Sukses

Jadwal Piala Presiden 2019, yang Mana Klub Favoritmu?

Piala Presiden makin memanas, siapa yang akan lolos 8 besar?

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi resmi Indonesia yakni Liga 1 baru akan bergulir 8 Mei 2019. Oleh sebab itu ada turnamen pemanasan yakni Piala Presiden. Piala Presiden ini sudah ada sejak 2015. Awal bergulirnya Piala Presiden ini bertujuan untuk ajang persiapan klub jelang dimulainya Liga 1. Piala Presiden diikuti oleh klub yang bermain di kasta tertinggi liga Indonesia dan juga klub yang promosi setelah masuk 3 besar di Liga 2.

Seiring berjalannya waktu, awalnya Piala Presiden hanya sebagai ajang seleksi pemain, kini Piala Presiden malah menjadi turnamen bergengsi di Indonesia yang patut diperhitungankan. Alasan di balik diperhitungkannya Piala Presiden ialah money prize yang didapatkan tiap klub yang bertanding.

Di tiap pertandingan akan ada money prize 200 juta, dengan rincian yang menang mendapat 125 juta dan kalah mendapatkan 75 juta. Apabila seri maka klub yang bermain mendapatkan dana masing-masing 100 juta.

Melihat banyaknya money prize yang diperoleh, maka tiap klub yang berpartisipasi ngotot ingin menang. Hadiah yang didapatkan sang juara pun sangat menggiurkan yakni Rp 3,3 miliar. Di edisi pertama gelaran Piala Presiden tahun 2015 juaranya ialah Persib Bandung.

Lalu ditahun 2017 juaranya Arema FC, dan di gelaran terakhir Piala Presiden yakni tahun 2018 ialah Persija Jakarta. Kini Piala Presiden 2018 makin memanas setelah loloskan 8 klub ke 8 besar. Bahkan Kalteng Putra sudah mengantongi tiket semifinal Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Persija lewat drama adu pinalti.

Kini tinggal menyisakan 3 pertandingan lagi untuk memastikan tiket semifinal Pial Presiden 2019. 6 Klub yang akan bertanding ialah Persebaya Surabaya, Tira-Persikabo, Bhayangkara FC, Arema FC, Persela, dan Madura United. Keenam tim tersebut akan saling sikut untuk pastikan lolos semifinal Piala Presiden 2019. Adapun jadwal Piala Presiden 2019, sudah dirangkum Liputan6.com, Jumat (29/03/2019) sebagai berikut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persebaya Vs Tira Persikabo

Big match akan terjadi di Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Jumat (29/03/2019) mempertemukan Persebaya Surabaya melawan Tira Persikabo. Pertandingan ini akan diadakan sore hari pada pukul 15.30 WIB. Pertandingan antara Persebaya vs Tira Persikabo ini diperkirakan akan memanas.

Persebaya diprediksi akan tampil ngotot karena bermain di hadapan suporternya sendiri di Surabaya. Djajang Nurjaman akan waspadai taktik dari Rahmad Darmawan pelatih Tira Persikabo. Djajang bahkan sudah menyiapkan latihan khusus adu penalti. Hal ini dilakukan karena diprediksi pertandingan akan sangat ketat. Djajang enggan meremehkan Tira Persikabo yang terbukti memiliki kualitas pemain yang juga bagus-bagus.

Persebaya diuntungkan dengan pemain yang baru saja kembali dari Timnas Indonesia yakni Hansamu Yama dan Ruben Sanadi. Seperti diketahui keduanya ialah pilar inti Persebaya di pertahanan. Untuk striker Amido Balde masih diandalkan, selain itu pemain tengah yakni Damian Lizio dan Manu Dzalilov siap buat kocar kacir pertahanan lawan.

Pemain Persebaya yang absen hanya Rahmat Irianto saja, karena belum bergabung dengan tim pasca mengikuti turnamen kualifikasi Piala Asia U23 bersama timnas.

Sementara di kubu Tira Persikabo mengandalkan striker naturalisasi, Osas Saha. Osas Saha terbukti mampu bawa Tira Persikabo lolos dari grup di Piala Presiden 2019. Juru taktik Rahmad Darmawan mengakui Persebaya adalah tim bagus. Oleh sebab itu kedisiplinan perlu dimiliki Tira Persikabo. Tira Persikabo tidak diperkuat Andi Setyo dan Dimas Drajad karena mengikuti agenda timnas u22.

3 dari 4 halaman

Bhayangkara FC Vs Arema FC

Pertandingan antara Bhayangkara FC melawan Arema FC juga tidak kalah seru. Rencananya big match ini akan diselenggarakan pada 30 Maret 2019 di stadion Candrabhaga, Bekasi.

Duel Bhayangkara FC dan Arema akan sajikan duel panas kepintaran dua manajer baru musim ini. Bhayangkara dengan kejeniusan Alfredo Vera dan Arema dengan pelatih penuh pengalaman, Milomir Seslija. 

Baik Alfredo ataupun Milo, akan janjikan saling menyerang. Alfredo memiliki akan mengandalkan striker Dendy Sulistiyawan. Sebenarnya di pertandingan besok Sabtu, lebih menguntungkan Arema, karena banyak pemain Bhayangkara yang masih kelelahan pasca membela Timnas u23 di ajang kualifikasi Piala Asia u23. Pemain Bhayangkara yang kemungkinan absen ialah Awan Setho, Sani Rizki, Nurhidayat dan Bagas Adi.

Hal ini menguntungkan Arema FC. Arema FC hanya tidak diperkuat Hanif Sjahbandi saja. Coach Milo akan percayakan lini serang Arema pada striker tim nasional Indonesia yakni Dedik Setiawan.

Makan Konate juga menjadi kunci lini tengah Arema FC dalam membongkar pertahanan Bhayangkara. Duel ini dipastikan sangat seru dan tidak bisa diprediksi siapa pemenangnya, karena sama kuat.

4 dari 4 halaman

Persela Vs Madura United

Klub bertabur bintang Madura United akan bertemu dengan Persela Lamongan di 8 besar Piala Presiden 2018. Duel Madura United vs Persela ini akan diadakan di stadion Surajaya Lamongan pada hari Minggu 31 Maret 2019. Pertandingan ini akan jadi adu taktik dua pelatih hebat. Madura United yang dilatih Dejan Antonic melawan Aji Santoso yang melatih Persela Lamongan.

Madura United yang sudah memiliki banyak bintang di skuadnya, masih diragukan penampilannya. Hal ini dikarenakan penampilan kurang menjanjikan Madura United di fase grup Piala Presiden 2019. Madura United hanya tempati posisi dua terbaik untuk lolos ke babak 8 besar. Nama-nama pemain top misal Andik, Greg, Rakic hingga Zulfiandi belum bisa menunjukan kekopakan tim. 

Belum kompaknya Madura United, coba dimanfaatkan Persela Lamongan. Persela Lamongan mengandalkan pemain tengah bernama Kei Hirose. Hirose dinilai punya mobilitas tinggi atur lini tengah Laskar Joko Tingkir.

Selain Hirose, Aji Santoso juga mengandalkan Jose Sardon. Duet Hirose dan Sardon dinilai mampu menembus pertahanan Madura yang digalang dua pintu pertahanan yakni Jaimerson dan Fachrudin Ariyanto. Duel Persela melawan Madura United ini diprediksi akan lahirkan jual beli serangan.

Itulah jadwal Piala Presiden 2019 di babak 8 besar. Melihat ketatnya persaingan lolos semifinal, sehingga sulit dilakukan prediksi siapa saja yang akan menang. Jadi menurut kamu, siapa saja yang akan lolos ke Semifinal menemani Kalteng Putra? Patut ditunggu hasil pertandingannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.