Sukses

Ini Fungsi Air Bagi Kelangsungan Hidup Manusia, Hewan, dan Tumbuhan

Fungsi air yang sangat penting bagi makhluk hidup

Liputan6.com, Jakarta Fungsi air memiliki peran paling penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup yang ada di Bumi ini. Air merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk semua makhluk hidup. Tidak hanya manusia yang membutuhkan air. Tanpa adanya air, tidak ada kehidupan di dunia ini. Ya, semua makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup tanpa air.

Pada manusia, biasanya fungsi air sebagai keperluan industri, pertanian, transportasi, dan lain sebagainya. Tidak hanya manusia, hewan, dan tumbuhan juga sangat membutuhkan air.

Untuk memahami lebih dalam tentang air, berikut Liputan6.com, Kamis (28/3/2019) telah merangkum hal terkait air. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini penjelasan berupa pengertian air singkat dan fungsi air bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Tentang Air

Penjelasan ilmiah mengatakan bahwa air bisa diartikan sebagai sebuah senyawa kimia yang terdiri dari dua unsur, yaitu unsur H2 (hydrogen) yang berikatan dengan unsur O2 (oksigen) yang kemudian menghasilkan senyawa air (H2O). Senyawa ini yang banyak ditemukan di Bumi. Lapisan air yang menyelimuti Bumi ini disebut dengan hidrosfer.

Air merupakan sebuah zat pelarut yang memiliki fungsi sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup. Hal tersebut karena sifat kimia air yang bersifat melarutkan, sehingga sangat berperan penting dalam proses metabolisme makhluk hidup.

Secara sederhana, air bisa diartikan sebagai sebuah sumber kehidupan dan tanda dari adanya kehidupan. Menjadi sumber kehidupan karena setiap makhluk hidup di muka Bumi ini memerlukan air untuk bisa bertahan hidup. Sedangakan sebagai tanda kehidupan mengartikan bahwa di dalam tubuh manusia sebagian besarnya tersusun dari air. Sehingga saat tidak air, maka tidak aka nada kehidupan pada manusia.

Dengan begitu, dapat dipahami bahwa secara garis besar air merupakan senyawa yang memiliki peran penting dalam mendukung segala sisi kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di permukaan Bumi ini.

3 dari 5 halaman

Fungsi Air untuk Manusia

Sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia terdiri dari air. Seluruh kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karena ketersediaan air yang cukup. Berikut ini, ada fungsi air untuk manusia:

1. Fungsi air bagi manusia guna untuk keperluan rumah tangga. Misalnya air digunakan untuk minum, mandi, mencuci, dan lain sebainya.

2. Fungsi air untuk keperluan industry misalnya digunakan sebagai bahan baku minuman kemasan, selain itu air juga digunakan untuk pembangkit tenaga listrik yang sangat dibutuhkan oleh sector industri.

3. Untuk keperluan rekreasi dan olahraga. Ada beberapa cabang olahraga yang memanfaatkan air sebagai sarananya. Misalnya saja olahraga renang, selancar, dayung, dan lain sebagainya.

4. Untuk keperluan pertanian dan peternakan. Ya, para petani sangat membutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak guna mengairi sawah dan lahan pertaniannya. Begitu juga para peternak juga sangat membutuhkan air untuk mengairi sawah dan lahan pertaniannya. Para peternak juga sangat membutuhkan air untuk memelihara ternaknya.

5. Untuk keperluan transportasi, misalnya untuk berlayar yang sangat membutuhkan air sebagai sarana transportasi.

4 dari 5 halaman

Fungsi Air untuk Hewan

Tidak hanya manusia, air juga merupakan bagian penting dan terbesar dalam tubuh hewan. Air sangat dibutuhkan dalam berbagai keperluan seperti pengaturan suhu tubuh, membantu proses pencernaaan dan zat. Hewan juga membutuhkan air seperti manusia dan tumbuhan. Inilah fungsi air bagi hewan:

1. Fungsi air untuk hewan yang pertama adalah untuk minum. Sebagai makhluk hidup, hewan juga memerlukan air guna metabolisme dalam tubuhnya.

2. Fungsi air untuk memproduksi susu. Beberapa hewan ada yang menyususi seperti kambing dan sapi. Oleh karena itu, fungsi air sangat berperan dalam produksi susunya.

3. Sebagai tempat hidup. Ya, ada beberapa hewan yang hidup di air seperti berbagai jenis ikan, udang, dan lain sebagainya.

4. Hewan juga membutuhkan air untuk membersihkan tubuhnya misalnya saja kerbau. Biasanya kerbau membersihkan tubuhnya dengan cara masuk ke dalam air.

5. Fungsi air bagi hewan untuk berlindung. Seperti hewan kuda nil yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air. Hal ini berfungsi agar kuda nil bisa menghindari panas terik di siang hari.

6. Fungsi air sebagai senjata. Bagi beberapa hewan, air digunakan untuk alatnya untuk bertahan hidup. Misalnya saja ikan pemanah, merupakan ikan penembak jitu di dalam sungai. Dengan bidikannya yang tepat, ikan ini mampu mengambil serangga apapun dalam beberapa meter tanpa menggunakan apa-apa selain air yang disemprotkan dari mulutnya.

5 dari 5 halaman

Fungsi Air untuk Tumbuhan

Tumbuhan juga sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Jika tumbuhan kekurangan air, maka akan menyebabkan tanaman menjadi kerdil, perkembangannya menjadi tidak normal.

Kalau kekurangan secara terus-menerus, maka selama pertumbuhannya akan menyebabkan tanaman tersebut mati. Sama seperti manusia dan hewan, ini beberapa fungsi air bagi tumbuhan:

1. Fungsi air untuk tempat tumbuhan hidup. Ya, ada beberapa jenis tumbuhan yang hidupnya di air. Misalnya saja eceng gondok, teratai, dan pandan air.

2. Menjadi pelarut bagi zat hara yang diperlukan tumbuhan. Zat hara ini yang ada di dalam tumbuhan, dikarutkan oleh air dan kemudian diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan.

3. Menjadi alat transportasi untuk memindahkan zat hara. Bahan yang diangkat dapat berupa bahan mineral dari dalam tanah, bahan-bahan organic hasil fotosintesa, dan olahan sel lainnya. 4. Fungsi air yang terbesar bagi tumbuhan adalah sebagao bahan dasar pada fotosintesis. Ya, tanpa adanya air maka fotosintesis tidak dapat berlangsung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini