Sukses

Cara Menjahit Baju untuk Pemula, Mudah Dipraktikkan Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Cara menjahit baju diperlukan bagi Anda yang ingin coba memulai menghasilkan produk pakaian sendiri. Menjahit merupakan suatu kegiatan untuk menyambung kain, bulu, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati oleh jarum jahit dan benang.

Proses menjahit bisa dilakukan dengan tangan atau dengan mesin jahit. Produk dari hasil menjahit berupa pakaian, tirai, kasur, seprai, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, ada benda lainnya yang merupakan hasil dari jahitan seperti sepatu, tas, dan lain sebagainya.

Salah satu kegiatan menjahit yang banyak dijalankan adalah menjahit baju. Karena dengan menjahit baju sendiri, Anda bisa memperbaiki bahkan membuat baju sendiri. Namun tidak banyak orang yang berpikir bahwa menjahit baju itu merupakan hal yang sulit dilakukan. Padahal jika mengetahui dasar-dasar cara menjahit baju, Anda dapat dengan mudah mempraktikkannya.

Nah, buat Anda yang ingin mencoba membuat baju sendiri di rumah, berikut Liputan6.com telah menyiapkan beberapa ulasannya. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini cara menjahit baju untuk pemula yang perlu Anda ketahui, Sabtu (30/3/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Menjahit Baju dengan Cepat dan Rapi

Bagi Anda yang ingin mencoba berlatih dan belajar menjahit baju, berikut ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Berikut ulasannya:

Niat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah niat. Niat sangat penting sekali, karena seperti yang diketahui Anda akan belajar sendiri atau otodidak. Setelah niat sudah mantap silahkan dikomunikasikan niat belajar ini kepada orang terdekat. Hal ini agar mereka memberikan dukungan kepada.

Meluangkan Waktu

Perlunya untuk meluangkan waktu. Karena sering kali Anda tidak pernah meluangkan waktu sehingga belajar menjahit selalu tertunda dan akhirnya tidak bisa sama sekali.

Walaupun Anda belajarnya dengan otodidak, Anda harus memiliki waktu-waktu khusus untuk belajar. Baik itu hanya 30 menit atau bahkan sampai 2 jam.

Fokus

Dalam dunia menjahit, banyak sekali teknik yang bisa dikembangkan. Misalnya saja knitting, clay, jahit, crochet, dan sebagainya. Permasalahan yang sering dihadapi adalah ketika sudah belajar menjahit kemudian melihat teman belajar di cabang lain, Anda langsung ingin ikutan cari tutorialnya. Hal seperti inilah yang dapat membuat cara menjahit baju jadi lebih lama karena Anda tidak fokus.

3 dari 4 halaman

Kumpulkan Alat dan Bahan untuk Menjahit

Sebagai langkah awal untuk cara menjahit baju adalah membeli atau menyiapkan perlengkapan dan bahan yang digunakan untuk menjahit.

Ada beberapa perlengkapan dan bahan yang perlu disiapkan seperti pita ukur atau biasa disebut dengan meteran jahit, kain, gunting, penggaris, pendedel benang, jarum tangan, benang, karbon kain dan rader, pensil kain atau kapur kain, jarum pentul, dan mesin jahit.

4 dari 4 halaman

Mulai dengan Menjahit Sederhana

Mulai dengan Menjahit Lurus, Melingkar, Serta Mengunci Jahitan

Kalau Anda sudah menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjahit tadi, maka Anda sudah bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara menjahit baju selanjutnya ini memerlukan mesin jahit untuk melakukannya. Ya, menjahit lurus memang terlihat mudah, namun pada praktiknya cukup sulit.

Anda bisa menggunakan kertas atau kain bekas untuk belajar menjahit terlbeih dahulu. Mulailah dengan membuat garis lurus, melingkar dan lika-liku pada kertas atau kain bekas tersebut. Kemudian belajar juga cara mengunci jahitan dengan cara jahit 3 hingga 4 maju sesuai dengan garis, lalu mundur 3 lagi hungga 4 jahitan. Pada bentuk melingkar biasanya dilakukan untuk membuat jahitan leher.

Mulai Menjahit Sederhana dengan Baju yang Sudah Ada

Bagi pemula, Anda bisa melakukan jahitan awal dengan menggunakan baju yang sudah ada. Anda bisa memulainya dengan membuat sarung bantal, saku gantung baju, dan hal-hal sederhana lainnya untuk melatih diri meningkatkan kemampuan menjahir sebelum nantinya akan lanjut ke pembuatan baju secara langsung.

Lakukan secara bertahap dan konsisten agar peningkatan demi peningkatan diraih dengan baik sebagai dasar Anda menjadi penjahit baju.