Sukses

4 Aplikasi Ini Bisa Bantu Hapus Jejak di Media Sosial

Hilangkan jejak anda di media sosial dengan cara ini.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman sekarang ini, sudah bukan hal yang aneh lagi kalau Anda sangat aktif di dunia internet. Bagaimana tidak, saat ini memang keberadaan internet sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Anda pasti banyak menggunakan internet guna mencukupi kebutuhan akan informasi, media sosial, belanja online, dan aktivitas online lainnya.

Saat Anda sangat aktif di berbagai platform media sosial, secara tidak langsung Anda telah meninggalkan jejak di beberapa platform tersebut. Misalnya saja saat Anda memosting foto atau bahkan memberikan komentar pada postingan teman Anda. Tanpa disadari, Anda telah meninggalkan jejak digital yang ternyata akan memberikan efek di kehidupan nyata.

Ya, jejak digital Anda akan tersimpan dalam mesin pencarian yang banyak digunakan, yaitu Google. Perusahaan multinasional ini memiliki kewenangan untuk menyimpan data pribadi dari setiap pengguna internet atau media sosial. Hal ini membuat data seputar diri Anda akan tersimpan jelas, mulai dari email, situs media sosial, bahkan foto.

Coba saja cari nama Anda di mesin pencarian Google ini. Pasti akan menemukan beberapa hal seputar diri Anda. Namun di sini Anda perlu berhati-hati juga. Dampak dari peninggalan jejak diri Anda yang mudah ditemukan ini, nantinya bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentunya hal ini bakal mempengaruhi penilaian orang yang sedang mencari tahu tentang diri Anda.

Namun tenang saja, Anda bisa menghilangkan jejak diri yang sudah ditinggalkan di internet ini. Ada beberapa aplikasi dan situs online yang bisa bantu Anda untuk membersihkan jejak masa lalu di dunia maya. Berikut Liputan6.com, Jum'at (29/3/2019) telah mengulas dari berbagai sumber mengenai cara menghapus jejak diri di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hapus Cuitan Anda di Twitter

Dari dulu hingga sekarang aplikasi jejaring sosial Twitter masih sangat aktif digunakan oleh penggunanya. Tidak ada salahnya kalau Anda merupakan pengguna yang sangat aktif di Twitter dan rajin berkicau membahas isu tertentu.

Namun kalau Anda pernah meninggalkan hal-hal berupa cuitan negatif, alangkah baiknya Anda perlu menghilangkan jejak ini.

Ya, Anda bisa menggunakan Tweetdelete untuk menghapus semua tweet. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Saat Anda mengaktifkan aplikasi ini, maka akan menghapus tweet lama Anda.

3 dari 5 halaman

Hilangkan Foto-foto di Facebook

Bagi Anda yang sangat aktif mengunggah foto di Facebook, pasti tidak terlepas dengan banyaknya komentar dan likes dari teman-teman. Beragam foto dan aneka komentar pun bisa dilontarkan. Namun kalau suatu saat Anda malu untuk mengingat-ingat kejadian pada foto yang di-upload dan komentar-komentarnya, Anda bisa menghilangkan jejak itu.

Ya, Anda bisa menggunakan aplikasi Exfoliate untuk menghapus posting foto, likes, dan komentar yang pernah Anda unggah. Anda cukup install aplikasi ini, kemudian tentukan tipe konten yang ingin dihapus seperti foto, likes, atau komentar, rentang waktu posting, dan lokasi posting. Kemudian lanjutkan dengan masuk ke akun Facebook Anda, dan proses akan dimulai dari data terlama.

4 dari 5 halaman

Hilangkan Jejak Anda di Beberapa Akun Media Sosial

Kalau Anda memiliki beberapa akun media sosial, dan ingin menghilangkan jejak-jejak negatif di sana, Anda bisa menggunakan Justdeleteme. Ya, situs ini bisa bantu Anda untuk menghapus akun media sosial atau situs web yang sulit dihapus. Cara menggunakan Justdeleteme.com ini cukup mudah, yaitu hanya dengan klik akun yang ingin dihapus. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk masuk pada laman untuk menghapus akun di media sosial tersebut.

5 dari 5 halaman

Hapus Semua Akun di Internet

Untuk memudahkan Anda menghapus semua akun yang ada di internet, Wille Dahlbo dan Linus Unneb ck menciptakan Deseat.me. Merupakan layanan situs yang bisa menghapus jejak informasi Anda di internet. Caranya menggunakannya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan email kemudian ikuti petunjuk atau arahan dari situs tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini