Sukses

3 Cara Mengetahui Jenis Font dengan Mudah, Cukup Pakai Gambar

Tak perlu repot untuk mengidentifikasikan font secara manual

Liputan6.com, Jakarta Font merupakan bagian penting dalam sebuah penulisan atau desain. Dengan font sebuah tulisan dapat lebih terepresentasikan tujuannya. Ada berbagai macam font yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Biasanya dalam sebuah perangkat komputer telah terinstal berbagai font. 

Namun, ternyata selain font yang terinstal otomatis di komputer, ada banyak font yang dapat diinstal sendiri. Kamu bisa mengunduhnya gratis atau berbayar. Font-font ini memiliki ragam jenis dan model, terkadang tampilan dari font-font ini jauh lebih estetik dari font default di komputer.

Terkadang kamu menemui gambar seperti poster atau foto dengan font yang bagus. Namun, ketika ingin menggunakannya kamu tidak tahu nama atau jenis font tersebut. Tak perlu repot untuk mengidentifikasikan font secara manual. Ada beberapa cara mengetahui font dengan tepat, akurat, dan cepat.

Cara mengetahui font ini cukup mudah, kamu hanya butuh gambar berisi font yang akan diidentifikasikan. Berikut cara mengetahui font dengan gambar yang dapat Liputan6.com lansir dari Tech Viral Kamis (28/3/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menggunakan Photoshop CC

Photoshop merupakan software desain grafis yang sudah tak asing di telinga para desain grafis maupun kalangan lainnya. Photoshop menyediakan berbagai fitur desain grafis yang cukup lengkap dan mudah digunakan.

Ternyata, Photoshop juga dapat digunakan untuk mengidentifikasikan font baik secara online maupun offline. Namun, tak semua versi Photoshop dapat mengidentifikasikan font. Hanya versi Photoshop CC yang memiliki fitur pendeteksi font.

Jadi jika kamu mempunyai Photoshop CC, kamu dapat menggunakannya untuk mengidentifikasikan font yang kamu inginkan.

Caranya juga mudah, kamu cukup buka gambar yang ingin diidentifikasikan fontnya, Seleksi menggunakan selection tool di sekitar gambar yang ingin kamu identifikasi fontnya. Setelah itu pilih menu Type dan pilih opsi Match font.

Secara otomatis Photoshop akan mengidentifikasikan font. Terdapat dua pilihan deteksi font yaitu secara offline dan online. Jika kamu memilih match font offline, photoshop akan menampilkan jenis font yang benar-benar mirip atau sama dengan font gambar.

Jika memilih match font online kamu akan diminta untuk log in ke Creative Cloud dan kemudian Photoshop akan mendeteksi online dengan Typekit secara lebih akurat.

3 dari 4 halaman

2. Menggunakan Ekstensi di Chrome

WhatFont

WhatFont merupakan ekstensi Google Chrome yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi font pada halaman web atau gambar. Pertama-tama, kamu perlu mengunjungi chrome.google.com/webstore/detail/whatfont/jabopobgcpjmedljpbcaablpmlmfcogm?hl=en dan kemudian klik ‘Tambahkan Ke Chrome’

Setelah itu kamu akan melihat popup di mana kamu perlu mengklik ‘Tambahkan Ekstensi’. Setelah ditambahkan, kamu akan mendapatkan notifikasi dan akan melihat ikon WhatFont pada tab Bookmark yang menandakan bahwa ekstensi telah terpasang.

Setelah terpasang, buka gambar atau halaman web dari font yang ingin kamu ketahui. Ketuk ikon WhatFont dan bawa kursor ke teks atau gambar tersebut. Disana kamu akan melihat nama Font.

Font Finder

Font Finder adalah salah satu ekstensi Google Chrome terbaik yang dapat digunakan oleh pengembang, perancang, dan juru ketik. Ekstensi ini pada dasarnya memungkinkan kamu untuk menganalisis font dan akan menunjukkan setiap detail font termasuk nama font, ukuran, jarak, dll.

Penggunaanya juga mirip dengan WhatFont, cukup pasang ekstensi ini di Google Chrome melalui chrome.google.com/webstore/detail/font-finder/bhiichidigehdgphoambhjbekalahgha?hl=en. Untuk mengidentifikasi font cukup klik kanan dan pilih opsi Font Finder.

Fontface Ninja

Fontface Ninja adalah ekstensi Google Chrome terbaik dalam daftar yang dapat membantu kamu menjelajahi font dalam suatu situs web. Ekstensi ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa, mencoba, membookmark dan membeli font yang digunakan di situs web apa pun.

Ekstensi chrome sangat mudah digunakan dan menunjukkan informasi instan terkait font yang dipilih. cukup pasang ekstensi melalui chrome.google.com/webstore/detail/font-finder/bhiichidigehdgphoambhjbekalahgha?hl=en

4 dari 4 halaman

3. Mengidentifikasi font secara online

WhatTheFont

WhatTheFont adalah salah satu situs pencocokan font terbaik yang dapat kamu kunjungi untuk mengidentifikasi font lewat gambar. Antarmuka web memungkinkan pengguna untuk mengunggah gambar dan akan langsung mengidentifikasi font yang digunakan.

Untuk menggunakannya kamu cukup menuju ke myfonts.com/WhatTheFont/. Namun, pastikan untuk mengunggah gambar berkualitas baik untuk akurasi pengenalan font yang lebih baik.

Font Identifier

Font Identifier adalah pencocokan font online lain yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi font yang digunakan dalam gambar apa pun. Hal yang hebat tentang Font Identifier adalah antarmuka yang terlihat bersih dan sederhana.

Cukup buka tautan fontsquirrel.com/matcherator, kamu hanya perlu mengunggah gambar dan situs ini akan segera memberi tahu font yang terdeteksi.

Fontspring Matcherator

Fontspring Matcherator adalah pengenal font lain yang mirip dengan Font Identifier. Antarmuka web cukup bersih dan kamu hanya perlu mengunggah gambar berkualitas baik untuk mengetahui font.

Cukup buka fontspring.com/matcherator untuk menggunakannya. Namun, Fontspring Matcherator membutuhkan banyak waktu selama proses pengenalan font. Tapi, hal ini sebanding dengan kualitas pengenalan font yang lebih akurat.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini