Sukses

8 Fungsi Otot pada Manusia yang Harus Kamu Ketahui

Fungsi otot ini bergerak tanpa kita sadari.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi otot pada manusia pada umumnya adalah untuk melakukan sebuah gerakan dan juga membantu organ-organ lain dalam tubuh manusia untuk bergerak. Otot memang merupakan jaringan dalam tubuh manusia dan juga terdapat pada hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot akan menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

Pada manusia otot dibedakan menjadi tiga jenis yaitu, otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Ke-tiga otot ini memiliki ciri-ciri dan juga fungsi yang berbeda-beda. Otot lurik memiliki bentuk yang efektif untuk bergerak secara spontan dan membutuhkan tenaga yang besar.

Otot lurik biasanya ditemukan di seluruh bagian tubuh bagian luar manusia. Otot polos lebih sering ditemukan di dalam organ pencernaan dan pembuluh darah. Otot polos bekerja dengan pengaturan dari sistem saraf tak sadar atau saraf otonom.

Yang terakhir adalah otot jantung. Otot jantung adalah jaringan otot yang terdapat di jantung, yang sistem kerjanya dipengaruhi oleh interaksi saraf simpatetik atau parasimpatetik yang bisa memperlambat atau mempercepat laju denyut jantung. Otot jantung juga tidak bisa dikontrol secara sadar.

Dari ke tiga jenis otot ini memiliki fungsinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi otot pada manusia, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai fungsi otot dari beberapa sumber, Minggu (31/03/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Melakukan Gerakan Tubuh

Fungsi otot yang pertama adalah melakukan gerakan tubuh. Otot yang berfungsi untuk melakukan gerakan tubuh adalah otot rangka atau otot lurik. Otot ini melekat pada tulang manusia dan sebagian dikendalikan oleh sistem saraf pusat.

Sebagian besar otot rangka dapat dikendalikan oleh otak secara sadar, sehingga otot ini akan mengikuti arah gerakan yang diinginkan, bersama-sama dengan tulang dan juga tendon.

3 dari 9 halaman

2. Membantu Peredaran Darah

Otot jantung dan otot polos yang tidak disadari membantuk detak jantung dan juga aliran darah ke seluruh tubuh manusia dengan menghasilkan impuls listrik. Otot jantung akan sering ditemukan di dinding jantung.

Otot jantung dikendalikan oleh sistem saraf otonom yang bertanggung jawab untuk sebagian besar fungsi tubuh. Selain itu sistem saraf otonom juga mengendalikan otot polos untuk mengatur pembuluh darah manusia.

4 dari 9 halaman

3. Pernapasan

Fungsi otot pada manusia selanjutnya adalah untuk pernapasan. Sistem pernapasan pada manusia juga dikendalikan oleh otot. Selama bernapas otot yang bekerja adalah otot diafragma.

Otot ini berada di antara rongga dada dan rongga perut. Untuk pernapasan otot diafragma tidak bekerja sendiri, otot ini akan dibantu otot lain seperti otot perut, otot leher, dan otot punggung, ketika bernapas dengan cukup berat seperti saat berolahraga.

5 dari 9 halaman

4. Proses Pencernaan

Fungsi otot selanjutnya adalah membantu proses pencernaan. Otot polos yang berada di saluran pencernaan akan melemas dan juga menegang saat ada makanan yang melewati saluran pencernaan.

Selain itu, otot ini juga akan membantu mendorong makanan saat kita buang air besar atau saat sedang muntah.

6 dari 9 halaman

5. Keseimbangan

Fungsi otot yang satu ini mungkin tidak kita sadari. Otot pada tubuh manusia ternyata berfungsi untuk keseimbangan tubuh. Otot akan bekerja melindungi tulang belakang manusia dan membuat manusia dapat berdiri secara seimbang.

Di dalam otot juga terdapat otot inti, otot inti ini termasuk otot perut, otot punggung, dan otot panggul. Semakin kuat otot ini, maka keseimbangan tubuh juga akan semakin baik.

7 dari 9 halaman

6. Mengatur Postur Tubuh

Fungsi otot selanjutnya adalah mengatur postur tubuh. Kelenturan dan kekuatan adalah kunci untuk mempertahankan postur yang tepat. Otot-otot leher yang kaku, otot punggung yang lemah, atau otot pinggul yang kaku dapat merusak keselarasan tubuh manusia.

Postur tubuh yang buruk juga dapat memengaruhi bagian tubuh dan menyebabkan nyeri sendi dan otot yang lebih lemah.

8 dari 9 halaman

7. Membantu Proses Melahirkan

Pada saat wanita hamil, otot polos yang berada di rahim akan bekerja menopang rahim yang terus membesar seiring bertambahnya berat janin.

Kemudian ketika tiba saatnya melahirkan, otot polos ini akan membantu mendorong bayi keluar dengan cara kontraksi.

9 dari 9 halaman

8. Penglihatan

Fungsi otot ini mungkin tidak kamu sadari, yaitu untuk penglihatan. Mata juga memiliki otot yang berfungsi untuk menggerakkan mata seperti berkedip dan membuat anda mampu menyesuaikan jarak pandang serta menggerakkan bola mata ke segala arah. Otot di dalama mata dapat bergerak sesuai dengan perintah kita dan bergerak secara otomatis.

Itulah beberapa fungsi otot pada manusia, mulai dari otot lurik, otot jantung, dan otot polos memiliki fungsinya masing-masing. Semua otot ini saling berkaitan dan membantu tubuh dalam melakukan aktivitas secara sadar dan tidak sadar.

Beberapa otot dapat digerakan oleh otak manusia, namun beberapa lainnya bergerak secara tidak sadar. Bahkan beberapa otot juga bisa bergerak secara spontan, karena suatu hal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini