Sukses

Begini Reaksi Tubuh di 20 Menit Pertama hingga 1 Tahun Saat Berhenti Merokok

Baiknya berhenti merokok bisa dirasakan setelah 20 menit pertama.

Liputan6.com, Jakarta Zat adiktif bernama nikotin yang terkandung pada rokok, membuat banyak orang menjadi ketergantungan. Oleh karena itu, bagi sebagian orang berhenti merokok merupakan sesuatu yang mustahil. Alhasil, harus memilih untuk hidup dengan kerusakan yang sudah terlanjur dibuat pun tetap dijalankan.

Padahal seperti yang sudah diketahui, banyak sekali dampak buruk dari merokok. Mulai dari penyakit paru obstruktif kronis, kanker paru-paru, serangan jantung, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, dengan sederet bahaya dari merokok alangkah baiknya Anda untuk mencoba berhenti merokok walaupun dengan proses yang tidak mudah.

Ya, dengan berhenti merokok mampu memberikan perubahan yang luar biasa bagi tubuh. Ada sederet dampak baik yang bisa tubuh Anda rasakan saat merespon rencana berhenti merokok yang sedang dijalani.

Di beberapa pekan pertama memang menjadi waktu yang sangat sulit. Di situ tubuh akan mengalami proses regeneratif. Membutuhkan waktu yang cukup lama sampai akhirnya seseorang bisa benar-benar terbebas dari candu rokok dan menjadi mantan perokok.

Nah, berikut ini ada beberapa kronologi waktu mengenai reaksi yang terjadi pada tubuh setelah batang rokok terakhir Anda habis. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, inilah reaksi baik tubuh Anda saat baru berhenti merokok, Kamis (28/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

20 Menit Pertama Setelah Berhenti Merokok

Salah satu efek merokok adalah menjadikan tekanan darah serta laju jantung yang meningkat. Ini diakibatkan oleh nikotin yang meracuni peredaran darah.

Nah dengan berhenti merokok, sudah terlihat manfaat baiknya bagi tubuh Anda sejak hitungan menit pertama. Tepatnya kurang lebih 20 menit setelah rokok terakhir, detak jantung Anda akan mulai menurun dan stabil ke tingkat normal. 

3 dari 6 halaman

2-8 Jam Setelah Berhenti Merokok

2 Jam Setelah Berhenti Merokok

Setelah 2 jam Anda berhenti merokok, maka ujung-ujung jari tangan dan kaki akan mulai terasa hangat akibat sirkulasi darah peripheral yang kembali pulih secara bertahap. Pada priode waktu ini Anda akan rentan mengalami sakau karena kecanduan nikotin.

Hal ini pun mengakibatkan Anda akan merasakan sakit seperti cemas, tegang, sakit kepala, berkeringat, megantuk, hingga nafsu makan yang meningkat. Banyak perokok aktif yang mengeluhkan pada kondisi seperti ini.

8 Jam Setelah Berhenti Merokok

Kadar karbon monoksida yang dikonsumsi dalam jumlah besar mampu menggantikan oksigen untuk mengikat diri pada sel darah merah dan menyebabkan berbagai masalah jantung. Di 8 jam pertama setelah Anda berhenti merokok, kadar karbon monoksida dalam tubuh akan mulai menurun dan tergantikan dengan oksigen. Hal ini membantu menyehatkan kondisi jaringan dan pembuluh darah.

4 dari 6 halaman

1-3 Hari Setelah Berhenti Merokok

1–2 Hari Setelah Berhenti Merokok

Kalau sudah satu hari Anda berhenti merokok, maka risiko serangan jantung akan menurun. Hal ini terjadi karena berkurangnya penyempitan pembuluh darah dan arteri serta peningkatan kadar oksigen yang masuk ke jantung untuk meningkatkan fungsinya.

Selain itu, nikotin yang menyebabkan Anda kecanduan akan memberikan sinyal pada tubuh untuk memenuhi kebutuhan kadar nikotin hingga kadar tertentu dalam waktu yang pasti. Kalau kebutuhan ini tidak dipenuhi, maka perokok bisa mengakibatkan penumpulan indera penciuman dan perasa. Namun setelah dua hari berhenti merokok, kemampuan indera untuk mencium wangi-wangian menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3 Hari Setelah Berhenti Merokok

Kadar nikotin yang tersisa pada tubuh sudah mulai menghilang secara keseluruhan. Hal ini memberikan efek bagi tubuh Anda untuk lebih mudah dan nyaman untuk bernapas. Hal ini terjadi karena tabung bronkial di dalam paru-paru sudah mulai rileks dan terbuka lebih lebar.

Namun buruknya, pada waktu ini menyebabkan Anda mengalami mood yang terganggu dan mudah marah, sakit kepala, dan mengidam.

5 dari 6 halaman

1-12 Minggu Setelah Berhenti Merokok

1 Minggu Setelah Berhenti Merokok

Kalau Anda sudah berhasil berhenti merokok dalam waktu satu minggu, maka untuk ke depannya rencana untuk berhenti merokok dalam jangka waktu panjang sangat mungkin. Ya, Anda yang berhasil berhenti merokok dalam satu minggu, akan Sembilan kali lebih mungkin berhasil untuk berhenti merokok.

2–12 Minggu Setelah Berhenti Merokok

Setelah berhasil berhenti dari rokok beberapa minggu ini, Anda sudah bisa melakukan banyak aktivitas atau melakukan rutinitas fisik lainnya tanpa perlu merasakan sakit dan kecapekan. Pemulihan tenaga ini disebabkan oleh proses regeneratif tubuh yang mulai aktif kembali. Membuat fungsi paru dan pernapasan Anda akan mulai membaik.

6 dari 6 halaman

3 Bulan Hingga 1 Tahun Setelah Berhenti Merokok

3–9 Bulan Setelah Berhenti Merokok

Tentunya, kesehatan tubuh Anda semakin meningkat. Batuk-batuk ataupun kesulitan bernapas akibat merokok waktu ini akan perlahan menghilang seiring dengan proses regeneratif paru-paru Anda.

1 Tahun Setelah Berhenti Merokok

Roko dulu yang Anda konsumsi telah merusak dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan pada arteri akibat zat berlemak yang menumpuk. Nah, setelah satu tahun kalau Anda berhasil lepas dari rokok, risiko berbagai penyakit jantung akan menurun drastis, jika dibandingkan saat Anda masih merokok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.