Sukses

Remaja Unggah Editan Foto ke Instagram untuk Eksperimen, Hasilnya Mengejutkan

Liputan6.com, Jakarta Byron Denton, vlogger yang berasal di London ini mulai memosting foto dirinya di Instagram pada akhir Januari sebagai sosok orang kaya raya. Namun bukan kekayaan yang sebenarnya.

Dikenal oleh pengikut Youtube-nya sebagai "tbhbyron", Denton mengatakan kepada Insider bahwa dia terinspirasi oleh sesama YouTuber, George Mason, yang telah berpura-pura pergi berlibur selama seminggu di awal tahun.

"Saya melihat banyak orang memalsukan liburan dan barang-barang yang dimilikinya, tetapi saya pikir akan lebih baik untuk mengambil pendekatan yang berbeda," kata Denton kepada mereka.

Dia penasaran untuk mengeksplorasi hasrat orang-orang yang dipegang oleh tokoh-tokoh terkenal ini dengan mengatakan, "Saya selalu bertanya-tanya apakah alasan orang begitu terobsesi dengan selebriti adalah karena fakta bahwa mereka mampu menjalani kehidupan yang tidak semua orang bisa."

Pria 19 tahun itupun mulai melakukan eksperimen sosial di Instagram untuk melihat betapa mudahnya memalsukan gaya hidup seorang influencer yang mencolok kepada para pengikutnya dan bagaimana tanggapan fansnya.

"Ternyata media sosial adalah salah satu obat yang memabukkan," Ungkapnya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (31/03/2019).

2 dari 4 halaman

Foto Gaya Hidup Mewah Lebih Disukai

Foto Denton ini "Bersantai di Jet Pribadi," menerima 1.000 suka hanya dalam tujuh detik.

Taylor Evans seorang influencer pernah memalsukan tujuan perjalanan ke Miami. Di sana ia berlibur tetapi membuat keterangan yangs seolah-olah sedang dalam perjalanan yang dibiayai oleh sponsor. Membuat sebuah pengaruh palsu ini dapat membuat perusahaan benar-benar ingin kamu untuk mewakilinya setelah melihatmu di media sosial.

Bicara tentang kekuatan pengaruh. Hiruk-pikuk influencer tidak hanya terbatas pada pengalaman kelas tinggi tetapi juga dengan gaya fashion yang mahal.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Foto Gaya Hidup Mewah Lebih Disukai

Dalam video YouTube-nya, Denton berkata, “Saya melakukan ini untuk mencoba dan membandingkan apakah memakai pakaian desainer benar-benar akan mendorong orang untuk menyukai foto Anda atau tidak, jadi jika kita kembali ke foto yang saya posting pada 1 Desember, mengenakan pakaian semi-cute, agak biasa tetapi masih agak lucu, ini akhirnya mendapatkan 2.234 suka, 44 komentar, dan 113 kunjungan profil" Tetapi kemudian membandingkannya dengan gaya hidup "desainer" barunya?

"Aku memakai atasan desainer atau sepatu desainer" itu dapat  menarik 12.000 suka , jadi itu seperti 10.000 lebih banyak orang mengklik tombol suka saya memakai desainer, hanya karena saya memakai desainer."

Bagi mata yang tidak terlatih, foto-foto yang diedit ini terlihat cukup meyakinkan dan vlogger mengatakan kebanyakan orang membelinya. Dalam wawancaranya, dia mengatakan bahwa dia hanya mendapat sekitar lima pesan yang mempertanyakan kehidupan influencer yang baru.

Bahkan anggota keluarganya sendiri terkejut dengan pilihannya yang mewah dan berkomentar tentang kekayaannya yang tiba-tiba.

"Saya punya banyak pesan dari teman-teman saya yang bertanya bagaimana saya memberi semua perancang dan banyak komentar dari pengikut saya bertanya apakah saya memenangkan lotre atau sesuatu," kata Denton. 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Denton Mengeditnya

Jadi bagaimana dia melakukan semua ini? Jawabannya adalah campuran dari beberapa aplikasi pengeditan foto yang berbeda: FaceTune, PicsArt, dan Adobe Photoshop Lightroom untuk sentuhan akhir.

Denton menjelaskan bahwa ia akan menempatkan dua gambar bersamaan menggunakan FaceTune dan PicsArt. Waktu rata-rata untuk setiap pemotretan palsu adalah sekitar 45 menit dari pemotretan hingga pengeditan.

Seluruh percobaan tidak hanya menghibur tetapi pelajaran dalam kekuatan media sosial, "Percobaan telah membuat saya mempertanyakan gerakan semua orang di media sosial," kata vlogger.

"Apakah banyak blogger terkenal akhir-akhir ini benar-benar mencapai puncaknya dengan bersikap jujur ​​atau apakah mereka memalsukan sebagian darinya?"

Loading