Sukses

10 Fungsi Minyak Zaitun Bagi Tubuh, Terbukti Secara Ilmiah

Fungsi minyak zaitun sudah banyak dipercaya untuk meningkatkan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi minyak zaitun sudah banyak dipercaya untuk meningkatkan kesehatan. Minyak zaitun digunakan dalam campuran makanan hingga produk kecantikan karena kandungannya yang luar biasa.

Minyak zaitun mengandung vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak ak jenuh) phenolic, serta zat besi yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Fungsi minyak zaitun sering dikaitkan sebagai pengganti minyak kelapa atau minyak minyak dengan kadar lemak jenuh tinggi.

Fungsi minyak zaitun juga memiliki andil dalam kesehatan kulit. Tak jarang minyak zaitun kerap digunakan sebagai bahan produk kecantikan mulai dari kulit,rambut dan badan.

Fungsi minyak zaitun memang sangat baik bagi kesehatan terutama jenis extra virgin. Berikut fungsi minyak zaitun bagi kesehatan yang telah didukung oleh penelitian ilmiah, dilansir Liputan6.com dari Healthline, Jumat (29/3/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Minyak Zaitun Kaya Lemak tak jenuh tunggal yang sehat

Minyak zaitun adalah minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun, buah dari pohon zaitun. Sekitar 14% dari minyak zaitun adalah lemak jenuh, sedangkan 11% adalah tak jenuh ganda, seperti omega-6 dan asam lemak omega-3.

Tetapi asam lemak utama dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang membentuk 73% dari total kandungan minyak. Studi menunjukkan bahwa asam oleat mengurangi peradangan dan bahkan mungkin memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.

Lemak tak jenuh tunggal juga cukup tahan terhadap panas tinggi, membuat minyak zaitun extra virgin menjadi pilihan sehat untuk memasak.

3 dari 11 halaman

Antioksidan dan Antiinflamasi yang Kuat

Terlepas dari asam lemaknya yang bermanfaat, minyak zaitun juga sarat dengan antioksidan kuat. Antioksidan ini aktif secara biologis dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Fungsi minyak zaitun juga memerangi peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah Anda dari oksidasi yang merupakan dua manfaat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Peradangan kronis dianggap sebagai pendorong utama penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, Alzheimer, radang sendi dan bahkan obesitas. Minyak zaitun extra-virgin dapat mengurangi peradangan, yang mungkin menjadi salah satu alasan utama untuk manfaat kesehatan.

Efek anti-inflamasi utama dimediasi oleh antioksidan. Kunci di antara mereka adalah oleocanthal, yang telah terbukti bekerja mirip dengan ibuprofen, obat anti-inflamasi. Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa oleocanthal dalam 3,4 sendok makan (50 ml) minyak zaitun extra virgin memiliki efek yang sama dengan 10% dari dosis dewasa ibuprofen.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asam oleat, asam lemak utama dalam minyak zaitun, dapat mengurangi kadar penanda inflamasi penting seperti C-reactive protein (CRP). Satu studi juga menunjukkan bahwa antioksidan minyak zaitun dapat menghambat beberapa gen dan protein yang mendorong peradangan.

4 dari 11 halaman

Cegah Stroke

Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak , baik karena gumpalan darah atau pendarahan. Di negara maju, stroke adalah penyebab kematian paling umum kedua, tepat di belakang penyakit jantung. Hubungan antara fungsi minyak zaitun dan risiko stroke telah dipelajari secara luas.

Sebuah tinjauan besar studi di 841.000 orang menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan pengurangan risiko stroke dan penyakit jantung. Dalam ulasan lain, dari 140.000 peserta, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak.

5 dari 11 halaman

Cegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Studi pengamatan yang dilakukan beberapa dekade lalu menunjukkan bahwa penyakit jantung lebih jarang terjadi di negara-negara Mediterania.

Hal ini menyebabkan penelitian yang luas pada makanan penduduk Mediterania, yang sekarang telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu bahan utama dalam makanan penduduk mediterania. Minyak zaitun mampu mencegah resiko penyakit jantung dalam beberapa cara.

Fungsi minyak zaitun mampu menurunkan peradangan, melindungi kolesterol jahat "LDL" dari oksidasi, meningkatkan lapisan pembuluh darah dan dapat membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan.

Menariknya, minyak zaitun juga terbukti menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk penyakit jantung dan kematian dini. Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun mengurangi kebutuhan akan obat tekanan darah sebesar 48%.

Lusinan studi menunjukkan bahwa minyak zaitun extra virgin memiliki manfaat kuat untuk jantung. Jika Anda memiliki penyakit jantung, riwayat keluarga penyakit jantung atau faktor risiko utama lainnya, Anda mungkin perlu memasukkan banyak minyak zaitun extra virgin ke dalam olahan makanan Anda.

6 dari 11 halaman

Tak buat gemuk

Makan terlalu banyak lemak menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, banyak penelitian telah mengaitkan makanan Mediterania, kaya akan minyak zaitun, dengan efek yang menguntungkan pada berat badan.

Dalam studi 30 bulan di lebih dari 7.000 mahasiswa Spanyol, mengkonsumsi banyak minyak zaitun tidak terkait dengan peningkatan berat badan.

Selain itu, satu studi tiga tahun pada 187 peserta menemukan bahwa makanan yang kaya akan minyak zaitun dikaitkan dengan peningkatan kadar antioksidan dalam darah, serta penurunan berat badan.

7 dari 11 halaman

Memerangi Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah kondisi neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Salah satu fitur utamanya adalah penumpukan plak beta-amiloid di dalam sel-sel otak.

Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa suatu zat dalam minyak zaitun dapat membantu menghilangkan plak ini. Selain itu, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa makanan Mediterania yang kaya akan minyak zaitun bermanfaat bagi fungsi otak. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang dampak minyak zaitun pada penyakit Alzheimer.

8 dari 11 halaman

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Minyak zaitun dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah mengaitkan minyak zaitun dengan efek menguntungkan pada gula darah dan sensitivitas insulin.

Sebuah uji klinis acak pada 418 orang sehat baru-baru ini mengkonfirmasi efek perlindungan dari minyak zaitun. Dalam studi ini, makanan Mediterania yang kaya akan minyak zaitun mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga lebih dari 40%.

9 dari 11 halaman

Sifat Anti-Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian paling umum di dunia. Orang-orang di negara-negara Mediterania memiliki risiko lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker, dan banyak peneliti percaya bahwa minyak zaitun menjadi alasannya.

Antioksidan dalam minyak zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, yang diyakini sebagai pendorong utama kanker. Banyak penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam minyak zaitun dapat melawan sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah minyak zaitun dapat mengurangi risiko kanker.

10 dari 11 halaman

Mengobati Rheumatoid Arthritis

Artritis reumatoid adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan persendian yang cacat dan nyeri. Meskipun penyebab pastinya belum dipahami dengan baik, penyakit ini membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel normal secara tidak sengaja.

Suplemen minyak zaitun mampu meningkatkan penanda inflamasi dan mengurangi stres oksidatif pada individu dengan rheumatoid arthritis. Minyak zaitun sangat bermanfaat bila dikombinasikan dengan minyak ikan yang merupakan sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi.

Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun dan minyak ikan secara signifikan meningkatkan kekuatan genggaman tangan, nyeri sendi, dan kekakuan di pagi hari pada orang dengan rheumatoid arthritis.

11 dari 11 halaman

Sifat Antibakteri

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya. Salah satunya adalah Helicobacter pylori, bakteri yang hidup di perut dan dapat menyebabkan tukak lambung dan kanker perut.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun extra virgin mampu melawan delapan jenis bakteri ini, tiga di antaranya resisten terhadap antibiotik. Sebuah studi pada manusia menunjukkan bahwa 30 gram minyak zaitun extra virgin, diminum setiap hari, dapat menghilangkan infeksi Helicobacter pylori pada 10–40% orang hanya dalam waktu dua minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini