Sukses

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal, Dilengkapi Pengertiannya

Kamu yang sedang menyelesaikan skripsi pasti ingin tahu cara menulis daftar pustaka dari jurnal kan?

Liputan6.com, Jakarta Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi semua buku atau tulisan ilmiah yang menjadi suatu rujukan dalam melakukan sebuah penelitian atau menjadi rujukan dalam membuat sebuah tulisan. 

Sumber daftar pustaka bisa berasal dari berbagai media seperti buku, makalah, internet hingga jurnal. Nama lain dari daftar pustaka adalah sumber pustaka, rujukan, referensi, atau pranala.

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal perlu kamu perhatikan mulai dari penulisan judul bukunya, nama penerbit, penulis, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar terdapat kejelasan dari sumber jurnal yang kamu ambil sebagai referensi tulisan atau penelitianmu, sehingga dapat di buktikan atau dapat di pertanggung jawabkan.

Jika kamu salah menuliskan daftar pustaka, bisa saja kamu kesulitan untuk membuktikan teori yang kamu gunakan dalam penelitian atau tulisanmu. Bahkan lebih parahnya, kamu bisa dianggap mencuri ide seseorang dan melanggar hak asasi mereka.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang harus kamu perhatikan sesuai dengan kaidah-kaidah yang sudah ditentukan secara baik dan benar, Jumat (29/03/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Jurnal dan Jenisnya

Sebelum menuju cara menulis dafta pustaka dari jurnal, alangkah baiknya kamu ketahui dahulu apa itu jurnal dan juga jenis-jenisnya.

1. Pengertian Jurnal

Jurnal adalah tulisan khusus yang membuat sebuah artikel suatu bidang ilmu tertentu. Biasanya jurnal juga dikeluarkan oleh seseorang yang berkompeten dibidangnya hingga diterbitkan oleh suatu instansi atau lembaga.

Jurnal juga bisa diartikan sebagai buku, catatan harian, buku yang digunakan sebagai perantara, surat kabar harian, majalah khusus, dan masih banyak lagi.

2. Jenis Jurnal

Ada dua jenis utama jurnal yaitu jurnal cetak dan jurnal online. Jurnal cetak adalah sebuah artikel atau tulisan yang ditulis oleh seorang penulis atau beberapa penulis dan disebarkan dengan dicetak.

Jenis jurnal yang kedua adalah jurnal online. Jurnal online adalah sebuah tulisan atau makalah yang tidak dicetak melainkan diterbitkan di laman internet atau online. Jurnal online juga harus diakses menggunakan jaringan internet.

3 dari 5 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Secara umum untuk cara menulis daftar pustaka dari jurnal kamu harus memperhatikan beberapa hal yang penting dan harus ada dalam daftar pustaka tersebut.

Beberapa hal tersebut adalah nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume atau edisi, halaman, DOI atau digital object identifier, dan URL website dari jurnal tersebut.

Cara menenulis daftar pustaka dari jurnal juga memiliki beberapa bentuk sesuai dengan format-format standarnya atau gaya penulisan daftar pustaka yang digunakan. Berikut ini beberapa cara menulis daftar pustaka dari jurnal.

4 dari 5 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

1. APA Style

APA Style diterbitkan oleh American Psychological Association, gaya penulisan ini biasanya digunakan dalam bidang prikoogi, filsafat, ilmu safar, linguistik, antropologi, artificial intelligence atau kecerdasan buatan, akuntansi, ekonomi, geografi, hukum, pendidikan, politik, sejadah, dan sosiologi.

Format APA Style:

Nama akhir pengarang. (Tahun penerbitan). Judul artikel. Nama jurnal, volume (edisi jika ada).

- Contoh penulisan untuk satu penulis:

Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

- Contoh penulisan untuk dua atau tiga penulis:

Wassman, J., & Dasen, P.R. (1998). Balinese spatial orientation. Journal of Royal AnthropologicalInstitute, 4, 689-731.

- Contoh penulisan untuk lebih dari tujuh penulis

Yonkers, K. A., Ramin, S. M., Rush, A. J., Navarrete, C. A., Carmody, T., March, D., . . . Leveno, K. J. (2001). Onset and persistence of postpartum depression in an inner-city maternal health clinic system. American Journal of Psychiatry, 158(11), 1856-1863. doi:10.1176/appi.ajp.158.11.1856

- Contoh penulisan dari online atau internet dengan doi

Spreer, P., Rauschnabel, P.A. (2016, September). Selling with technology: Understanding the resistance to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 240-263. doi:10.1080/08853134.2016.1208100

- Contoh penulisan dari online atau internet tanpa doi

Jameson, J. (2013). E-Leadership in higher education: The fifth “age" of educational technology research. British Journal of Educational Technology, 44(6), 889-915. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1111/(issn)14678535;jsessionid=956132f3de76eeb120577e99ee74ce9c.f04t01.

5 dari 5 halaman

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

2. MLA Style

MLA style atau Modern Languange Association dibuat sangat sederhana dan cukup mudah bila dibandingkan gaya penulisan daftar pustaka lainnya. Gaya MLA biasanya digunakan dalam kutipan dan daftar pustaka pada bidang seni, bahasa, sastra, bidang agama, pancasila, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, ilmu alamiah dasar, dan ilmu budaya dasar.

Format MLA Style:

Nama akhir, Nama awal."Judul artikel". Nama jurnal Volume.edisi(Tahun publikasi):Media.

- Contoh penulisan untuk satu penulis:

Jonathan, Karim. “Beyond Growth: Library and Development." Annals of Library Research 40. 5 (2015): 1111‐1130. Print.

- Contoh penulisan untuk dua atau tiga penulis:

Smith, John, Jane Doe, and Bob Anderson. “Studies in pop rocks and Coke." Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

- Contoh penulisan untuk lebih dari 3 penulis:

Smith, John, et al. “Studies in pop rocks and Coke." Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

- Contoh penulisan dari online atau internet

Jobe, Karen D. “Women and the Language of Hackerdom: The Gendered Nature of Hacker Jargon.” Kairos 5.2 (2000): n. pag. Web. 23 Mar. 2005

Itulah beberapa cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang perlu kamu ketahui dan kamu terapkan dalam penelitian atau makalah yang sedang kamu buat. Di setiap negara mungkin cara menulis pustaka dari jurnal bisa berbeda-beda. Jadi kamu harus lebih teliti saat menulis daftar pustaka. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.