Sukses

Viral Foto Penumpang MRT Tertib Antre Ini Beda Jauh dari Potret Sebelumnya

Foto penumpang MRT yang antre ini menjadi bukti warga Indonesia juga bisa tertib.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan aksi dan sikap para pengguna MRT baru di Jakarta yang tidak terpuji. Perilaku yang tak pantas untuk dicontoh ini menjadi viral di media sosial dan media massa. Bahkan beberapa foto yang diunggah oleh netizen tentang sikap tak pantas tersebut hingga sampai di media Jepang.

Tingkah yang kurang terpuji seperti bergelantungan di dalam gerbong, berdiri di atas kursi MRT, membuang sampah sembarangan, tidak antre saat masuk MRT, bahkan stasiun MRT menjadi tempat untuk berpiknik.

Namun, setelah kabar miring tersebut, salah satu akun Facebook The Indonesia Simulator-Patch Notes mengunggah foto yang berbeda. Kali ini bukan tingkah laku nyeleneh yang diunggah, namun ketertiban antri penumpang MRT.

Untuk lebih lanjut, berikut Liputan6.com rangkum dari akun berbagai sumber, Rabu (27/3/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penumpang Antre

Akun Facebook bernama The Indonesia Simulator-Patch Notes mengunggah foto yang pemandangan yang berbeda dari foto yang beredar sebelumnya. Dalam foto tersebut terlihat para penumpang MRT antre dengan tertib dan berdiri sesuai garis yang telah ditetapkan.

Tentunya, foto ini bertolak belakang dengan foto sebelumnya ketika penumpang MRT terlihat menggerombol, tidak antre dan berdiri tidak sesuai jalur. Sejak diunggah pada 26 Maret yang lalu, hingga hari ini foto tersebut sudah mendapat like sebanyak 1,8 ribu. Tidak hanya ramai di Facebook saja, tetapi juga di Twitter. 

Dilansir dari akun Twitter @AlamiSadHomie yang mengunggah kembali foto tersebut, foto tersebut telah mendapatkan seribu retweet dan like. Beberapa netizen juga memberi komentar akan foto tersebut, seperti akun Twitter @nuhanuhaa yang menuliskan 

"Ini foto membuktikan bahwa, segalanya tuh butuh waktu. Ga bisa simsalabim perilaku masyarakat berubah. Perlu proses. Sabar, lama2 ntar jg terbiasa.." tulisnya. 

Atau yang mengatakan bahwa kesalahan yang telah terjadi kemarin dijadikan sebuah pembelajaran, seperti akun Twitter @hilyatsh yang menuliskan

"Bener kata pak Anies kalo kesalahan mereka yg kemaren dijadiin pembelajaran bukan malah dihujat"  tulis akun tersebut. 

3 dari 3 halaman

Media Jepang Soroti Tingkah Laku Nyeleneh Penumpang

Sebelumnya, media Jepang Asahi mengeluarkan berita mengenai tingkah penumpang MRT Jakarta ini dengan judul "Throw Away On The Foot... Controversy In The Jakarta Subway".

Media Jepang tersebut tidak hanya menyori pembangunan MRT saja. Akan tetapi tingkah nyeleneh para penumpang MRT Jakarta ini pun turut menjadi sorotan mereka. Tingkah laku penumpang MRT Jakarta yang disorot media Jepang, terjadi di dalam gerbong ataupun di stasiun MRT.

Beberapa tingkah yang kurang terpuji yang tertangkap kamera netizen seperti bergelantungan di dalam gerbong, berdiri di atas kursi MRT, membuang sampah sembarangan, tidak antri saat masuk MRT, bahkan stasiun MRT menjadi tempat untuk berpiknik.

Mulanya, tingkah yang kurang terpuji penumpang MRT Jakarta ini viral di berbagai media sosial, baik Twitter ataupun Instagram hingga ke media Jepang pun turut memberitakannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.