Sukses

Cara Merangkai Bunga untuk Pemula, Mudah dan Bikin Tampilan Rumah Makin Indah

Ada beberapa cara merangkai bunga mudah bagi pemula.

Liputan6.com, Jakarta Cara merangkai bunga pasti sangat dibutuhkan bagi Anda yang tertarik untuk menghias rumah dengan tampilan yang berbeda nan menawan. Selain dengan menanam tanaman yang Anda sukai, salah satu alternatif mudah untuk mendapatkan ruang rumah yang indah adalah dengan memiliki bunga segar.

Dengan adanya bunga segar setiap hari di dalam rumah, menjadikan ruangan memberikan energi positif bagi siapa saja yang berkunjung. Biasanya, untuk mewujudkannya Anda perlu pergi ke toko bunga.

Alternatif ini memang merupakan cara yang termudah untuk mendapatkan rangkaian bunga yang bisa dipasang di rumah. Karena bagi beberapa orang mengira bahwa merangkai bunga hanya bisa dilakukan oleh para profesional saja. Padahal merangkai bunga bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda.

Dalam cara merangkai bunga, Anda hanya perlu mengetahui prinsip-prinsipnya dengan baik. Dengan merangkai bunga sendiri, juga dapat memberikan manfaat. Ya, Anda bisa membuat rangkaian bunga sesuai dengan keinginan dan dengan cara merangkai bunga sendiri akan sedikit menghemat pengeluaran Anda. Selain itu, Ada bisa menghias rumah dengan rangkaian bunga kapan saja, terutama saat ada acara khusus di rumah.

Buat Anda yang tertarik untuk menghias rumah dengan rangkaian bunga, berikut Liputan6.com telah menyiapkan beberapa cara mudah untuk pemula. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini cara merangkai bunga bagi pemula, Jum’at (29/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merangkai Bunga Sendiri di Rumah

Menentukan Konsep Rangkaian Bunga Sesuai Selera

Cara merangkai bunga yang pertama adalah dengan menentukan konsep rangkaian bunga yang ingin dibuat. Biasanya konsep rangkaian bunga yang dibuat disesuaikan dengan kondisi rumah.

Hal ini tentunya disesuaikan juga dengan selera Anda. Atau bisa juga Anda menyesuaikannya dengan acara yang akan diadakan di rumah.

Pilih Kombinasi Jenis Bunga yang Diinginkan

Langkah selanjutnya untuk cara merangkai bunga adalah dengan memilih kombinasi bunga. Pada kombinasi bunga yang akan Anda gunakan, pilih setidaknya tiga bunga dengan jenis yang berbeda-beda.

Jangan lupa untuk memilih salah satunya dengan bunga yang berukuran besar, untuk nantinya diletakkan di bagian tengah rangkaian. Selain itu, pada bagian tengah rangkaian bunga perlu menggunakan warna yang menonjol atau mencolok dibandingankan dengan kedua jenis bunga lainnya.

Jenis bunga juga mempengaruhi volume rangkaian bunga. Kombinasi dari beberapa bunga dengan dimensi yang lebar akan menghasilkan rangkaian yang lebih bervolume. Begitupun sebaliknya, kalau ingin merangkai bunga agar terlihat minimalis dan simple, maka pilihlah bunga yang berukuran lebih ramping.

 

3 dari 4 halaman

Menyesuaikan Paduan Warna Hingga Memilih Vas

Sesuaikan Paduan Warna Bunga

Cara merangkai bunga selanjutnya adalah dengan memilih paduan warna yang sesuai dengan kondisi rumah Anda. Misalnya saja Anda ingin membuat rangkaian bunga untuk acara yang diadakan di malam hari. Maka sebaiknya Anda memilih bunga dengan warna elegan yang cocok untuk acara di malam hari.

Begitupun untuk acara di siang hari, pilih warna bunga yang lebih terang untuk memberikan kesan ceria. Kalau rangkaian bunga hanya digunakan untuk dekorasi sehari-hari di rumah, hal yang terpenting adalah bisa menyesuaikan perpaduan warnanya dengan desain interior Anda.

Pilih Wadah yang Tepat

Penting juga dalam cara merangkai bunga yaitu memilih wadah yang sesuai untuk rangkaian bunga Anda. Pemilihan wadah untuk rangkain bunga Anda tetap sesuaikan dengan tema acara atau ruangan, ya. Anda bisa bereksperimen pada tahap cara merangkai bunga ini. Berikan sentuhan personal dengan menggunakan wadah atau vas yang bisa Anda kreasikan sendiri.

4 dari 4 halaman

Menata Rangkaian Bungan di Vas

Sesuaikan Tinggi Bunga dengan Vas

Cara merangkai bunga selanjutnya adalah dengan merapikan bunga dengan memotong daun dan duri yang terdapat pada tangkainya. Setelah itu, perlu juga untuk memotong tangkai bunga sesuai dengan susunan yang diinginkan.

Hal terpenting adalah, panjang atau pendek tangkai bunga disesuaikan dengan vas yang digunakan. Hal yang terpenting adalah bunga tidak dipotong kurang dari tinggi vas. Untuk menghindari kesalahan pada tahap ini, Anda bisa meletakkan tangkai bunga sejajar dengan vas pada saat memotongnya.

Menata Bunga di Dalam Vas

Kalau bunga sudah rapih dipotong, kini Anda siap untuk merangkainya. Cara merangkai bunga akan lebih mudah saat bunga yang berukuran paling besar berada di tengah dan bunga yang berukuran lebih rendah berada di pinggir-pinggirnya.

Sebelum rangkaian bunga di masukkan ke dalam vas, untuk menjaganya agar tetap rapih, Anda perlu mengikatnya dengan kawat atau lem kertas. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan menaruh bunga di bagian bawah, agar tangkai bunga dapat berdiri tegak. Namun perlu diketahui bahwa, jangan menggunakan busa jika Anda menggunakan vas kaca. Hal ini akan merusak tampilan dari rangkaian bunganya.

Padukan dengan Aksesoris dan Segarkan dengan Air

Anda bisa memadukan rangkaian bunga Anda dengan beberapa aksesoris. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan di mana vas bunga akan diletakkan.

Oleh karena itu, mengatur ketinggian dan arah penataan bunga agar terlihat simetri dan enak dipandang. Jangan lupa untuk memberikan air ke dalam vas bunga Anda agar rangkaian selalu terlihat segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.