Sukses

7 Wisata Baturaden, Kawasan dengan Destinasi Alam yang Mengagumkan

Wisata Baturaden menjadi kawasan yang penuh dengan destinasi wisata yang sangat indah karena alamnya.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Baturaden sudah sangat terkenal di Indonesia. Dengan banyaknya destinasi alam yang begitu indah dan sejuk, dapat membuat pikiran menjadi tenang dan nyaman.

Kawasan Baturaden yang terletak di Kabupaten Banyumas ini, menyimpan banyak sekali potensi wisata. Alamnya yang sangat indah, membuat setiap sudut kawasan ini seakan-akan tak ada habisnya untuk dikunjungi wisatawan.

Posisi wisata Baturaden yang berada di sisi selatan lereng Gunung Slamet ini, menjadi keuntungan untuk potensi wisata alamnya. Ada banyak curug atau air terjun dan telaga. Bahkan wisata modern yang digabungkan dengan alamnya menjadi destinasi favorit.

Dengan banyaknya wisata Baturaden yang begitu mempesona ini, kamu harus tahu destinasi wisata alam yang dimiliki Baturaden seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/3/2019). Yuk kunjungi wisata Baturaden!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Baturaden yang Wajib Dikunjungi

1. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden adalah destinasi yang sudah sangat populer sekarang ini. Wisata Baturaden satu ini memadukan konsep wisata alam dengan wisata modern, yang akan sangat cocok dikunjungi oleh setiap kalangan dari berbagai umur.

Hanya berjarak 15 kilometer dari pusat Kota Purwokerto, banyak yang mengunjungi Lokawisata Baturaden ini bersama keluarga. Hal ini terjadi karena memang banyak fasilitas dan wahana yang disediakan untuk rekreasi keluarga, khususnya anak-anak. Walaupun begitu, buat anak muda juga banyak spot untuk berfoto yang sangat indah di sini.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet, membuat hawa di Lokawisata Baturraden terasa sejuk. Beberapa wahana rekreasi yang ada di dalam Lokawisata Baturraden, antara lain kolam renang dengan papan seluncur, sepeda air, air terjun, dan pemandian air panas belerang.

2. Telaga Sunyi

Wisata Baturaden yang selanjutnya adalah Telaga Sunyi. Berjarak sekitar 2,8 kilometer dari Lokawisata Baturaden, Telaga Sunyi berada di suatu kawasan yang sunyi, sesuai dengan namanya.

Destinasi wisata alam ini akan sangat cocok bagi kamu yang ingin bersantai dengan nyaman, melarikan diri dari keramaian kota. Telaga ini memiliki panorama alam yang sangat indah, udara pegunungan yang sejuk, ditambah pohon-pohon besar yang rindang membuat kamu bakal betah berlama-lama di sini.

Telaga sunyi memiliki kedalaman hingga 3 meter. Gemericik air yang mengalir serta air telaga yang jerni,h akan menggoda siapa saja yang datang untuk segera menceburkan diri dan berenang di telaga ini.

3 dari 4 halaman

Wisata Baturaden yang Wajib Dikunjungi

3. Curug Telu

Wisata Baturaden selanjutnya yaitu Curug Telu. Seperti Telaga Sunyi yang diberikan nama begitu karena memang kawasannya yang sunyi, Curug Telu ini juga merupakan sebuah nama dengan arti secara harfiah, karena memiliki 3 air terjun dalam satu tempat.

Meski ketiganya tidak sama besar, namun secara kasat mata curug ini memang tampak dialiri oleh 3 air terjun sekaligus. Curug ini merupakan sumber dari Curug Bidadari yang letaknya juga tidak jauh dari sini.

Curug Telu memiliki pemandangan yang indah dan hawa khas pegunungan yang masih sejuk, air curugnya pun jernih. Pengunjung yang datang kemari biasanya menghabiskan waktu di curug ini dengan berenang, main air, berfoto mengabadikan momen, dan memancing. Jalur menuju curug yang terbilang mudah membuat curug ini semakin banyak didatangi oleh pengunjung.

4. Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger ini merupakan wisata Baturaden yang memiliki panorama alam indah dan menyuguhkan pengetahuan tentang kesenian tradisional. Di sini pengunjung bisa menyaksikan berbagai hiburan kesenian menarik, seperti Ebeg atau kuda lumping, Siteran, Begalan, Rengkong, wayang kulit khas Banyumasan, Lengger Calung, dan juga orkes melayu.

Selain menikmati beraneka hiburan kesenian, pengunjung bisa berkeliling menyusuri situs peninggalan sejarah yang ada. Seperti rel lori dan Waduk Ketenger yang merupakan peninggalan jaman penjajahan.

Memancing atau berkeliling menikmati keindahan alam di sekitar desa juga jadi pilihan menarik di desa ini. Wisata Baturaden ini selain terkenal dengan hiburan keseniannya, juga memiliki kekayaan alam berupa curug seperti curug gede dan curug kembar.

Sebagai pelengkap liburan, cobalah cicipi berbagai makanan khas desa seperti mendoan, pecel, nopia, badeg, dan lainnya. Sebagai kenang-kenangan, cinderamata berupa kerajinan logam dan seni lukis dengan media kaca jangan lupa dibawa pulang.

Desa Wisata Ketenger ini menyediakan paket wisata yang begitu lengkap untuk dinikmati, apalagi bersama keluarga.

4 dari 4 halaman

Wisata Baturaden yang Wajib Dikunjungi

5. Curug Bidadari

Curug Bidadari ini merupakan wisata Baturaden yang masih jarang dikunjungi. Bukan karena tidak terkenal atau tidak terlalu menarik, tapi karena tempatnya yang cukup tersembunyi.

Curug Bidadari ini akan sangat cocok untuk orang yang hobi bertualang. Jalur perjalanan ke Curug Bidadari ini tergolong lumayan menantang. Di perjalanan, kamu akan ditemani oleh suasana pegunungan dan pepopohan yang sejuk dan rindang.

Salah satu hal yang menjadi ciri khas curug yang terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden ini adalah memiliki pintu masuk yang bentuknya menyerupai gua.

Letaknya tidak jauh dari Curug Telu yang telah terkenal di kalangan wisatawan. Suasana sunyi di curug ini turut menjadi nilai lebih yang dimiliki selain pemandangannya yang indah serta air yang jernih.

6. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden ini hanya berjarak 14 kilometer dari Kota Purwokerto. Salah satu wisata Baturaden ini tidak akan sulit ditemukan, karena lokasinya juga searah dengan Lokawisata Baturaden.

Tempat ini selain sebagai tempat rekreasi, juga merupakan wisata edukasi. Di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman seperti Liliana, Perdu, tanaman merambat, Anggrek, hingga pepohonan besar.

Fasilitas hiburan seperti wahana permainan sederhana untuk anak-anak juga tersedia di sini, sehingga kebun raya ini cocok sekali dijadikan tempat piknik bersama keluarga di hari libur.

Pemandangan di sekitar kebun dengan tanaman yang ditata rapi menjadikannya latar yang cocok untuk berselfie ria bersama keluarga.

7. Curug Bayan

Wisata Baturaden yang terakhir adalah Curug Bayan. Memang salah satu ciri khas Baturraden adalah memiliki banyak objek wisata alam berupa air terjun atau biasa disebut curug.

Curug Bayan ini tergolong aman bagi segala usia, karena cukup dangkal dan arusnya pun tidak begitu kuat. Curug ini cocok dijadikan destinasi wisata alam bersama keluarga.

Menariknya lagi, di sekitar lokasi Curug Bayan terdapat dam Jepang dan jembatan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh. Keduanya membuat pemandangan yang ada di curug ini semakin menawan. Di sini kamu dapat menikmati suasana tinggal di pedesaan dengan suara gemericik air curug yang mengalir setiap saat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini