Sukses

7 Wisata Puncak Bogor, Wisata Alam yang Suguhkan Ketenangan Jiwa

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar kota Bogor, Anda pasti sudah tak asing dengan lokasi Puncak Bogor. Berjarak 70 km dari selatan Jakarta, wisata Puncak Bogor selalu menjadi pilihan untuk melepas penat dan memburu kedamaian. Hal ini yang menjadi jalur menuju Puncak Bogor selalu macet menjelang hari libur.

Puncak atau yang biasa dikenal dengan wisata Puncak Bogor, merupakan sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Wilayah Puncak terletak di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Ketinggian Puncak Bogor rata-rata mencapai 700-1.800 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 14-18 derajat Celcius.

Suasana pegunungan yang sejuk membuat wisata Puncak Bogor selalu menjadi primadona bagi para wisatawan. Wisata Puncak Bogor didominasi oleh wisata alam dengan udara sejuk dan segar. Jika Anda berencana menghabiskan libur akhir pekan di Puncak Bogor, Berikut pilihan wisata Puncak Bogor yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/3/2019).

2 dari 8 halaman

Taman Safari Indonesia

Taman Safari merupakan wisata Puncak Bogor yang sangat populer dan menjadi kebanggaan Indonesia. Terletak di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Taman Safari memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka, seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya.

Taman Safari ini sudah berstandar Internasional, lho. Di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

3 dari 8 halaman

Taman Bunga Nusantara

Meski masuk dalam wilayah adminstratif kabupaten Cianjur, Taman Bunga Nusantara tak boleh terlewatkan jika Anda berada di kawasan Puncak. Di sini Anda bisa melihat keindahan beragam jenis bunga yang terdapat pada taman seluas 35 hektare ini.

Sejumlah taman dari berbagai daerah di Tanah Air dapat Anda kunjungi di sini. Selain itu Taman Bunga Nusantara memiliki maze yang akan membuat Anda bingung untuk mencari jalan keluarnya. Beberapa taman juga sangat tematik dengan beberapa patung-patung yang terbentuk dari beberapa tanaman yang terus menerus tumbuh.

Taman Bunga Nusantara berada di Jl. Mariwati KM.7 Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

4 dari 8 halaman

Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari mengusung konsep rekreasi dan edukasi pada tiap wahananya. Taman ini menyediakan wahana permaianan seru dengan fasilitas yang sangat memadai. Mulai dari wahana permaianan air seperti waterpark, arung jeram, paddle boat, sepeda air, perahu naga, dan permainan seru lainnya.

Tak hanya pemainan air yang seru, di sini juga tersedia wahana petualangan seperti ATV, Flying Fox, rumah hantu, kereta safari, green car, dan masih banyak lagi. Selain itu, di sini juga tersedia wisata edukasi yang sangat bermanfaat seperti dino park, citra play land, taman lalu lintas, taman satwa, agro sayur, agro sawah, dan wahana lainnya.

Taman Wisata Matahari terletak di Jalan Puncak Km 77, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Taman Wisata Matahari ini cocok bagi Anda yang ingi berlibur bersama keluarga.

5 dari 8 halaman

Little Venice Kota Bunga

Tak perlu jauh-jauh ke Italia untuk merasakan suasana Venice, Di Puncak Bogor Anda sudah dapat merasakannya. Wisata Pucak Bogor ini memang dibuat menyerupai Kota Venesia mini.

Little Venice memiliki bangunan-bangunan khas Eropa lengkap dengan aliran sungai, jembatan, dan gondola ala Venice, Italia. Little Vennice berlokasi di Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

6 dari 8 halaman

Telaga Warna

Telaga warna merupakan wisata Puncak Bogor yang sayang jika Anda lewatkan jika berada di Puncak. Telaga Warna menawarkan keindahan telaga yang sejuk dan asri.

Telaga ini dapat berubah warna dengan sendirinya setiap saat. Terkadang hijau menyatu dengan warna pepohonan yang mengelilinginya, bahkan menjadi cokelat, kuning gelap hingga kuning terang.

Secara ilmiah, perubahan warna itu disebabkan oleh ganggang di telaga. Tumbuhan jenis algae ini bisa berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun turut terlihat berubah warna.

Keistimewaan lainnya, di tempat ini terdapat berbagai jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti paku tiang, rame, dan rotan. Wisatawan juga bisa menemui beraneka jenis satwa yang hidup di dalam kawasan cagar alam seluas 268,25 hektare.

7 dari 8 halaman

Bukit Gantole Puncak

Bukit Gantole Puncak dikenal sebagai wisata Puncak Bogor dengan aktivitas olahraga ekstrem seperti paralayangnya. Dengan membayar tarif yang ditentukan, Anda bisa melakukan paragliding dari ketinggian puncak Bogor selama 10 menit, Selama mengudara Anda juga bisa sambil selfie, lho.

Paralayang bukit Gantole terletak di Jalan Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak. Tak hanya paralayang, di sini Anda bisa bersantai menikmati udara puncak bebas polusi sekaligus menikmati pemandangan kota Bogor dari ketinggian.

8 dari 8 halaman

Curug Kembar

Jika Anda suka petualangan, Curug Kembar perlu masuk di daftar wisata Puncak bogor Anda. Pasalnya untuk menuju air terjun ini Anda perlu menyusuri hutan pinus dengan jalannya yang cukup terjal. Namun, soal pemandangan, Anda pasti tak akan menyesal.

Curug Kembar merupakan kawasan Perhutani yang banyak ditanami tumbuhan kopi. Curug ini dinamakan Curug Kembar karena memiliki dua aliran yang berbeda dan jatuh di kolam yang sama.

Kolam Curug Kembar tidak terlalu dalam, hanya sekitar 30 hingga 50 sentimeter saja. Kolam ini sangat cocok untuk bermain bagi anak-anak atau wistawan yang kurang mahir berenang. Apalagi di dasarnya terdapat batuan yang warna-warni yang bisa dijadikan obyek foto menarik untuk feed Instagram Anda.

Loading