Sukses

9 Cara Merawat Kucing Anggora yang Benar, Bulunya Makin Menawan

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat kucing anggora tentu saja akan memiliki perbedaan dengan merawat kucing biasa. Secara umum memang cara merawat kucing terhitung susah susah gampang. Apalagi terhadap perawatan sekelas kucing anggora yang berbulu sangat halus ini. 

Kucing anggora ini merupakan kucing yang sangat unik baik dari segi fisik maupun tingkah lakunya. Faktanya, kucing anggora dengan bulunya yang lembut, panjang dan sangat indah merupakan kucing yang saat ini sangat digemari orang-orang di Indonesia.

Bagi kita yang kesepian dan menginginkan teman untuk diajak bermain di rumah, kucing Anggora sangat cocok untuk dijadikan peliharaan karena kucing ini akan selalu menghibur kita dengan kelucuannya.

Tetapi di balik itu, kucing ras ini memerlukan perawatan yang teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulunya supaya kucing tetap lucu dan bersih. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/3/2019) cara merawat kucing anggora.

2 dari 4 halaman

Perlengkapan Merawat Kucing Anggora

Sebelum memelihara kucing khususnya kucing anggora di rumah, kamu harus mempersiapkan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk merawat kucing. Diantara perlengkapan tersebut adalah:  

1. Makanan

2. Kandang

3. Tempat makan dan tempat minum

4. Litter box dan serokan

5. Pasir kucing untuk buang air besar

6. Sisir bulu

7. Lint rolling untuk membersihkan bulu kucing dari baju

8. Shampoo khusus kucing

9. Handuk

10. Hair dryer

11. Parfum khusus kucing

12. Sikat gigi kucing

13. Pet carier untuk membawa kucing ke mana-mana atau ketika hendak kontrol kesehatan.

Setelah melengkapi peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk pemilaharaan, barulah kita dapat mempelajari Cara Merawat Kucing anggora ini.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Kucing Anggora

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, memelihara kucing memang tidak susah, tetapi juga tidak gampang. Banyak sekali hal yang harus kita perhatikan supaya kucing tetap sehat dan tetap indah. Apalagi dengan fakta bahwa kita memiliki kucing yang khas dan harus bersih, Cara Merawat Kucing Anggora bisa jadi lebih merepotkan dari kucing biasa lainnya.

1. Kecocokan Gaya Hidup

Jenis anggora memang tipe hewan yang aktif, tapi dia sangat haus akan kasih sayang pemilik. Bila dibiarkan kesepian dalam jangka waktu yang lama, kucing ini akan menunjukan perubahan sikap yang tidak menyenangkan.

Oleh karena itu, kalau kegiatanmu tidak terlalu padat dan kamu bisa menghabiskan banyak waktu di rumah, dia cocok jadi peliharaanmu. Sedangkan kalau kamu sangat sibuk sehingga tak punya waktu di rumah, lebih baik berpikir ulang untuk memelihar kucing anggora ini.

Cara merawat kucing anggora tak hanya menyangkut soal fisik saja. Justru yang paling penting adalah soal mental, mengingat jenis ini memiliki kebutuhan akan kasih sayang yang besar dan terus menerus.

2. Kandang yang Tepat

Cara merawat kucing anggora sebenarnya tidak begitu sulit. Kamu tak perlu menyiapkan kandang yang mewah dan penuh dengan peralatan bagus. Cukup buatkan saja kandang yang luas, karena dia sangat suka bermain.

Jangan lupa, sediakan juga pasir zeolit. Pasir tersebut memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alas dan sebagai tempat buang air. Karena itu kamu sebaiknya sering-sering mengganti pasirnya.

Idealnya, pasir dapat diganti selama tiga hari sekali. Sedangkan pembersihan kandang bisa dilakukan seminggu sekali. Kecuali kamu bisa mendidik kucingmu buat buang air besar dan kecil di WC, mungkin hidupmu bisa jadi lebih sederhana.

3. Menjaga Jenis Makanan, Pola Makan dan bobotnya

Masalah yang sering dihadapi kucing anggora ini adalah masalah obesitas. Jadi cara merawat kucing anggora yang juga sangat penting adalah menjaga pola makannya.

Disarankan untuk memberinya menu makanan yang tinggi akan protein. Sangat disarankan kandungan protein dalam tiap makanannya tak kurang dari 40%.

Tergantung jenis kelaminnya. Untuk anggora betina, asupan ideal seharinya adalah 300kcal/ hari, sedangkan untuk jantan sebanyak 400 kcal/hari.

Kamu bisa membagi makan menjadi 2 kali sehari, pagi hari dan sore hari. Pembagian ini dirasa tepat untuk tetap memberikan asupan yang banyak untuk mengimbangi keaktifannya, tanpa membuatnya kekenyangan.

Bobot ideal anggora jantan adalah maksimal sekitar 5, 5 kg. Sedangkan untuk yang betina, bobotnya sekitar 3-5 kg.

4. Menyediakan Mainan, Terutama Tempat Memanjat

Biasanya, dalam cara merawat kucing anggora yang baik, banyak orang yang terlalu fokus pada kebutuhan fisiknya. Lantas mereka melupakan kebutuhan mentalnya, seperti mainan. Tikus palsu, bola karet atau yang paling penting adalah tempat memanjat sangat disarankan dalam hal ini.

Hal ini perlu untuk membantunya menyalurkan keaktifannya. Bermain denganmu sebagai majikannya pun akan berdampak sangat baik untuk kucing anggora ini.

4 dari 4 halaman

Perawatan Fisik dan Pemeriksaan ke Dokter

 

5. Menyikat Bulunya

Cara merawat kucing anggora berikutnya adalah tentang bagaimana merawat bulunya. Agar tetap menarik, sikatlah bulunya minimal dua hari sekali dengan menggunakan sisir metal bergigi panjang. Hindari menyisir bagian dada dan perut secara keras karena bulu-bulu di kedua daerah tersebut sangat lembut sehingga mudah patah.

Untungnya anggora termasuk kucing berbulu medium. Jadi cara merawat kucing anggora ini tak terlalu memakan waktu, biaya, dan tenaga. Selain menjaga penampilan, rajin menyisir bulu-bulunya akan mengurangi resiko tertelannya hair ball, yang menyebabkan masalah dalam pencernaannya.

6. Memandikan

Idealnya, memandikan anggora biasa dilakukan dua bulan sekali. Sebenarnya setiap kucing sudah punya sistem pembersihan diri, yaitu dengan menjilati tubuhnya. Khusus untuk anggora, bulunya sangat rapuh. Keseringan mandi akan membuat bulunya rontok lebih banyak.

Saat memandikannya, gunakanlah shampo anti lepek dan conditioner. Jika anggoramu berwarna putih, shampo pemutih khusus hewan sangat dianjurkan. Tapi jangan gunakan pemutih pakaian untuk mengembalikan warna putihnya. Bisa-bisa malah bulunya rontok semua. Setelah dimandikan, jangan lupa dikeringkan menggunakan hair dryer.

7. Pembersihan Telinga

Dari sekian banyak penyakit yang mendera, tuli adalah masalah kesehatan yang paling sering mendera jenis ini. Karena itu, sebaiknya kamu sering-sering membersihkan telinganya sebanyak dua minggu sekali.

Kamu bisa menggunakan cotton ball agar tak merusak kanal telinganya. Jika sudah bersih, maka bagian dalam telinganya akan berwarna pink dan tak berbau busuk. Tapi jika warna telinganya masih gelap atau keruh, berarti masih ada kotoran yang tertinggal.

8. Memotong Kuku

Anggora suka sekali memanjat. Jadi kukunya yang panjang bisa merusak perabotan rumahmu, jadi usahakan untuk memotong kukunya setiap dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Memotong kukunya tak perlu ke salon. Kamu juga bisa kok melakukannya sendiri. Cukup potong bagian luar kukunya yang berwarna putih saja, tidak perlu sampai ke bagian pink-nya.

Usahakan untuk membuat si kucing merasa nyaman, agar dia tak banyak bergerak. Gerakan yang tiba-tiba dikhawatirkan akan melukai bagian pink dari kukunya.

9. Berkunjung ke Dokter Hewan Secara Rutin

Pemeriksaan secara medis walaupun tidak sakit pada kucing anggora sangatlah penting untuk memperpanjang umurnya. Kamu perlu berkunjung ke dokter secara teratur untuk memberi vaksin dan memonitor kondisinya. 

Biasanya, kucing anggora bisa hidup sekitar 10 – 18 tahun. Tentunya dengan segala perawatan yang dibutuhkan. Dengan cara merawat kucing anggora yang telah kita ketahui, kita dapat melakukan perawatan terbaik untuknya, dan menjaga keimutan dan kecantikannya untuk menemani kita dalam waktu yang lama.