Sukses

Fungsi Pasar Secara Umum, Tidak Hanya untuk Tempat Jual Beli

Fungsi pasar ini bisa sebagai tempat untuk bersosialisasi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi pasar untuk masyarakat terutama masyarakat tradisional sangat penting karena pasar merupakan tempat atau lokasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di pasar, masyarakat bisa melakukan kegiatan jugal beli atau transaksi baik dalam bentuk barang maupun jasa.

Pasar juga merupakan salah satu tempat utama dalam perputaran roda perekonomian suatu negara. Saat ini banyak jenis pasar yang ada di berbagai tempat terutama di Indonesia sendiri.

Beberapa contoh jenis pasar antara lain adalah pasar tradisional, dan pasar modern. Pasar tradisional adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dengan ditandai dengan adanya transaksi secara langsung dan pembeli bisa melakukan proses tawar-menawar.

Pasar modern contohnya seperti supermarket dan minimarket. Pasar modern tidak melakukan transaksi secara langsung. Pembeli akan melihat label harga yang sudah ditentukan atau ditempel sebelumnya dan tidak bisa ditawar, kemudian pembeli akan membayarnya di kasir dengan atau dilayani oleh pramuniaga.

Namun jenis pasar di atas tidak lepas dari fungsi pasar secara umum yaitu, tempat berlangsungnya jual beli sebuah produk berupa barang atau jasa. Pasar juga pada dasarnya merupakan sebuah tempat di mana terdapat interaksi antara dua belah pihak atau lebih yang sama-sama memiliki tujuan.

Pembeli dengan tujuan untuk mendapatkan yang dia inginkan atau butuhkan, penjual dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan dengan menjual produknya.

Di atas merupakan fungsi pasar secara umum, dan masih banyak fungsi pasar lainnya. Untuk mengetahui fungsi pasar yang lainnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai fungsi pasar dari beberapa sumber, Jumat (29/03/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tempat Distribusi

Fungsi pasar yang pertama adalah tempat distribusi. Tempat distribusi ini adalah tempat terjadinya proses pemasaran sebuah barang dari penjual ke pembeli. Pada intinya pasar menjadi jembatan antara penjual yang ingin memasarkan barangnya kepada pembeli yang mencari barang tersebut.

Penjual atau yang lebih sering disebut produsen, kan membuat barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen atau pembeli. Fungsi pasar sebagai tempat distribusi memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Produsen atau penjual akan mendapatkan keuntungan dengan menjual barangnya, pembeli atau konsumen akan merasa puas karena mendapatkan barang yang dia butuhkan.

3 dari 7 halaman

2. Pembentuk Harga

Dalam ekonomi pasar, harga merupakan ukuran nilai. Fungsi nilai untuk memecahkan masalah penentuan apa yang harus diproduksi oleh suatu perekonomian. Barang yang relatif lebih diinginkan oleh masyarakat biasanya mempunyai tingkat harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan barang yang tidak diinginkan masyarakat.

Harga juga harus sesuai dengan persetujuan dari kedua belah pihak yang melakukan transaksi jual-beli. Pasar berfungsi untuk menentukan dan menetapkan harga dengan tujuan agar semua tempat dan kalangan harga itu sama dan tentunya dengan syarat-syarat yang berlaku lainnya.

4 dari 7 halaman

3. Sarana Promosi

Fungsi pasar selanjutnya adalah tempat untuk promosi. Promosi dalam hal ini bisa berbentuk promosi sebuah jasa ataupun promosi sebuah produk. Pasar menjadi tempat yang strategis dan efektif untuk digunakan sebagai tempat promosi karena banyak orang dan kerumunan yang datang kepasar untuk mencari kebutuhan hidup mereka.

Di sini produsen menjadi lebih mudah untuk mempromosikan produk terbaru atau produk yang dimiliki kepada masyarakat. Promosi memang perlu dilakukan untuk menunjang dan meningkatkan keinginan konsumen dalam membeli sebuah barang atau jasa.

5 dari 7 halaman

4. Pembentukan Kreatifitas

Hadirnya pasar bisa menjadi tempat membentuk kreativitas bagi produsen bahkan konsumen. Mereka akan menemukan hal-hal yang baru, bisa berupa kebutuhan yang belum ada, atau barang lain yang bermanfaat lainnya.

Konsumen juga akan mendapatkan kreatifitasnya dalam membuat sesuatu karena menemukan banyak hal yang ada di pasar. Contohnya saja, konsumen menemukan banyak bahan untuk membuat sebuah makanan, dan lain sebagainya.

6 dari 7 halaman

5. Tempat Besosial

Fungsi pasar selanjutnya adalah menajadi tempat untuk bersosial. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk melakukan dan memenuhi kebutuhannya. Pasar menjadi tempat yang strategis untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak bisa mereka penuhi atau mereka buat sendiri.

Di dalam pasar juga akan terjadi sebuah komunikasi dan interaksi antara pihak penjual dan pembeli. Hal inilah yang membuat manusia menjadi lebih bersosial dan bisa berhubungan dengan orang lain.

7 dari 7 halaman

6. Mengontrol Kegiatan Ekonomi Sebuah Negara

Ekonomi adalah aspek penting dalam suatu negara. Dengan adanya pasar maka perekonomian di suatu negara tersebut dapat terkontrol dan juga dapat terjaga. Hal ini bisa terjadi karena dengan pasar, pemerintah dapat menentukan hal apa saja yang rakyatnya butuhkan.

Kemudian pasar juga bisa menjadi salah satu pemasukan negara karena pembayaran dana pajaknya. Dana pajak ini bisa digunakan untuk membangun sarana prasarana lainnya dan memajukan sebuah negara.

Itulah beberapa fungsi pasar secara umum. Pasar bukan hanya tempat terjadinya proses jual-beli barang dan jasa saja, namu juga menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, bersosialisasi, bahakan bisa menjadi tempat untuk meningkatkan daya saing dan kreatifitas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.