Sukses

11 Wisata Karimunjawa, Pesona Karibia ala Jawa

Wilayah ini sering dijadikan lokasi liburan bagi turis lokal maupun mancanegara.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Karimunjawa merupakan pilihan wisata bahari yang terkenal di Indonesia. Wilayah ini sering dijadikan lokasi liburan bagi turis lokal maupun mancangara.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Wisata Karimunjawa menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Hal ini yang membuat wisata Karimunjawa memiliki beberapa julukan dari masyarakat seperti Pulau Liburan, The Paradise of Java, dan Caribbean van Java.

Karimunjawa terletak di Laut Jawa, utara Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau. 5 diantaranya merupakan pulau berpenghuni dan sisanya adalah pulau tak berpenghuni.

Jika Anda memilih wisata Karimunjawa sebagai pilihan liburan, Anda perlu mengetahui apa saja tempat wisata Karimunjawa. Berikut tempat wisata Karimunjawa yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (31/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jajaran Pantai Manjakan Mata

Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih adalah salah satu wisata Andalan yang ada di Karimunjawa. Pantai ini terletak berkisar 15 km dari kota Karimunjawa. Wisata alam Pantai Batu Putih ini menyuguhkan nuansa yang indah dengan air biru yang jernih.

Anda bisa berjalan bersama teman dan kaerabat di dermaga yang sudah dibangun dari kayu di pantai ini. Terdapat bongkahan batu besar ketika airnya sedikit surut batu itu akan nampak putih bersih.

Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele merupakan pantai yang berada di sebelah timur pulau Karimunjawa. Tak hanya pantai, Legon Lele juga memiliki hutan mangrove yang masih sangat asri.

Pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini yang membuat Legon Lele menjadi salah satu wisata yang masih tersembunyi di Karimunjawa.

Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam merupakan salah satu destinasi yang cukup populer di Karimunjawa. Pantai ini paling cocok didatangi sambil melihat matahari terbenam.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga bisa berfoto di atas batu-batu karang yang bejejer seolah berada dekat dengan matahari. Pantai ini memiliki keindahan pasir putih berstektur lembut layaknya lembutnya tepung terigu.

Pantai Annora

Pantai Annora yang terletak di Dusun Cikmas. Selain memiliki air yang jernih dan pasir yang bersih, Pantai ini memiliki ciri khas banyaknya ayunan yang menggantung disekitarnya. Terkadang orang menyebut wisata ini dengan nama Pantai Ayunan Annora.

Tidak hanya pantai, pengunjung juga bisa mendaki bukit yang indah di Annora, Karimunjawa. Di sana pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar pantai yang indah dengan semilir angin yang sepoi-sepoi.

3 dari 5 halaman

Jajaran pulau yang memukau

Pulau Cemara Besar

Keindahan pantai yang dimiliki Karimunjawa, luar biasa terpancar dari pulau ini. Disini pengunjung bisa Snorkeling di wisata air Pulau Cemara Besar. Air yang sangat jernih manampakkan pemandangan laut yang menakjubkan.

Pulau Cemara Kecil

Tidak kalah dari Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil juga menjadi salah satu tepat wisata yang keren di Karimunjawa. Suasana pantainya masih sangat alami dan indah.

Pulau Cemara Kecil menyuguhkan pantai yang jernih dan pasir putih. Di sini pengunjung juga bisa melakukan snorkling dan berkumpul bersama teman maupun kerabat di pinggir pantai sambil menikmati bekal makanan yang dibawa. Seperti namanya, pulau ini didominasi oleh pohon cemara.

Pulau Geleang

Pulau yang memiliki ukuran kecil dibanding pulau yang lainnya ini bernuansa unik dan menakjubkan. Pulau mungil ini menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi para wisatawan saat berkunjung ke Karimunjawa.

Pulau Tengah

Tidak hanya bisa bermain air, Anda juga bisa memancing ikan sendiri bahkan jika beruntung Anda bisa mendapatkan cumi. Pulau ini sudah tertata rapi dan indah, sudah terdapat dermaga kecil yang terbuat dari kayu jadi Anda bisa berjalan di dermaga sambil berfoto dan seolah berjalan di tengah pantai.

Pulau SintokPulau ini memiliki luas 21 hektar dan terletak di sebelah timur pulau Karimunjawa. Tidak hanya pantai yang indah, Karimunjawa juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang keren. Di sini Anda bisa melakukan snorkeling bersama teman-teman atau keluarga.

Pulau Gosong

Pulau satu ini memiliki keunikan yang sangat menakjubkan, terapat endapan pasir di tengah lautan. Pulau ini juga dijuluki dengan pulau timbul tenggelam karena hanya akan muncul kepermukaan ketika pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB sore. Selebihnya pulau ini akan tertutup permukaan air.

4 dari 5 halaman

Karimunjawa Butterfly Park

Selain menyuguhkan wisata alam yang tak tertandingi, Karimunjawa juga menawarkan wisata buatan yang tak kalah bagus untuk dikunjungi, yaitu Karimunjawa Buterfly Park.

Di wisata ini terdapat banyak kupu-kupu yang cantik, cocok untuk kamu penyuka hewan. Selain kupu-kupu, di tempat ini juga terdapat wahana lain seperti bioskop 3D Cinema, 3D Art Gallery, dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

Makam Sunan Nyamplungan

Karimunjawa memang terkenal dengan wisata alam terutama pantai yang memukau dan indah, namun dibalik keindahan semua itu, Karimunjawa juga memiliki tempat wisata religi.

Di pulau Karimunjawa terdapat Makam sunan Nyamplungan yang dikenal sebagai makam Syekh Amir Hasan putra dari Sunan Muria. Sunan Nyamplungan adalah sosok penting di Karimunjawa. Nama nyamplung sendiri karena di dekat makam terdapat pohon nyamplung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini