Sukses

6 Fungsi Tulang, Bentuk dan Cara Menjaganya yang Perlu Diketahui

Fungsi tulang sangatlah penting dalam tubuh manusia, terutama dalam pembentukan rangka dan pergerakan.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi tulang sangatlah vital untuk tubuh manusia, terutama untuk pergerakan. Hal itu karena tulang sebenarnya adalah organ yang sangat dinamis.

Tulang secara tetap melakukan remodeling, dan mengubah bentuk untuk dapat beradaptasi pada kekuatan-kekuatan sehari-hari yang menekannya. Tulang yang terdapat dalam tubuh manusia mencapai kira-kira 206 tulang. Dan fungsi tulang sendiri memang masing-masing sesuai dengan di mana tulang tersebut berada.

Selain itu, tulang menyimpan nutrien penting, mineral, dan lipid dan menghasilkan sel darah yang memelihara tubuh serta berperan penting dalam perlindungan tubuh terhadap infeksi. Dengan peran vital yang sangat besar ini, kamu wajib mengetahui apa saja fungsi tulang seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bentuk Tulang

Dari ujung kepala sampai ujung kaki, manusia memiliki tulang-tulang yang menyangga tubuh dan menguatkannya. Dengan begitu banyaknya tulang di dalam tubuh manusia, tentunya semuanya memiliki bentuk yang berbeda-beda pula.

Ada yang panjang dan ada juga yang pendek. Bahkan ada juga yang bentuknya tidak beraturan, sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya di dalam tubuh.

Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibagi menjadi 4. Berikut macam-macam bentuk tulang:

1. Tulang Pipa

Salah satu bentuk tulang adalah tulang pipa. Tulang ini memang bentuknya menyerupai pipa, sehingga diberi nama tulang pipa.

Tulang Pipa terdiri dari Epifisis dan Diafisis. Epifisis adalah bagian ujung tulang yang membesar seperti bongkol. Sedangkan diafisi merupakan bagian tengah yang tulang yang berada di antara dua epifisis.

Di antara epifisis dan diafisis terdapat tulang rawan yang berbentuk lempengan atau cakram epifisis. Jika cakram epifisis ini masih aktif, maka tulang pipa masih dapat memanjang. Cakram epifisis tidak aktif lagi sekitar umur 20 tahun. Cakram inilah yang menentukan pertumbuhan tinggi seorang manusia.

Tulang pipa mempunyai ciri-ciri seperti bentuk yang bulat dan panjang. Memiliki bonggol pada kedua ujungnya dan berisi sumsum kuning dan lemak di dalamnya. Sumsum kuning merupakan cadangan untuk pembentukan sumsum merah.

Sedangkan contoh-contoh tulang pipa adalah tulang paha, tulang lengan atas, tulang kering, tulang betis, ruas-ruas jari tangan/ruas jari kaki, tulang hasta, dan tulang pengumpil

2. Tulang Pipih

Bentuk tulang selanjutnya adalah tulang pipih. Tulang pipih berbentuk pipih, dan contohnya dalam tubuh manusai adalah tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang tengkorak.

Tulang pipih memiliki dua lapisan tulang kompakta yang disebut lamina eksterna dan interna osiskrani yang dipisahkan oleh satu lapisan tulang spongiosa yang disebut diploe.

Ciri-ciri tulang pipih adalahberbentuk pipih atau tipis dan di dalamnya berisi sumsum merah. Sumsum merah ini berfungsi sebagai tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih.

3. Tulang Pendek

Tulang pendek ini berbentuk kubus atau pendek tidak beraturan. Tulang ini memiliki inti tulang spongiosa yang dikelilingi tulang kompakta.

Ciri-ciri tulang pendek adalah bentuknya pendek dan bulat. Tulang pendek ini bisa kita temukan di ruas-ruas tulang belakang, pangkal lengan, dan pangkal kaki.

4. Tulang Tidak Beraturan

Dan bentuk tulang yang terakhir adalah bentuk tulang tidak beraturan. Tulang jenis ini merupakan gabungan dari berbagai bentuk tulang. Contohnya adalah tulang wajah dan tulang yang terdapat pada ruas-ruas tulang belakang.

3 dari 4 halaman

Fungsi Tulang

Sistem rangka terdiri atas tulang, tulang rawan, dan membran yang melapisi tulang. Setiap tulang adalah organ yang meliputi jaringan ikat, jaringan saraf, serta jaringan otot dan epitelium (di dalam pembuluh darah). Inilah beberapa fungsi tulang:

1. Sebagai Penunjang

Fungsi tulang yang pertama yaitu, tulang menyediakan suatu kerangka untuk tempat penempelan otot dan jaringan-jaringan lainnya.

2. Sebagai Perlindungan

Tulang juga berfungsi sebagai pelindung organ-organ dalam manusia. Contohnya seperti tengkorak dan tulang sangkar rusak melindungi organ dalam dari luka-luka.

3. Sebagai Pergerakan

Fungsi tulang sebagai tuas dan titik penempelan otot yang memungkinkan pergerakan tubuh manusia.

4. Sebagai Tempat Penyimpanan Mineral

Fungsi tulang selanjutnya adalah menyimpan mineral yang penting bagi kegiatan sel di seluruh tubuh yaitu, kalsium dan fosfor. Bisa dibilang, tulang adalah gudangnya kalsium dan fosfor tersebut.

5. Sebagai Tempat Terjadinya Produksi Sel Darah

Di dalam rongga tulang tertentu akan terdapat sumsum tulang. Di sumsum tulang inilah nantinya tubuh memproduksi sel darah. Jadi fungsi tulang juga mencakup sebagai tempat produksi sel darah.

6. Sebagai Tempat Penyimpanan Energi

Lemak atau Lipida yang disimpan di dalam sel-sel adipose di sumsum kuning merupakan gudang energi bagi manusia. Oleh karena itu, fungsi tulang juga cukup vital sebagai penyimpanan energi.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Dengan fungsi tulang yang sangat vital seperti yang telah diuraikan sebelumnya, kamu perlu untuk menjaga kesehatan tulangmu. Beberapa cara sederhana untuk merawat dan menjaga kesehatan tulang adalah dengan:

1. Memakan makanan yang cukup mengandung kalsium dan vitamin D

2. Olahraga yang teratur

3. Berjemur sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi ini sangat baik untuk membantu pembentukan vitamin D. Dimana vitamin D ini penting sekali untuk membantu penyerapan kalsim dan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini