Sukses

5 Wisata Kuliner Surabaya Hits yang Menggoyang Lidah

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Surabaya sate klopo wajib kamu cicipi saat berada di sana. Namun sebelumnya apakah kamu pernah pergi ke Surabaya? Jika pernah, kuliner apa yang pernah kamu cicipi?

Surabaya merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang beragam dari wisata alam, sejarah, hingga wisata kuliner yang beragam dan pastinya menggoyang lidah. Wisata kuliner Surabaya yang sudah cukup terkenal adalah sate klopo. Kuliner ini memang banyak ditemukan di sepanjang jalan Kota Surabaya.

Sate klopo sebenarnya hampir sama dengan sate pada umumnya yang terbuat dari daging ayam, daging sapi, atau daging kambing. Hanya saja perbedaan dengan sate pada umumnya adalah adanya campuran jeroan dan lemak sapi yang membuat rasanya semakin nikmat.

Kemudian unsur klopo atau kelapa ini ada pada saat proses pembuatannya. Sate awalnya akan dilumuri dengan parutan kelapa terlebih dahulu.

Itulah salah satu kuliner Surabaya yang tekenal. Namun masih banyak lagi makanan khas Surabaya yang rasanya tidak kalah dengan sate klopo dan wajib kamu cicipi?

Untuk mengetahui wisata kuliner Surabaya lainnya, dan tentunya tidak kalah menarik dan enak rasanya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai wisata kuliner Surabaya yang wajib kamu cicipi saat berada di sana, Minggu (31/03/2019).

2 dari 6 halaman

1. Nasi Goreng Jancuk

Kamu pecinta makanan pedas wajib mencicipu kuliner Surabaya yang satu ini. Nasi Goreng Jancuk adalah kuliner yang memberikan cita rasa oedas dengan porsi yang mengenyangkan.

Untuk menikmati wisata kuliner Surabaya ini, kamu bisa datang ke Tanjungan Plaza, Surabaya. Nasi Goreng Jancuk selalu ramai oleh pengunjung. Porsi nasi goreng ini juga terkenal banyak dan bisa dinikmati untuk 4 sampai 5 orang.

Asal muasal nama nasi goreng ini juga dikatakan dengan spontan. Konon nama nasi goreng ini didapatkan dari umpatan pelanggan setelah mencicipi sajian ini. Jika ingin menikmati Nasi Goreng Jancuk, lebih baik kamu datang bersama teman-temanmu. Harga yang harus kamu keluarkan untuk satu porsinya adalah kurang lebih Rp 150.000,00.

3 dari 6 halaman

2. Rujak Cingur Ahmad Jais

Jika kamu berkunjung ke Surabaya, rujak cingur adalah salah satu wisata kuliner yang harus dicicipi. Kamu bisa datang ke warung Rujak Cingur Ahmad Jais yang berada di Jalan Achmad Jais, Nomor 40, Wonokromo, Surabaya.

Yang istimewa dari rujak cingur ini adalah rasanya yang enak dan bumbu kacangnya yang kental. Cingurnya juga lebih empuk, kenyal, dan tidak lembek sehingga pas di lidah. Komposisi bahan Rujak Cingur Ahmad Jais juga terkenal sangat sesuai dan pas sehingga terasa lezat dan enak.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz ini juga sudah berdiri sejak tahun 1970, dan hingga sekarang masih ramai di kunjungi wisatawan. Jadi tidak diragukan lagi kelezatannya. Karena rasa dan juga tempatnya yang terkenal, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk menikmati satu porsi rujak cingur ini. Satu porsinya berkisar antara Rp 70.000,00 sampai dengan Rp 100.000,00.

4 dari 6 halaman

3. Sego Sambel Mak Yeye

Wisata kuliner Surabaya berikut ini juga cocok untuk kamu yang menyukai rasa pedas. Warung Sambel Mak Yeye buka pada malam hari mulai pukul 22.00 sampai dengan 04.00 WIB.

Di sini kamu bisa menikmati makanan sederhana tetapi urusan rasa tidak akan pernah terlupa. Sego Sambel Mak Yeye berisi nasi hangat dengan lauk iwak pe atau ikan pari, yang kemudian dibaluri dengan sambal merah menyala, pedas, dan menantang.

Masih ada banyak lauk lainnya yang bisa kamu pilih di sini. Harga yang ditawarkan juga cukup murah mulai dari Rp 10.000,00. Lokasi Sego Sambel Mak Yeye berada di Jalan Jagir, Wonokromo Wetan No 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya.

5 dari 6 halaman

4. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen adalah wisata kuliner Surabaya yang juga wajib kamu cicipi. Di tempat ini kamu bisa memilih berbagai macam bahan sate klopo mulai dari daging ayam, daging sapi, udang, usus, ataupun sumsum yang disajikan dengan bumbu biasa.

Yang membedakan tempat ini dengan yang lainnya adalah irisan sate klopo di sini lebih besar. Nama Ondomohen sendiri diambil dari nama jalan di mana warung sate ini berada pada jaman dulu.

Untuk menikmati wisata kuliner Surabaya satu ini, kamu bisa datang ke Jalan Walikota Mustajab Nomor 36, Surabaya. Warung ini buka dari siang dampai malam hari. Unttuk satu porsinya, kamu cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp 20.000,00 saja.

6 dari 6 halaman

5. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Satu lagi wisata kuliner Surabaya yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke sini adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lontong balap ini merupakan salah satu kuliner yang cukup sering diburu oleh banyak wisatawan saat berkunjung ke Surabaya.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut terdiri dari irisan lontong, tauge, tahu goreng, bawang goreng, lenthok, sambal,. dan kecap yang di padukan dengan kuah segar dan enak khas Lontong Balap Garuda Pak Gendut.

Untuk menikmati Lontong Balap Garuda Pak Gendut kamu bisa datang ke Jalan Kranggan Nomor 60, Sawahan, Surabaya. Satu porsi dari lontong balap ini juga termasuk murah, yaitu Rp12.000,00 saja.

Itulah wisata kuliner Surabaya yang wajib kamu cicipi ketika berwisata atau berkunjung ke Surabaya. Masih banyak lagi wisata kuliner Surabaya yang menarik dan pastinya menggugah selera untuk kamu cicipi.

 

Loading