Sukses

Risiko Kesehatan Jangka Panjang Ketika Jalani Diet Keto

Salah satu diet yang sedang ngetren beberapa tahun ini adalah diet keto.

Liputan6.com, Jakarta Berat badan ideal merupakan dambaan tiap orang. Tak jarang untuk mendapatkan tubuh ideal seseorang menjalani diet ketat. Salah satu diet yang sedang ngetren beberapa tahun ini adalah diet keto.

Diet keto dinilai ampuh menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola konsumsi rendah karbohidrat namun tinggi lemak.

Terlepas dari cepatnya diet keto menurunkan berat badan. Gaya diet ini banyak menuai pro dan kontra. Menjalani diet keto dalam jangka waktu yang lama bisa berdampak pada kesehatan. Bahkan beberapa. Peneliti lain memperingatkan bahwa mempertahankan diet keto dalam jangka panjang bahkan bisa berbahaya bagi tubuh.

Berikut risiko hesehatan jangka panjang ketika jalani diet keto yang berhasil Liputan6.com lansir dari Health, Minggu (31/3/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan kekurangan vitamin atau mineral

Membatasi karbohidrat hingga 50 gram sehari atau kurang dari itu mungkin akan membuat Anda mengurangi makanan tidak sehat seperti roti putih dan gula rafinasi. Tetapi aksi ini juga berarti Anda mungkin harus mengurangi buah-buahan dan sayuran tertentu, yang juga merupakan sumber karbohidrat.

Hal ini yang menjadi perhatian, kata Annette Frain, RD, direktur program Pusat Manajemen Berat Badan di Wake Forest Baptist Health, terutama jika seseorang menghabiskan lebih dari beberapa minggu untuk diet jenis ini.

“Buah-buahan dan sayuran baik untuk kita, mereka tinggi antioksidan dan penuh dengan vitamin dan mineral, Jika Anda menghilangkan itu, Anda tidak mendapatkan nutrisi itu dari waktu ke waktu." tambah Annette.

Mungkin juga sulit untuk mendapatkan serat yang cukup saat Anda mengurangi karbohidrat, karena biji-bijian adalah salah satu sumber terbesar nutrisi penting ini. Diet keto dapat menyebabkan masalah pencernaan mulai dari sembelit hingga diare,dan bahkan kolesterol tinggi dan tekanan darah.

3 dari 5 halaman

Memengaruhi Performa Atletik

Dalam sebuah studi baru-baru ini dalam Jurnal Kedokteran Olahraga dan Kebugaran Fisik, para peneliti menemukan bahwa partisipan berkinerja lebih buruk saat bersepeda dengan intensitas tinggi dan menjalankan tugas setelah empat hari mejalani diet ketogenik dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan empat hari pada diet tinggi karbohidrat.

Tubuh berada dalam keadaan yang lebih asam ketika berada dalam ketosis, hal ini dapat memengaruhi performa gerak seseorang ujar ketua peneliti Edward Weiss, PhD, profesor nutrisi dan dietetika di Saint Louis University, kepada Health.

Tentu, keto dapat membantu para atlet menurunkan berat badan, yang dapat membantu untuk kecepatan dan daya tahan. "Tapi saya sangat khawatir bahwa orang menghubungkan manfaat penurunan berat badan dengan sesuatu yang spesifik dalam diet ketogenik," kata Weiss. "Pada kenyataannya, manfaat penurunan berat badan bisa setidaknya berpengaruh pada penurunan kinerja gerak tubuh."

4 dari 5 halaman

Mempengaruhi Metabolisme Tubuh

Jika Anda kehilangan berat badan saat pertama kali mulai menjalani keto, kemungkinan Anda kehilangan beberapa massa otot bersama dengan jaringan lemak, kata Kristen Kizer, RD, ahli gizi di Houston Methodist Medical Center.

Sekarang, karena Anda mengikuti diet tinggi lemak, Anda mungkin akan mendapatkan kembali lebih banyak lemak dan lebih sedikit otot tanpa lemak yang tidak hanya terlihat dan terasa berbeda pada tubuh, tetapi juga membakar kalori pada tingkat yang lebih lambat. Ini dapat mempengaruhi metabolisme Anda dan membuatnya lebih sulit untuk menurunkan berat badan lagi di masa depan.

5 dari 5 halaman

Terlalu banyak lemak dapat meningkatkan risiko penyakit kronis

Pakar kesehatan khawatir tentang bagaimana diet gaya keto jangka panjang dapat memengaruhi jantung dan arteri. Sebuah penelitian yang belum dipublikasikan, dipresentasikan di Sesi Ilmiah tahunan American College of Cardiology, menemukan bahwa orang yang diet rendah karbohidrat lebih mungkin mengembangkan atrial fibrilasi (AFib) dibandingkan dengan mereka yang makan karbohidrat dalam jumlah sedang. AFib adalah gangguan irama jantung yang paling umum dan meningkatkan risiko stroke dan gagal jantung.

Bukan hanya jantung yang mereka khawatirkan, penelitian yang dipresentasikan awal tahun ini di Kongres Masyarakat Kardiologi Eropa menemukan bahwa orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak memiliki risiko lebih tinggi meninggal akibat kanker dan semua penyebab lain selama masa studi.

Dan sebuah studi baru-baru ini di Lancet juga menemukan bahwa para pelaku diet rendah karbohidrat yang mengonsumsi banyak daging dan produk susu memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedang atau yang kebanyakan mengonsumsi protein nabati.

Sebagian besar penelitian ini, perlu ditinjau kembali dan masih bersifat observasional. Artinya peneliti hanya dapat menemukan hubungan dengan hasil kesehatan tertentu dan bukan hubungan sebab-akibat.

Frain mengatakan bahwa, secara keseluruhan, tidak ada penelitian jangka panjang yang cukup untuk mengetahui dengan tepat apa yang dihaslikan diet ketogenik terhadap tubuh selama periode waktu yang panjang — atau mengapa hal itu memengaruhi beberapa orang secara berbeda dari yang lain.

Tapi dia menyarankan siapa pun yang berpikir tentang mencoba keto untuk mengusahakan keseimbangan berat badan, bukan untuk yang ekstrem. "Sangat penting untuk melihat apa yang Anda lewatkan dalam diet dan apa yang benar-benar berkelanjutan untuk Anda," katanya.

“Anda ingin memastikan Anda mendapatkan kepuasan dan kenyang dari makanan yang Anda makan dan bahwa Anda merasa baik dan mendapatkan nutrisi yang luar biasa dari berbagai makanan. Itulah yang akan membantu Anda mempertahankannya dan menjaga berat badan. "

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.