Sukses

8 Cara Merawat Kesehatan Mulut yang Jarang Diketahui, Bisa dengan Permen Karet

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat kesehatan mulut ternyata sederhana dan masih jarang diketahui. Sekarang ini, semakin banyak orang yang peduli dengan perawatan bagian mulutnya. Merawat bagian mulut adalah kewajiban masing-masing orang jika ingin bersih dan terhindar dari penyakit.

Banyak orang dari yang tua sampai yang muda mulai rutin memeriksakan kesehatan mulutnya ke dokter. Apalagi ada juga masa di mana pemasangan kawat gigi menjadi sangat populer di kalangan anak muda. Meskipun banyak juga yang melakukannya hanya buat gaya-gayaan.

Tetapi hal-hal tersebut setidaknya membuat mengerti bahwa orang sekarang telah peduli terhadap kesehatan mulut dan giginya. Hal positif ini tentu saja akan sia-sia bila di kehidupan sehari-hari kamu tidak menjaga kesehatan mulutmu. Paling tidak, cara merawat kesehatan mulut ini sudah dilakukan.

Biasanya untuk perawatan gigi sehari-hari, kamu hanya akan menyikat gigi saja tanpa melakukan perawatan-perawatan lainnya. Padahal banyak juga hal-hal sederhana yang dapat dilakukan selain sekadar menyikat gigi. 

Tidak melulu sikat gigi dan berkumur-kumur saja untuk menjaga kesehatan mulutmu,ada beberapa cara merawat kesehatan mulut yang jarang diketahui. Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/3/2019), berikut cara merawat kesehatan mulut.

 

2 dari 5 halaman

8 Cara Merawat Kesehatan Mulut

1. Berkumur-kumur dengan Mouthwash

Setelah selesai menyikat gigi, jangan lupa lengkapi dengan mouthwash yang mengandung antiseptik. Hal ini berguna untuk melindungi gigi kamu dari plak. Sedangkan untuk mulut yang sedang bermasalah seperti masalah pada gusi, kamu dapat menggunakan mouthwash yang mengandung antibiotik.

2. Kerok Lidah

Dengan berkumur-kumur saja tidak akan menghilangkan kotoran dari lidah. Padahal permukaan lidah memiliki celah-celah yang tentunya perlu dibersihkan.

Oleh karena itu, kamu dapat membersihkannya dengan cara mengerok permukaan lidah menggunakan sikat gigi atau alat khusus untuk mengerok lidah.

3 dari 5 halaman

8 Cara Merawat Kesehatan Mulut

3. Mengunyah Permen Karet

Tidak disangka, ternyata permen karet berguna buat kesehatan gigi. Mengunyah permen karet berguna untuk pembersihan secara mandiri pada gigi.

Permen karet dapat membersihkan sisa makanan dan plak pada permukaan gigi. Kunyahan permen karet akan merangsang peningkatan produksi saliva sehingga mulut menjadi tidak kering dan bau mulut berkurang.

Namun permen karet ibarat pedang bermata dua. Kandungan gula pada permen karet dapat pula merusak gigi, jadi dianjurkan untuk menggosok gigi setelah mengunyahnya.

4. Batasi Wine, Kopi dan Teh

Kandungan yang terdapat pada teh dan kopi bisa mengubah warna lapisan luar gigi. Sedangkan pewarna pada wine, sirup atau minuman bersoda lainnya juga dapat menimbulkan noda pada gigi.

Apalagi pada permukaan gigi yang kasar karena plak atau anatomi gigi yang tidak rata, hal tersebut akan menyebabkan noda akan mudah terbentuk. Hal ini dapat dicegah dengan minum menggunakan sedotan dan membatasi konsumsi wine, kopi, dan teh setidaknya menjadi 1-2 gelas saja per hari.

4 dari 5 halaman

8 Cara Merawat Kesehatan Mulut

5. Menggunakan Dental Floss, Bukan Tusuk Gigi

Kalau biasanya kamu menggunakan tusuk gigi setelah makan, sebaiknya mulai sekarang menghindarinya. Gunakanlah dental floss atau benang gigi.

Selesai menikmati makanan, biasanya ada sebagian makanan yang menghuni celah-celah gigi. Keadaan ini dapat mengganggu dan jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan gigi rusak.

Dental floss akan meminimalkan terjadinya gesekan dan benturan pada gigi dan gusi. Sebaliknya penggunaan tusuk gigi memungkinkan terjadinya pergeseran gigi dan melukai gusi sehingga membuat gusi berdarah dan infeksi.

6. Hindari Penggunaan Pemutih Gigi

Ternyata penggunaan pemutih gigi memiliki dampak negatif juga. Biasanya setelah penggunaan pemutih tersebut, gusi akan menjadi lebih sensitif.

Jadi sebelum melakukan pemutih gigi, kamu wajib mengecek apakah gusimu sehat dan aman untuk melakukan prosedur tersebut.

5 dari 5 halaman

8 Cara Merawat Kesehatan Mulut

7. Tidak Merokok

Mulut yang memang bersentuhan langsung dengan rokok, memiliki banyak sekali kerugian dengan hisapan rokokmu.

Asap panas rokok akan mengurangi produksi ludah yang menyebabkan bau mulut, menyebabkan mulut menjadi kering dan menjadikan kondisi mulut menjadi tempat yang nyaman untuk berkembang biaknya bakteri.

Selain itu, dengan merokok akan terjadi perubahan warna gusi gigi dan bibir menjadi lebih gelap, karies gigi mudah terbentuk, meningkatkan risiko kanker mulut, dan mulut jadi beraroma rokok. Dengan banyaknya kerugian dalam merokok khusunya pada mulut, sebaiknya kamu tidak merokok untuk kesehatan gigi dan mulutmu.

8. Membatasi Konsumsi Gula dan Asam

Karbohidrat sederhana yang terkandung dalam makanan seperti permen, cokelat, atau soft drink adalah kandungan yang sangat disenangi bakteri.

Bakteri akan membuat plak yang akan mengubah gula menjadi asam. Asam dapat mengikis enamel gigi dan membuat gigi berlubang.

Loading