Sukses

9 Wisata Padang dari Alam, Kota, Hingga Budaya yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal pariwisata, Indonesia selalu menawarkan ribuan pilihan wisata. Salah satunya adalah wisata Padang, Sumatera Barat. Daerah ini dikenal memiliki pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Padang merupakan salah satu kota terbesar di wilayah Sumatera Barat. Tak hanya terkenal dengan rendang dan masakan Padangnya, kota ini memiliki wisata Padang yang menarik untuk dikunjungi.

Ada berbagai macam wisata Padang yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Tanah Minang ini. Dari pemandangan alam yang menawan hingga suasana kota yang damai dapat menjadi pilihan Wisata Padang yang tak boleh dilewatkan.

Berikut 9 pilihan wisata Padang yang dapat Anda kunjungi, sebagaimana dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(27/3/2019).

2 dari 6 halaman

Wisata Padang Berupa Pantai

Kota Padang memiliki garis pantai sepanjang 68,126 km di daratan Sumatra. Hal ini yang membuat Padang memiliki jajaran pantai menawan yang wajib dikunjungi. Pantai ini memiliki ciri khas dan keistimewaan baik dari pemandangan maupun legenda yang melekat padanya.

Pantai Padang

Salah satu pantai yang paling terkenal di Padang adalah Pantai Padang. Pantai ini populer dengan sebutan Taplau yang merupakan singkatan dari tapi lauik, yang dalam bahasa Minang artinya tepi laut.

Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota membuat pantai ini menjadi wisata Padang yang sering dikunjungi wisatawan. Pantai Padang juga masuk dalam 10 kawasan bebas sampah yang dilindungi oleh Peraturan Daerah (Perda) Nomor 21 Tahun 2012.

Pantai Air Manis

Tanah Minang juga dikenal dengan legenda malin Kundang, anak yang durhaka pada sang ibu. Gambaran dari Malin Kundang sendiri dapat disaksikan di Pantai Air Manis yang ada di Padang, Sumatera Barat.

Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih dalam bahasa Minang adalah pantai yang terletak kurang lebih 10 km di selatan pusat Kota Padang. Daya tarik dari pantai ini adalah bebatuannya yang menyerupai orang yang sedang sujud. Warga sekitar mempercayainya sebagai Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu.

Batu Malin Kundang inilah yang memantik wisatawan untuk mengunjungi langsung pantai ini dan menjadi wisata Padang yang sangat populer. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang kecil dan relatif aman bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai.

Di ujung utara pantai ini akan terlihat Gunung Padang dari kejauhan.Selain itu, terdapat dua pulau kecil yaitu Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang yang berjarak tak seberapa jauh dari pantai ini.

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak berada di Tabing, sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Padang. Pantai ini berpasir putih, luas, landai dan dipenuhi oleh nyiur yang menjulang tinggi. Wisata Padang ini sangat cocok untuk berjemur, berenang bersantai dan menyaksikan matahari terbenam.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana juga menawarkan hamparan psir putih yang luas dan memanjakan mata. Akses untuk menuju ke pantai ini juga terbilang mudah dijangkau.

Pantai Nirwana berada tak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur memberikan pemandangan jajaran kapal nelayan yang hendak singgah ke pelabuhan tersebut. Saat ombak sedang surut, Anda dapat menyaksikan terumbu karang yang menawan dari bibir pantai.

3 dari 6 halaman

Lembah Anai

Salah satu surga alam yang disuguhkan oleh Padang adalah Lembah Anai yang berjarak 60 km dari kota Padang. Lembah Anai merupakan air terjun yang sangat terkenal di Sumatera barat.

Air terjun ini terletak tepat di pinggir jalan raya trans Sumatra yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukit Tinggi. Air terjun berketinggian kurang lebih 35 meter ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai.

Paduan air terjun, perbukitan hijau serta rangkaian rel kereta api disisi lain Lembah Anai ini membuat siapapun yang melintasi jalan raya tersebut takjub akan pesonanya.

4 dari 6 halaman

Museum Adityawarman

Tak hanya keindahan alam, wisata Padang juga menyimpan ragam sejarah dan budaya yang dapat disaksikan melalui sebuah museum. Museum Adityawarman adalah museum budaya provinsi Sumatra Barat yang terletak di Kota Padang.

Museum ini memiliki gaya arsitektur berbentuk rumah adat Minangkabau yaitu Rumah Gadang. Museum Adityawarman mulai dibangun pada 1974 dan diresmikan pada 16 Maret 1977.

Sebagai museum budaya, Museum Adityawarman menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah, seperti cagar budaya Minangkabau dan sekitarnya beserta beberapa cagar budaya nasional. Salah satu di antaranya adalah bangunan yang berarsitektur Minang, bernama Rumah Bagonjong atau Baanjuang.

Koleksi utama yang terdapat di Museum Adityawarman dikelompokkan ke dalam sepuluh macam jenis koleksi. Sepuluh koleksi ini meliputi geologika/geografika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika/heraldika, filolo­gika, keramologika, seni rupa, dan teknalogika.

5 dari 6 halaman

Jembatan Siti Nurbaya

Selain legenda Malin Kundang, tanah Minang juga dikenal dengan cerita SIti Nurbaya. Kisah Siti Nurbaya ini terabadikan di Jembatan Siti Nurbaya.

Jembatan ini selalu ramai pada sore hingga malam hari. Lampu kota menerangi jembatan saat malam hari. Lokasi jembatan ini dekat dengan pantai Padang dan Pasar Raya.

Di sepanjang jembatan ini Anda akan mendapati aneka kuliner ringan seperti jangung bakar, roti bakar, dan makanan lain yang dapat menemani Anda menikmati keindahan kota dari jembatan Siti Nurbaya.

6 dari 6 halaman

Wisata Padang Berupa Jajaran Pulau

Selain pantai, Padang juga memiliki hamparan pulau yang tak kalah indah dari pulau-pulau lain di Indonesia. Bahkan pulau-pulau ini sudah terkenal hingga mancanegara.

Pulau Sikuai

Sejak tahun 1994 Pulau Sikuai dinobatkan sebagai salah satu wisata bahari yang ada di Indonesia. Salah satu aktivitas wisata Padang yang ditawarkan pada pulau ini adalah snorkeling.

Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44.4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Kekayaan bawah laut yang dimiliki wilayah ini siap memanjakan siapapun yang mengunjungi pulai kecil ini.

Pulau Sirandah

Dalam bahasa Minang Sirandah memiliki arti rendah. Artinya pulai ini merupakan kawasan dengan pesisir pantainya yang rendah.

Pulau Sirandah merupakan pulau berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis pohon tinggi seperti kelapa, semak dan bakau. Disini Anda dapat memanjakan diri dengan bermain air, menyelam, atau berjemur.