Sukses

7 Fungsi VGA, Penjelasan dan Tips Memilih Agar Perangkat Tetap Awet

Liputan6.com, Jakarta Fungsi VGA biasanya sebagai pengolah visual yang akan ditampilkan ke monitor. Bagi sebagian orang, pasti sudah mengenal istilah VGA atau Video Graphic Array.

Bagi Anda yang belum mengetahui, VGA merupakan perangkat keras yang dipasang ke dalam Central Processing Unit (CPU) atau sudah terpasang pada perangkat laptop. Perangkat keras ini memiliki peran penting untuk laptop atau PC Anda, karena bisa meningkatkan kualitas tampilan di layar PC ataupun laptop.

Ada beberapa fungsi VGA yang waib kamu ketahui. Jika VGA memiliki kapasitas kecil dan prosesor yang kurang memadai, maka masalah akan muncul saat PC atau laptop tersebut digunakan. Hal ini pasti akan mengganggu pemain saat bermain game atau terlihat gerakan yang patah saat melakukan penyuntingan gambar.

Berikut Liputan6.com telah mengulas beberapa tentang VGA yang tentunya perlu Anda ketahui, Jumat (29/3/2019). Hal ini dikarenakan benda ini sangat berperan sekali untuk kelangsungan PC atau laptop Anda. Sehingga mengetahui lebih jauh tentang VGA ini setidaknya bisa membantu Anda untuk merawat agar perangkat selalu awet. Yuk simak fungsi VGA!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal VGA Komputer dan Laptop

Perlu diketahui bahwa VGA untuk laptop dan PC sangatlah berbeda. Hal yang sangat mencolok dari perbedaaan VGA untuk PC dan laptop dapat dilihat dari penambahan ukuran memori VGA. Selain itu, VGA yang terpasang di PC akan lebih banyak menghabiskan energi dibandingkan VGA yang ada di laptop.

VGA untuk laptop biasanya sudah terpasang sesuai dengan pengaturan dari produsen laptop tersebut. Hal ini mengakibatkan VGA yang ada di laptop tidak bisa di upgrade. Alasan lain yang membuat VGA laptop tidak bisa ditambah adalah VGA sudah tertanam pada prosesor sehingga VGA hanya bisa mengikuti spesifikasi yang sudah disediakan.

Sedangkan VGA untuk PC bisa diubah dan juga ditambah. Umumnya, terdapat slot khusus di dalam CPU untuk menambahkan kartu VGA. Untuk meningkatkan performa, Anda hanya perlu menambahkan VGA card pada CPU untuk mendapatkan grafis gambar yang lebih baik dan detail.

3 dari 5 halaman

Penggunaannya Disesuaikan dengan Kapasitas Prosesor

Penggunaan VGA harus disesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki oleh prosesor dari PC ataupun laptop yang dimiliki. Jika gemar bermain game atau berkecimpung di bidang penyuntingan gambar dan video maka VGA dan RAM tinggi sangat dibutuhkan. Selain demi kenyamanan, VGA dan RAM yang sesuai akan merawat laptop dan PC.

VGA besar belum tentu bekerja dengan baik jika memiliki prosesor yang lemah dan kapasitasnya tidak besar. Hal tersebut bisa membuat perangkat VGA menjadi cepat panas saat digunakan. Tingginya suhu akan meningkatkan kemungkinan perangkat menjadi mudah rusak karena panas yang dihasilkan dari VGA.

Sebaliknya, jika prosesor mempunyai kapasitas yang tinggi tetapi VGA memiliki memori yang kecil, gambar yang akan ditampilkan menjadi tidak nyaman dilihat oleh mata. Selain itu, proses render gambar yang akan divisualkan oleh monitor juga akan tersendat. Hal ini dikarenakan muatan yang masuk ke dalam memori VGA tidak bisa langsung mengolah grafik dari prosesor.

4 dari 5 halaman

Fungsi VGA yang Perlu Diketahui

Fungsi VGA adalah untuk menghasilkan dan menampilkan gambar ke display pada monitor. Saat ini semua motherboard memiliki kartu VGA built-in. Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah dibenamkan langsung di motherboard (VGA card onboard), sehingga pengguna komputer hanya menggunakan komputernya untuk aktifitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing. Untuk itu, tidak perlu lagi menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi.

Jika gagal, Anda harus menambahkan satu kartu VGA di motherboard Anda. Beberapa prosesor mendukung tampilan onboard dan ada juga yang tidak mendukung. Fungsi VGA lainnya adalah sebagai berikut:

1. Untuk menerjemahkan output komputer ke monitor,

2. Untuk mengubah sinyal digital di komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor,

3. Fungsi VGA yang ketiga untuk menyimpan data dari hardisk,

4. Fungsi VGA selanjutnya untuk menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses,

5. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game,

6. Untuk membuat gambar dengan kualitas yang bagus atau unggul,

7. Untuk memproses semua grafis yang akan ditampilkan pada monitor.

5 dari 5 halaman

Tips Memilih VGA Card

Agar kinerja prosesor dan VGA dapat berjalan dengan optimal, maka perlunya memilih perangkat lunak merupakan salah satu faktor yang perlu diperhitungkan. Perangkat lunak untuk memproses VGA yang paling umum digunakan adalah ATI Radeon dan Nvidia.

Jika salah memilih VGA, ketidaknyamanan saat menggunakan PC dan laptop akan muncul. Apalagi jika pekerjaan Anda bergantung kepada PC dan laptop, hal itu tentu bisa menjadi hambatan untuk untuk bekerja.

Pengguna PC yang ingin meningkatkan kualitas tampilan di monitor, sebaiknya tambahkan VGA card yang sudah dijamin kinerja dan kebolehannya. Pemilihan VGA pada laptop dapat dilakukan sesaat sebelum membeli laptop yang diinginkan.

Perhatikan spesifikasi yang ada di dalam laptop tersebut, ya. Pilihlah prosesor dan VGA sesuai dengan kebutuhan, karena ketika sudah memilih suatu laptop dengan spesifikasi tertentu, kemampuan VGA ini tidak akan bisa ditambah maupun dikurangi.

Pentingnya untuk memeprhatikan penggunaan VGA untuk PC dan laptop ini. Hal ini dikarenakan VGS mempunyai peran penting untuk menjaga dan membuat visual, dari monitor menjadi lebih baik. Selain itu, VGA yang berjalan dengan baik akan merawat PC dan monitor agar lebih tahan lama dan performanya tetap berjalan dengan baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.