Sukses

Cara Mencetak Tulisan di Amplop Pakai Ms Word Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sangat populer di dunia. Dengan Ms Word, segala macam bentuk olahan kata dapat tertulis rapi di sebuah dokumen bahkan dapat dicetak pada kertas.

Biasanya dalam hal cetak mencetak, Ms Word digunakan untuk mencetak surat dan dokumen-dokumen lain dalam bentuk kertas A4 atau F4. Namun, tahukah Anda bahwa Ms Word dapat melakukan lebih dari sekadar mencetak dokumen-dokumen tersebut.

Jika Anda ingin membuat amplop dengan tulisan tertentu, baik untuk penggunaan pribadi atau profesional, Ms Word adalah pilihan yang tepat. Membuat amplop dengan tulisan tertentu di Word sangat mudah berkat fitur khusus yang dirancang untuk tugas tersebut.

Anda tak perlu mengeluarkan kocek lebih untuk mencetak amplop-amplop dengan tulisan tertentu. Anda cukup memahami fitur pencetak tulisan amplop pada Ms Word ini. Nah, seperti apa caranya?

Berikut cara mencetak tulisan di amplop dengan Ms Word yang berhasil Liputan6.com rangkum dari How To Geek, Minggu (31/3/2019). 

2 dari 5 halaman

Memasukkan Tulisan

Pertama, buka Ms Word di komputer atau laptop Anda. Pilih opsi 'mailing' pada menu tab yang ada. Setelah itu klik opsi 'envelope' dengan ikon amplop diatasnya.

Setelah itu jendela Envelopes and Labels akan muncul. Di sinilah Anda akan memasukkan semua informasi yang akan Anda taruh di amplop. Di kotak "Delivery Address" , masukkan alamat penerima.

Kotak "Return Address" adalah tempat Anda meletakkan nama dan alamat Anda. Anda dapat mengabaikan ini dengan mencentang kotak "Omit" jika Anda mau. Setelah Anda memasukkan semua informasi, klik "Option".

3 dari 5 halaman

Atur Printer dan ukuran amplop

Di jendela Opsi Amplop yang terbuka, Anda harus memberi tahu Word bagaimana Anda akan memasukkan amplop ke dalam printer.Pilih metode umpan yang sesuai dari opsi yang tersedia. Setelah Anda mengatur di sini, Anda dapat menuju ke tab "Envelope Options".

Sekarang Anda memiliki opsi untuk mengubah ukuran amplop dan gaya font. Klik tarik-turun "Envelope Size" untuk membuka daftar besar ukuran amplop yang berbeda dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mengkustomisasi font untuk pengiriman atau alamat pengirim, klik tombol "Font" di bawah item masing-masing. Anda akan disambut oleh jendela baru yang menyajikan opsi font standar Anda. Setelah selesai menyesuaikan ukuran dan gaya font amplop, klik "OK."

4 dari 5 halaman

Melihat pratinjau amplop

Anda sekarang akan kembali di jendela 'Envelopes and Labels'. Satu-satunya yang tersisa untuk dilakukan adalah mengklik tombol "Add To Document". Setelah dipilih, Anda akan menerima pesan yang menanyakan apakah Anda ingin menggunakan alamat pengirim yang Anda masukkan sebagai alamat pengirim default.

Anda dapat melanjutkan dan memilih "Ya atau tidak" Setelah itu Anda akan mendapatkan pratinjau dari amplop sebelum dicetak. Periksa kembali jika ada kesalahan dalam penulisan, Anda bisa mengeditnya kembali dengan cara yang sama.

5 dari 5 halaman

Mencetak tulisan amplop

Saat melihat pratinjau tulisan amplop dan tak menemukan kesalahan apapun, Anda sudah dapat mencetaknya. Untuk mencetaknya, masuk sekali lagi pada jendela 'Envelopes and Labels'. setelah itu pilih opsi print untuk mencetaknya.

Sebelum itu, sambungkan komputer atau laptop Anda pada perangkat printer. Pastikan amplop Anda dipasang dengan benar dan sesuai di printer Anda. Biarkan proses pencetakan berlangsung dan tunggu hasil karya Anda.