Sukses

5 Cara Meningkatkan IQ dengan Mudah, Bisa Segara Kamu Praktikkan

Cara meningkatkan IQ ini bisa kamu dilakukan saat waktu senggang.

Liputan6.com, Jakarta IQ atau Intelligence Quotient, atau jika dalam bahasa Indonesia adalah kecerdasan intelektual merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencangkup sejumlah kemampuan. IQ yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup terutama manusia itu berbeda-beda. IQ juga dapat ditingkatkan melalui beberapa cara dan kebiasaan yang sering kita lakukan.

Cara meningkatkan IQ dapat kamu lakukan bahkan hanya dengan melakukan kegiatan di rumah, atau dengan cara melakukan kegiatan di luar ruangan. Rata-rata IQ yang dimiliki oleh manusia adalah 91-110.

Beberapa faktor yang mempengaruhi IQ manusia adalah faktor bawaan atau biologis, faktor minat atau pembawaan dari diri masing-masing, faktor kematangan atau perkembangan, faktor kebebasan, dan yang terakhir faktor lingkungan.

Meskipun mengukur kecerdasan atau IQ masih belum dapat dipastikan, dan belum tentu orang dengan IQ tinggi akan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi pula, atau sebaliknya orang dengan IQ rendah belum tentu juga ia akan memiliki tingkat kecerdasan yang rendah. Namun beberapa penelitian menemukan, bahwa tingkat IQ mempengaruhi kecerdasan seseorang.

Banyak cara meningkatkan IQ yang dapat dilakukan. Mulai dari mengonsumsi makanan tertentu yang pastinya memiliki gizi yang baik. Melakukan gerakan atau kegiatan yang bisa melatih otak. Hingga kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa cara meningkatkan IQ dengan cara yang mudah yang dapat kamu praktikkan kapanpun dan di manapun, Minggu (31/03/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lakukan Kegiatan Sehari-hari dengan Cara Berbeda

Otak sudah membuat jalur koneksi yang sama setiap saat kamu melakukan kegiatan yang dilakukan terus menerus dan dilakukan dengan cara yang sama. Namun otak akan membentuk koneksi dan jalur yang baru jika kamu melakukan kegiatan sehari-harimu dengan cara yang berbeda.

Contohnya urutan saat kamu mandi. Biasanya kamu akan membuka pakaian, kemudian membasahi tubuh, memakai sabun, memakai shampo, menggosok gigi, dan kemudian membasuhnya. Coba kamu ganti kebiasaaan mandimu ini. Contohnya dengan menggosok gigi terlebih dahulu, kemudian baru memulai melepas pakaian.

Perubahan tindakan atau kegiatan ini akan membentuk jalur dan koneksi baru di otak, dan otak akan mempelajari kembali kemampuan itu, sehingga akan membuat otak bekerja kembali.

3 dari 6 halaman

2. Meditasi

Cara meningkatkan IQ berikutnya adalah meditasi. Meditasi selain dapat menghilangkan stres, dan memperbaiki suasana hati, ternyata juga bagus untuk memperbaiki fungsi otak. Meditasi akan meningkatkan aliran darah ke otak, melatih kesabaran, konsentrasi, dan meningkatkan daya ingat.

Cobalah lakukan meditasi minimal 30 menit setiap hari. Lakukan meditasi ketika bangun tidur, setelah olahraga, dan sebelum tidur. Kamu bisa membaginya menjadi 10 menit setiap waktunya dalam sehari.

Saat melakukan meditasi, kamu juga bisa mencoba untuk mengingat-ingat lagi hal-hal yang pernah kamu lakukan sebagai bentuk introspeksi diri.

4 dari 6 halaman

3. Tidur Ketika Otak Menginginkan

Jangan paksakan otak untuk selalu bekerja tanpa beristirahat. Jika memang otak kita menginginkan istirahat atau tidur, maka segeralah untuk melakukannya. J

ika dipaksakan, bukan hanya otak saja yang akan terpengaruh, akan tetapi organ tubuh lainnya juga akan terpengaruh karena kelelahan.

Setiap otak manusia memiliki tingkat zona pikir yang berbeda-beda, ada yang memiliki zona pikir prima pada jam 9 pagi, ada yang memilinya pada jam 9 malam, bahkan ada yang memiliki zona pikir pada jam 3 pagi.

Maka dari itu, jangan paksakan otak kamu untuk melakukan kegiatan yang tidak ingin ia lakukan. Namun hal ini bisa kamu perbaiki jika memang kamu dituntut untuk menggunakan otak di luar zona primamu, yaitu dengan kebiasaan.

5 dari 6 halaman

4. Lakukan Kegiatan yang Melatih Otak

Cara meningkatkan IQ berikutnya adalah melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa melatih kinerja otak. Beberapa kegiatan yang bisa meningkatkan IQ adalah banyak membaca. Membaca akan meningkatkan pengetahuan dan juga meningkatkan kinerja otak.

Usahakan membaca sains, seperti matematika dan juga fisika. Sains dapat meningkatkan pemahaman anda tentang dunia, yang nantinya akan memperbaiki komprehensif, kosakata, kemampuan spasial, matematis, dan juga logika.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengerjakan teka-teki dan permainan yang menyelesaikan masalah. Cara meningkatkan IQ ini selain menarik juga dapat menghilangkan kebosananmu yang seharian melakukan aktivitas berat.

6 dari 6 halaman

5. Konsumsi Makanan Sehat

Cara meningkatkan IQ berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan baik untuk otak. Beberapa makanan yang mengandung banyak protein sangat baik untuk perkembangan otak. Protein memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi neurotransmitter otak, yang dapat meningkatkan level norepinefrin dan dopamin.

Untuk selingan, kamu juga bisa mengkonsumsi camilan berupa coklat hitam. Coklat hitam penuh dengan anti oksidan dan mengandung flavanol, tinggi magnesium, vitamin A, B1, B2, D, dan E. Coklat hitam juga mengandung anti oksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas.

Beberapa cara meningkatkan IQ di atas dapat kamu praktikkan di rumah dan pastinya bermanfaat untuk perkembangan otak. Masih banyak cara meningkatkan IQ yang bisa kamu lakukan. Kamu hanya perlu konsisten dan juga tetap berusaha untuk melakukan kegiatan yang positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini