Sukses

Wisata Wonosobo, Landscape Alamnya Selalu Bikin Kangen Berkunjung

Liputan6.com, Jakarta Wisata Wonosobo berada sebuah daerah di Jawa Tengah. Wonosobo memiliki banya tempat wisata alam. Bahkan hampir semua wisata Wonosobo menyajikan keindahan alamnya. 

Memang, tidak sepopuler wisata di Yogyakartam, Solo, dan Semarang. Namun siapa sangka kalau ternyata Wonosobo memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Salah satu wisata Wonosobo yang paling mencuri perhatian adalah dataran tinggi Dieng. Namun tidak hanya itu, masih banyak sekali wisata alam lainnya yang layak dinikmati saat berkunjung ke sini. Hanya berjarak dua setenagh jam dari kota Yogyakarta, wisata Wonosobo bisa Anda jadikan alternative yang tentunya bakal memberikan pengalaman wisata yang baru nan seru.

Pemandangan alam yang ada di Wonosobo ini benar-benar keren dan bikin takjub. Untuk membuktikannya, Anda bisa mengatur jadwal liburan untuk berkunjung ke sini. Berikut Liputan6.com, Rabu (27/3/2019) punya beberapa wisata Wonosobo.

2 dari 5 halaman

Nikmati Hamparan Hijau Alam Wonosobo dari Ketinggian

Bukit Sikunir

Buat Anda penikmat sunrise, tempat wisata Wonosobo ini bisa dijadikan pilihan. Wisata Wonosobo ini menjadi tempat yang sangat populer di kalangan anak-anak muda. Ya, bukit ini menjadi tujuan wisata untuk menikmati keindahan sunrise dari atas awan.

Lokasi ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir ini sendiri memiliki kentinggian hingga 2.200 mdpl. Dinamakan bukit Sikunir karena wisatawan sangat suka menyaksikan sunrise dari sini. Warna pancaran sinar matahari yang kekuningan ini mirip dengan kunir atau kunyit. Jadi masyarakat sekitar menamainya dengan Sikunir.

 

Kebun Teh Tambi

Wisata Wonosobo selanjutnya adalah sebuah Agrowosata Tambi. Di sini Anda akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh, yang membuat suasana hati menjadi tenang. Lokasi agrowisata ini terletak di Kecamatan Garung, tepatnya di jalan arah menuju Dieng.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan perkebunan teh, di sana Anda juga bisa berwisata industri dengan mengunjungi pabrik teh. Ya, Anda bisa melihat secara langsung proses pengolahan teh Tambi.

Selain itu, di sini juga memiliki berbagai macam fasilitas seperti pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, dan kebun.

Kawah Sikidang

Kawasan wisata Dieng memang sangat terkenal dengan kawahnya yang indah. Banyak kawah yang bisa Anda kunjungi, seperti kawah Sikidang, Candradimuka, dan Sileri yang masih aktif.

Nah, kawah Sikidang sendiri merupakan salah satu kawah yang dijadikan tempat wisata andalan yang lokasinya terletak di wilayah Dieng Timur. Pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah. Perpaduan hamparan bukit yang hijau dan tanah kapur di sekitar kawah, membuat makin takjub saat melihatnya dari atas bukit yang ada di sana.

Diberi nama Sikidang karena memiliki kolam magma di kawah ini yang sering berpindah-pindah seperti Kidang atau kijang dalam bahasa Jawa. Gejolak magma di kawah ini cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter.

 

3 dari 5 halaman

Bisa Uji Adrenalin Hingga Menikmati Waduk Terbesar

Arung Jeram Serayu

Beberapa wisata Wonosobo tadi yang bisa dinikmati dengan santai. Namun bagi Anda yang ingin mencoba sensai berbeda, Anda bisa bisa menguji adrenalin di sungai Serayu. Ganasnya sungai Serayu, membuat pengunjung sangat tertang untuk ingin menguji adrenalinnya di sini.

Sungai ini terletak di Kabupaten Wonosobo – Banjarnegara, Jawa Tengah. Kira-kira 2,5 jam perjalanan kalau dari Yogyakarta dengan melewati lereng gunung Sindoro – Sumbing. Sungai ini memiliki ketinggian 500 mdpl. Terdapat berbagai tingkat kesulitan arung jeram di Serayu ini. Mulai dari grade dua hingga grade empat dengan sebanyak 30 jeram.

Nah, bagi Anda yang sangat menyukai uji adrenalin ini, maka bisa memilih tingkat yang paling tinggi untuk mendapatkan sensasi yang makin seru dan menantang.

 

Waduk Wadaslintang

Wisata Wonosobo ini merupakan waduk terbesar di Asia Tenggara. Ya, waduk yang terlatak di perbatasan Kabupaten Kebumen dan Wonosobo ini memiliki luas sekitar 3.000 ha. Waduk ini banyak dimanfaatkan sebagai objek wisata yang menarik, jadi pas banget memilih Wonosobo sebagai tempat untuk menghabiskan waktu untuk berlibur.

Selain menjadi objek wisata, waduk ini memiliki banyak fungsi seperti sebagai pembangkit listrik, irigasi dan transportasi air dan budidaya ikan nila.

 

4 dari 5 halaman

Ada Telaga yang Berganti-ganti Warna

Telaga Warna

Telaga ini merupakan ikon dari wisata Wonosobo yang sangat terkenal dan populer. Telaga ini memang menghasilkan dominasi warna seperti hijau, biru laut, dan putih kekuningan. Konon, warna dari telaga ini muncul karena pada zaman dahulu ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut. Namun secara ilmiah, warna yang dihasilkan oleh telaga tersebut berasal dari pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

Cara menikmati keindahan telaga ini dengan mendaki puncak bukit yang mengelilingi telaga tersebut. Di daerah tepian telaga ini, terdapat balkon yang bisa Anda gunakan untuk duduk bersantai menikmati keindahan telaga ini.

 

Telaga Menjer Wonosobo

Wisata Wonosobo ini wajib banget Anda kunjungi. Ya, di telaga ini Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan hijau dan juga gunung Sindoro. Untuk mendapatkan sensasi menikmati alam ini, Anda bisa sambil menaiki perahu untuk mengelilingi telaga.

Telaga ini terletak di Jalan Dieng Kilometer 8. Akses untuk menuju ke sini cukup mudah. Kalau Anda sudah sampai ke Jalan Dieng Kilometer 8, Anda akan tiba di sebuah pasar yang bernama pasar Garung. Sesampainya di pasar, lalu belok kiri yang ditandai dengan gapura bertuliskan PLTA Garung. Selanjutnya Anda akan menempuh 2 hingga 3 kilometer untuk menuju ke telaga

5 dari 5 halaman

Kembali Hangatkan Tubuh di Kolam Air Panas

Pemandian Air Hangat Kalianget

Suasana Wonosobo yang dingin, menjadikan tempat wisata Wonosobo ini pas banget dikunjungi. Setelah menikmati alam Wonosobo sambil merasakan dinginnya wilayah ini, tempat pemandian ini cocok untuk mengembalikan kondisi normal tubuh dan tentunya untuk mendapatkan kehangatan.

Pemandian ini letaknya tidak jauh dari alun-alun Wonosobo, hanya berjarak 4 kilometer saja. Tepatnya berada di Desa Kalianget, Kecamatan Wonosobo. Selain kolan dengan air hangatnya, di kawasan wisata Wonosobo ini juga terdapat taman yang asri.

Cocok digunakan untuk istirahat. Selain itu, juga terdapat pemandian air panas yang masih alami. Lataknya tidak jauh dari kolam air hangat ini, yaitu di Desa Manggisan.

Loading