Sukses

Nikmati Wisata Pekalongan, Alamnya Indah dan Banyak Tempat Belanja

Serunya wisata Pekalongan, mulai dari wisata alam hingga wisata belanja

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pekalongan dikenal dengan batiknya yang melegenda. Kota ini memang dikenal dengan batik yang memiliki corak sangat khas dan variatif. Kota Pekalongan juga masuk ke jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folks art pada Desember 2014 dan memiliki city branding World’s City of Batik. 

Tidak hanya batik, kota yang terletak di kawasan jalur pantai utara jawa ini ternyata memiliki segudang destinasi wisata lainnya. Ya, karena letaknya berada di tepi jalur pantai utara, maka kabupaten Pekalongan ini menawarkan banyak sekali destinasi wisata alam khususnya pantai yang bisa dikunjungi.

Pekalongan ini berjarak sekitar 101 kilometer sebelah barat Semarang, atau 384 kilometer sebelah timur Jakarta. Nah, buat Anda yang tinggal di daerah sekitar Pekalongan ini, bisa menjadikan beberapa tempat wisata Pekalongan sebagai alternatif untuk menghabiskan waktu libur.

Ternyata terdapat banyak sekali wisata Pekalongan yang bisa Anda nikmati. Mulai dari wisata air sampai wisata belanja.

Buat Anda yang masih bingung ingin kemana saja saat ke Pekalongan, Liputan6.com punya referensi wisata Pekalongan yang seru. Telah dirangkum dari berbagai sumber Kamis (28/3/2019) tentang wisata Pekalongan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Air di Pekalongan

Pantai Pasir Kencana

Saat pertama kali ke Pekalongan, Anda harus mengunjungi pantai Pasir Kencana ini. Wisata Pekalongan ini merupakan tujuan favorit para wisatawan, karena letaknya yang dekat dengan pusat kota. Pantai ini selalu ramai dan sudah dikelola dengan baik. Jadi enak sekali untuk bermain-main di pantai sambil menikmati indahnya sunset.

Tidak hanya pantai, di sini juga ada akuarium dan koleksi biota laut yang mirip seperti Seaworld. Fasilitas di pantai ini juga sudah tersedia sangat baik seperti taman bermain, panggung terbuka, kursi serta taman untuk bersantai, becak air, warung makan, musholla, toilet dan kamar mandi bilas, serta sederet fasilitas lain.

Curug Muncar

Wisata Pekalongan selanjutnya datang dari curug atau air terjun. Curug Muncar ini memiliki ketinggian 1.249 mdpl yang dikelilingi pemandangan menawan lereng gunung Rogojembangan. Curug Muncar ini terletak di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan atau sekitar 30 kilometer dari Kajen ibukota Kabupaten Pekalongan.

Mangrove Park

Wisata Pekalongan ini masih terbilang baru. Dulunya, tempat ini merupakan tambak udang milik Dinas Pertanian Kota Pekalongan yang kemudian ditanami pohon bakau yang berfungsi untuk mencegah abrasi air laut sekaligus untuk tempat wisata.

Tempat wisata Pekalongan ini terletak di Kelurahan Kandang Panjang, kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Kedung Sipingit

Wisata Pekalongan yang bisa Anda coba juga adalah Kedung Sipingit. Lokasi kedung ini diapit dengan tebing besar yang bisa Anda susuri dengan aliran sungai yang cukup deras.

Airnya yang berwarna hijau kebiruan ini cocok bagi Anda yang ingin memacu adrenalin. Ya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sini seperti berenang, trekking, body rafting, river tubing hingga memancing.

Buat yang ingin berkunjung, catat lokasinya yang terletak di Desa Kayu Puring, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah.

3 dari 4 halaman

Wisata Bukit di Pekalongan

Linggo Asri

Wisata Pekalongan ini merupakan objek wisata terpadu yang terletak di tepi jalan lintas provinsi. Tempat wisata ini menawarkan berbagai arena bermain untuk keluarga, mulai dari kolam renang, kebun binatang mini, bumi perkemahan, sampai wisata outbond seperti flying fox, arung jeram, dan trekking hutan.

Linggo Asri ini berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 700 mdpl yang membuat tempat ini memiliki hawa yang sejuk. Ditambah dengan panorama pedesaan dan pepohonan hijau di sekelilingnya, mmebuat objek wisata ini menjadi salah satu wisata Pekalongan yang wajib Anda kunjungi.

Kebun Teh Pagilaran

Wisata ini letaknya memang bukan di Pekalongan, namun jaraknya yang hanya 40 kilometer dari pusat kota Pekalongan ini membuat kebun teh Pagilaran menjadi destinasi yang tidak boleh terlewatkan. Soalnya, wisata Pekalongan berupa kebun teh ini menawarkan hamparan hijau tanaman teh yang tentunya mampu menyegarkan pikiran.

Kebun teh ini tepatnya terletak di Perbukitan Dieng dan masuk dalam wilayah Desa Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.

Gunung Rogojembangan

Kalau Anda memiliki waktu berlebih untuk liburan, bisa cobain mendaki ke gunung Rogojembangan. Gunung ini merupakan puncak tertinggi dalam rangkaian pegunungan Serayu Selatan.

Ya, tingginya bisa mencapai 2.117 mdpl. Selain trekking, Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat menarik di sekitar gunung Ragojembangan ini. Salah satunya adalah curug Muncar, yang berada di lereng gunung.

Kalau Anda ingin mengunjungi tempat wisata Pekalongan ini, catat lokasinya yang terletak di Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

4 dari 4 halaman

Belanja Aneka Batik di Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Wisata Pekalongan yang bisa Anda kunjungi juga adalah museum batik Pekalongan. Ya, di sini Anda bisa melihat sekitar 1.149 koleksi batik. Di sini Anda dapat menemukan wayang beber yang terbuat dari kain batik dengan usia mencapai ratusan tahun hingga alat tenun bukan mesin atau alat tenun tradisional.

Koleksi batik yang ada di sini tidak hanya yang berasal dari Jawa tengah saja, melainkan juga dari wilayah Jawa lainnya. Tidak hanya melihat keanekaragaman batik, di sini anda juga bisa belajar membatik. Karena memang museum ini berfungsi sebagai pusat pelatihan membatik dan pusat pembelajaran batik.

Pusat Grosir Setono

Kalau sudah ke Pekalongan, jangan sampai tidak membeli salah satu yang menjadi ciri khas kota ini, yaitu batik. Bagi Anda yang ingin menjadikan sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh, bisa coba berkunjung ke pusat grosir Setono. Pusat grosir ini terletak di jalur pantura. Di sini Anda bisa menemukan berbagai jenis kain batik yang beragam dengan harga yang terjangkau.

Alun-alun Kota Pekalongan

Setelah menikmati indahnya alam Pekalongan, bisa bersantai di alun-alun kota Pekalongan ini. Lokasi alun-alun ini bersebelahan dengan Masjid Jami’ Pekalongan atau juga biasa disebut Masjid Agung Kauman Pekalongan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.