui di Indonesia. Lada juga menjadi salah satu penyedap dalam berbagai kudapan di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya.

Ada dua jenis lada yang sering ditemui yaitu lada putih dan lada hitam. Keduanya berasal dari pohon yang sama namun dengan pengolahan yang berbeda. Lada hitam adalah buah lada mentah yang berwarna hijau. Buah ini kemudian diolah dan dikeringkan untuk membuatnya menjadi hitam berkerut dan layu.

Sebaliknya, lada putih adalah buah matang dari lada yang berwarna merah tua . Buah direndam dalam air selama hampir 15 hari, hingga kulitnya mulai rontok. Setelah kulit jatuh, biji putih di dalam buah lada dikeringkan dan diolah sebagai lada putih utuh atau bubuk.

Meskipun keduanya berasal dari pohon yang sama, mereka memiliki perbedaan dalam rasa, aroma dan jenis manfaat yang ditawarkan. Lada putih memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Manfaat dari lada putih ini mulai dari pereda nyeri hingga pencegah kanker.

Namun, penting untuk mengonsumsinya dengan benar dan dalam proporsi yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut 10 manfaat lada putih yang berhasil Liputan6.com lansir dari Stylecrazer, Rabu (27/3/2019).

2 dari 9 halaman

Menghilangkan rasa sakit

Lada putih atau bahkan semua jenis lada mengandung capsaicin, zat yang menghasilkan panas. Kandungan dasar lada ini digunakan dalam gel dan semprotan penghilang rasa sakit. Dengan capsaicin, orang akan merasakan panas yang dihasilkan di daerah yang dioleskan karena rasa sakit akibat kejang urat atau keseleo.

Capsaicin dalam lada juga memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, lada bermanfaat bagi orang yang menderita radang sendi, nyeri dan pembengkakan otot. Bubuk lada putih juga diketahui dapat meredakan sakit gigi saat digunakan dalam kombinasi dengan minyak cengkeh atau garam dapur.

3 dari 9 halaman

Turunkan Berat Badan

Capsaicin dalam juga lada membantu membakar lemak di dalam tubuh. Dengan begitu akan membantu menurunkan berat badan. Itu sebabnya sebagian besar obat-obatan dan solusi penurunan berat badan mengandung capsaicin di dalamnya.

Mengonsumsi lada putih secara teratur juga dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal. Gunakan lada putih sebagai bumbu atau penyedap pada setiap masakan. Anda juga bisa menaburkan lada di setiap hidangan yang Anda santap.

4 dari 9 halaman

Obat dan Pencegah Kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Nottingham dan American Association of Cancer Research, Capsaicin dalam lada putih dapat membunuh beberapa sel kanker. Hal ini telah ditemukan dalam penyembuhan kanker prostat. Namun, penelitian lebih lanjut tentang topik ini masih dilakukan.

Kehadiran flavonoid dan vitamin dalam lada putih juga berperan sebagai antioksidan. Kandungan ini dapat melawan organisme yang mungkin memasuki tubuh dan merusak sel-sel di dalamnya.

 

 

5 dari 9 halaman

Mengobati Gejala Flu

Sakit Kepala

Lada putih juga cukup membantu dalam mengobati sakit kepala. Rasa sakit di kepala berkembang ketika neuropeptida mentransmisikan rasa sakit ke otak. Capsaicin dapat memblokir transmisi ini, dengan demikian mengurangi gejala sakit kepala.

 

Menyembuhkan Batuk

Mereka yang terkena batuk dan sakit tenggorokan yang parah dapat mengonsumsi bubuk lada putih dengan sedikit madu mentah. Kombinasi madu mentah dan lada putih memiliki sifat antibiotik dan juga menghasilkan panas. Dengan demikian, keduanya bermanfaat dalam menyembuhkan batuk dan pilek dengan mudah.

 

Lancarkan hidung tersumbat

Panas yang dihasilkan oleh lada putih dapat membantu membersihkan saluran hidung dan meredakan hidung tersumbat. Selain itu, lada putih juga dapat melawan infeksi saluran hidung dengan membersihkan saluran udara. Dengan demikian dapat membantu seseorang bernafas dengan leluasa.

6 dari 9 halaman

Kontrol Tekanan Darah dan Sehatkan Jantung

Karena lada putih kaya akan flavonoid, vitamin C dan A, rempah ini sangat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan masalah terkait lainnya perlu mempertimbangkan untuk memasukkan lada putih dalam makanan sehari-harinya.

 Ciri khas lada putih adalah karena sifat penghasil panasnya. Panas ini membuat orang banyak berkeringat sehinga dapat membuang cairan berlebih dari tubuh.

Faktanya, terlalu banyak cairan dalam tubuh, terutama di sekitar jantung, dapat menyebabkan tekanan pada jantung dan memengaruhi fungsinya secara negatif. Bahkan bisa menyebabkan retensi air dalam tubuh, bersama dengan kesulitan bernafas karena tekanan yang berlebihan pada paru-paru.

7 dari 9 halaman

Melancarkan Pencernaan dan kontrol gula darah

Ciri khas lada putih adalah ia merangsang perasa untuk mengirim sinyal ke perut untuk mengeluarkan asam klorida, yang sangat penting untuk pencernaan makanan.

Konsumsi lada putih juga dapat membunuh bakteri penyebab maag di perut dan usus. Karena itu, lada putih sangat membantu dalam mencegah penyakit perut maag dan sakit perut.

Lada putih dan semua jenis lada lainnya diketahui memiliki sifat karminatif, sehingga mencegah pembentukan gas di usus. Hal ini terjadi karena lada meningkatkan sekresi asam klorida dan membantu dalam melaksanakan pencernaan dengan lebih efektif.

Karena lada putih sangat membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan juga membantu proses pencernaan, lada putih bermanfaat dalam pengendalian gula darah.

Campuran lada putih dengan bubuk biji fenugreek dan kunyit, ketika dikonsumsi dengan segelas susu setiap hari, dapat membantu menurunkan kadar gula. Ini sangat membantu bagi sebagian besar penderita diabetes.

8 dari 9 halaman

Manfaat Lada Putih untuk Kulit

Tidak disarankan untuk mengaplikasikan lada pada kulit secara langsung, karena sifatnya yang menghasilkan panas. Tetapi ketika dikonsumsi secara teratur, lada dapat membantu seseorang menyembuhkan beberapa masalah terkait kulit dan memastikan pengonsumsinya memiliki kulit yang sehat.

 

Pencegahan Kanker Kulit

Penggunaan lada putih atau bubuk lada hitam pada kulit dapat mencegahnya dari sinar UV matahari yang berbahaya yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penyakit kulit lainnya. Namun, disarankan untuk mencari pendapat ahli kulit karena bahan ini mungkin tidak cocok untuk semua jenis kulit.

 

Mengatasi Vitiligo

Lada mengandung piperin yang merupakan zat yang bermanfaat untuk stimulasi pigmentasi pada kulit. Lada adalah solusi ideal untuk kondisi seperti vitiligo, di mana kulit mulai kehilangan pigmen dan berubah menjadi putih. Hal terbaik lainnya adalah lada benar-benar alami dan tidak memiliki efek samping dibandingkan dengan obat-obatan berbasis kimia.

 

Penghapusan Keriput

Antioksidan dalam lada putih adalah obat yang bagus untuk garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik hitam, yang merupakan beberapa tanda penuaan yang menonjol. Menggunakan lada dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu Anda terlihat cantik dan muda untuk waktu yang lebih lama.

9 dari 9 halaman

Manfaat Lada Putih Untuk Rambut

Bubuk lada putih memiliki sifat menghasilkan panas. Karenanya, ini efektif untuk menghilangkan ketombe dari rambut. Lada juga merupakan obat yang berguna untuk revitalisasi rambut.

Lada putih dan hitam dianggap bahan yang luar biasa untuk mengatasi masalah ketombe. Campurkan lada putih dengan susu dan oleskan campuran ini di kulit kepala. Cuci campuran dengan air setelah setengah jam aplikasi. Jangan biarkan campuran bertahan lebih lama karena bisa membakar kulit kepala.

Lada putih juga berfungsi sebagai revitalisasi rambut saat digunakan dalam kombinasi dengan biji lemon. Oleskan campuran pada rambut dan biarkan selama 10-15 menit. Cuci untuk membuat rambut Anda berkilau, halus dan lembut.

Loading