Sukses

Teknologi Ini Bikin Ayah Dapat Menyusui, Makin Dekat dengan Buah Hati

"Asisten Pengasuh Ayah" dapat membantu ayah menyusui bayi menggantikan sang istri

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orang tua, yang baru saja memiliki anak tentu sebuah hal baru yang cukup sulit. Apalagi saat bayi baru lahir membutuhkan semua waktu dan perhatian orang tua. Dalam keadaan seperti ini, mereka sampai lupa tidur, dan makan. 

Ayah sekarang mengambil lebih banyak tugas pengasuhan anak, sehingga beban emosional dan fisik dari perubahan hidup yang ekstrem seperti itu dibagi daripada jatuh hanya di pundak ibu.

Dan bahkan jika kedua orang tua berusaha saling mendukung dengan membagi tanggung jawab mereka secara adil, beberapa hal, seperti melahirkan dan menyusui, secara alami ditugaskan.

Tapi ada teknologi baru yang dapat membuat seoarang ayah bisa menyusui. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/03/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asisten Pengasuh Ayah

Perusahaan Jepang Dentsu memberikan alat yang menjanjikan untuk mengubah masa depan menyusui bagi para ayah yang ingin berbagi semua tugas pengasuhan anak. Teknologi ini diharapkan membantu membentuk ikatan khusus ayah dengan anak sejak usia dini.

"Asisten Pengasuh Ayah" memulai diluncurkan di Austin, Texas pada festival South by Southwest (SXSW) awal bulan ini dan memungkinkan laki-laki untuk menyusui anak-anak. "Asisten Pengasuh Ayah", yang masih menjadi konsep saat ini dipresentasikan di SXSW sebagai bagian dari proyek "Pointless Brings Progress" milik Dentsu Group.

Perangkat yang menarik ini pada dasarnya adalah tangki susu yang bisa dipakai dalam bentuk payudara wanita. Salah satu payudara mengandung susu atau formula dan yang lainnya - sistem menyusui dengan puting silikon, memungkinkan kontak ayah-bayi yang mirip dengan yang dimiliki anak dengan ibunya.

Teknologi dipanaskan dan bergetar untuk mendorong tidur dan memiliki sensor yang melacak perilaku menyusui dan tidur anak dan mengirimkan data ke aplikasi di smartphone Anda.

 

3 dari 3 halaman

Ide dari Fakta Waktu Bayi dengan Ayah Minim

Dentsu adalah organisasi lintas fungsi yang misinya memanfaatkan berbagai metode, teknologi, dan pengalaman untuk mengubah perasaan dan perilaku orang yang hidup di era digital.

Dengan Asisten Perawat Ayah, yang dikembangkan dengan bantuan dokter anak dan pengasuh anak, perusahaan ingin mendorong para ayah untuk mengambil bagian aktif dalam pengasuhan anak yang penuh tekanan yang biasanya diperuntukkan bagi para ibu dan meningkatkan jumlah tidur bayi yang didapat.

“Jumlah waktu bayi di Jepang habis untuk tidur lebih pendek dari seluruh dunia. Sebagian besar masalah menyangkut dan terkait dengan pengasuhan anak terkait dengan makan dan tidur, dan umumnya tingkat partisipasi ayah cenderung rendah".

"Menyusui juga efektif untuk membantu orang tua tidur - Manfaat yang saat ini condong ke perempuan. Berfokus pada menyusui, kami menyarankan untuk mengurangi jumlah pada ibu dan meningkatkan jumlah waktu tidur bayi dengan memungkinkan ayah untuk merawat, ”- Dentsu menegaskan dalam siaran pers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini