Sukses

7 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Seafood, Bikin Hidangan Makin Nikmat

Liputan6.com, Jakarta Seafood atau makanan laut merupakan salah satu santapan kaya protein dan mineral. Seafood dapat berupa aneka ikan, udang, cumi, kepiting, dan lainnya. Banyak cara untuk mengolah seafood menjadi hidangan lezat dan bergizi. Namun, ada satu masalah yang kerap ditemui saat hendak mengolah seafood yaitu bau amis yang dikeluarkan.

Jika Anda memasak seafood di rumah, kemungkinan besar Anda memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan soal bau amis yang ditimbulkan pada bahan makanan ini.

Bau amis pada seafood memang cukup menganggu saat proses memasak. Bahkan bau amis juga dapat bertahan saat masakan dihidangkan dan hendak disantap. Anda pasti tak ingin kehilangan selera makan karena hal ini, bukan?

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau amis pada seafood. Anda dapat menerapkannya sendiri saat mengolah makanan laut ini. Dengan begitu seafood dapat disantap dengan nikmat tanpa bau yang menganggu.

2 dari 9 halaman

Bau amis pada seafood

Ikan dan makanan laut lainnya memang identik dengan bau amis. Terkadang bau amis ini bisa menempel pada alat dapur usai mengolahnya. Bahkan bau amis pada ikan dapat menyelimuti seluruh ruangan. Hal ini pastinya sangat menganggu. Bau amis akan mulai timbul pada seafood segera setelah mereka ditangkap dan dibunuh.

Hal ini merupakan reaksi alami karena bakteri di permukaan seafood memecah senyawa trimetilamin oksida menjadi trimetilamin yang menimbulkan bau busuk. Namun, selama dagingnya masih kencang dan kulitnya mengkilap serta tak berlendir, seafood ini baik untuk dimasak dan dimakan.

Berikut cara menghilangkan bau amis pada seafood yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(28/3/2019).

3 dari 9 halaman

Membersihkan Seafood dengan benar

Membersihkan seafood juga membantu menghilangkan bau amis yang dikeluarkan. Anda bisa melakukannya dengan mengeluarkan organ, sirip, dan selaput putih di rongga perut ikan atau seafood lainnya.

Tiap seafood memiliki cara yang berbeda dalam pembersihannya. Misalnya pada cumi, Anda perlu mengeluarkan tintanya dengan hati-hati, cabut tulang rawannya, serta sikat kulit arinya dan cuci dengan air mengalir.

Lain lagi dengan udang, belah sedikit bagian punggung udang. Hilangkan kotoran yang berbentuk tali hitam pada pungung udang. Cuci udang dengan air bersih yang mengalir. Sedangkan untuk kerang, Anda harus menghilangkan lendir yang menempel pada bagian cangkang serta membuang kotoran dan pasir yang menempel di sela-sela cangkang kerang.

Untuk beberapa jenis ikan seperti snakehead, mackerel atau ikan mas, Anda harus menghilangkan tendon putih di sisi-sisi ikan karena tendon ini menghasilkan bau amis. Anda dapat melihatnya setelah melepas insang ikan. Ketika Anda membersihkannya, bau ikan akan berkurang jelas saat memasak.

4 dari 9 halaman

Air lemon atau jeruk nipis

Air lemon atau jeruk nipis akan memberikan rasa dan aroma segar pada seafood. Sifatnya yang asam dapat menghilangkan bau amis yang menyengat pada ikan.

Anda dapat melumuri seafood dengan perasan lemon dan jeruk nipis ini sebelum memasaknya. Selain itu Anda juga dapat menaruh potongan lemon atau jeruk nipis saat memasaknnya.

5 dari 9 halaman

Cuka

Cuka juga merupakan cara yang cukup populer untuk menghilangkan bau amis sebelum memasak seafood. Cuka dapat membantu menurunkan sekitar 50% bau amis dari ikan. Cara kerja cuka dalam menghilangkan amis sama dengan jeruk nipis dan lemon.

Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu mencampur cuka dengan air segar dan menggunakannya untuk merendam ikan sekitar lima menit. Setelah itu Anda dapat membilas dan meniriskannya sebelum memasaknya.

6 dari 9 halaman

Susu

Salah satu cara bagus untuk menghilangkan bau amis sebelum memasak seafood adalah dengan menggunakan susu. Cara melakukannya juga sangat sederhana. Anda hanya perlu mengambil ikan atau seafood untuk direndam dalam susu selama kurang lebih 20 menit dan membilasnya setelah itu.

Susu akan membantu menyerap amis dari seafood dan membuatnya lebih lembut dan empuk. Kemudian, Anda bisa memasaknya dengan cara apa pun yang Anda bisa. Ketika Anda menggunakan susu untuk menghilangkan bau amis, kasein, zat dalam susu, akan bereaksi dengan trimethylamine oxide, bahan kimia umum yang menyebabkan bau amis.

7 dari 9 halaman

Garam dan kunyit

Garam adalah bahan yang paling efektif pada beberapa seafood seperti ikan lele, bandeng atau udang. Setelah membersihkan seafood, Anda dapat menggunakan garam untuk membatasi bau amis dengan menggosok garam di atas ikan. Biarkan selama 5 menit dan cuci ikan dengan air. Menggunakan cara ini dapat membantu mengurangi bau amis pada ikan sebelum dimasak.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan campuran kunyit dan garam. Lumuri seafood dengan campuran kunyit dan garam selama kurang lebih 30 menit. Tak perlu khawatir akan perubahan rasa pada seafood karena kunyit justru akan membuat masakan seafood Anda lebih sedap.

8 dari 9 halaman

Jahe

Jahe memiliki efek positif untuk menghilangkan bau amis pada seafood. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk menciptakan rasa yang enak, menghilangkan racun serta menghilangkan alergen pada seafood.

Anda perlu menghancurkan jahe dan melumurkannnya ke permukaan seafood. Biarkan selama 30 menit sebelum dimasak. Anda juga dapat memasukkan potongan jahe pada masakan seafood tersebut.

9 dari 9 halaman

Bawang Putih

Bawang putih juga ampuh untuk mengusir bau amis pada seafood. Selain itu bawang putih juga dapat menjadi bumbu pada masakan seafood dan memberi rasa khas yang nikmat.

Cukup lumuri seafood dengan bawang putih yang telah dihaluskan sebelum memasaknya. Atau Anda juga dapat memasukkan cincangan bawang putih kedalam masakan seafood Anda.