Sukses

7 Beda Foto Bangunan Bersejarah di Roma Dulu vs Kini, Kemegahannya Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Peradaban zaman dulu telah menjadi tonggak utama dalam berkembangnya kemajuan yang kini dirasakan. Pada peradaban zaman dulu, banyak kerajaan-kerajaan yang memimpin perkembangan dunia. Salah satu kerajaan terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah adalah Kekaisaran Romawi

Pada era Kekaisaran Romawi memiliki banyak sekali penemuan dan prestasi hebat yang hingga kini menjadi hal yang dapat digunakan dan dilihat oleh banyak orang. Semua penemuan dan prestasi yang dilakukan pada era Romawi dapat diamati juga melalui gaya arsitektur bangunan-bangunannya.

Romawi, sekitar 2000 tahun yang lalu ini sudah mampu membangun sebuah bangunan megah dengan gaya yang hingga kini masih dapat dinikmati. Colosseum, adalah satu bangunan Romawi yang menjadi simbol terbesar dari Kekaisaran Romawi.

Namun seiringnya waktu berlalu, kini beberapa bangunan sejarah yang megah itu hanya menyisakan sebagiannya saja. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Roma ingin menyaksikan bagimana sisa-sisa kemegahan lokasi sejarah di Roma tersebut.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (28/3/2019) dari Boredpanda, berikut 7 foto lokasi sejarah di Roma yang kini tampak berbeda saat bangunan tersebut masih berdiri kokoh saat masa Kekaisaran Romawi.

2 dari 4 halaman

Bangunan Colosseum Hingga Lokasi Forum Kuno

1. Colosseum

Salah satu bangunan bukti megahnya Kekaisaran Roma adalah Colosseum. Bangunan terkenal ini kini hanya menampakkan sebagian bangunannya saja. Para ahli menampilkan perkiraan gedung Colosseum ini saat masih berdiri kokoh yang tampak berbeda dengan penampakannya kini.

2. The Basilica of Santi Cosma E Damiano

Bangunan ini memiliki pemandangan yang indah. Kaisar Maxentius membangun tempat ini untuk menghormati putranya Valerius Romulus yang meninggal pada tahun 309.

Selama bertahun-tahun banyak yang menjaga bangunan ini agar strukturnya tetap utuh. Sekarang, lokasi ini menjadi tempat kunjungan yang populer dan dikunjungi wisatawan.

3. Roman Forum

Lokasi Roman Forum berada di pusat kota Roma. Lokasi ini adalah sebuah alun-alun yang dikelilingi oleh bekas reruntuhan gedung pemerintahan kuno. Roman Forum dulunya merupakan tempat pidato publik, pengadilam dan pertandingan gladiator pada era Kekaisaran Romawi.

Seorang seniman kemudian mencoba membuat sketsa bekas reruntuhan tersebut menjadi bangunan yang pernah ada pada abad ke 17 itu.

3 dari 4 halaman

Kuil Saturnus dan Museum Hadrian

4. Temple of Saturn

Tempat ini dibangun sebagai persembahan untuk dewa Saturnus tepatnya pada tahun 497 Sebelum Masehi dibawah pemerintahan Tarquinius Superbus, Raja Roma. Kuil ini pernah mengalami kebakaran dan bencana sehingga tinggal menyisakan sebagian bangunannya.

Di lokasi ini terdapat prasasti yang diawetkan. Sebagian bertuliskan “Senat dan Rakyat Roma memulihkan (kuil) yang terbakar habis,”

5. Mausoleum of Hadrian (Castel Sant’angelo)

Lokasi ini berada di Parco Adriano, bangunan ini lebih dikenal dengan sebutan Castel Sant’angelo. Kaisar Hadrian menugaskan untuk arsitektur bangunan ini menjadi tempat peristirahatan bagi dirinya dan keluarganya.

Dibangun sekitar tahun 134 dan 139 Sebelum Masehi, lokasi ini kemudian menjadi tempat dilahirkannya keluarga raja dan kaisar. Kini, Mausoleum of Hadrian adalah sebuah museum.

4 dari 4 halaman

Forum Tabularium dan Gedung Teater Apollo

6. Roman Forum From The Tabularium

Lokasi ini dulunya adalah tempat untuk menampung banyak pejabat kota yang memiliki pemandangan indah dan menakjubkan.

Forum Romawi ini dibangun pada 78 Sebelum Masehi. Kini bangunannya hanya menyisakan sebagian saja, beruntungnya bangunan itu tetap dilestarikan.

7. Theatre of Marcellus, Temple of Bellona and Temple of Apollo Sosianus

Dibangun pada abad 13 Sebelum Masehi, Teater Marcellus digunakan untuk berbagai pertunjukkan seperti drama dan musik. Beberapa bagian bangunan tersebut masih bertahan hingga kini dan masih terjaga. Hanya terdapat 2 bangunan tersisa yang dulu digunakan untuk dewa Romawi Bellona dan Dewa Apollo.