Sukses

Jadwal Piala Presiden 2019, Ini Fakta Menarik 4 Tim yang Bertemu di Semifinal

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Piala Presiden 2019 akhirnya tuntas sudah babak delapan besar. Satu hal yang menarik dari semifinal pertama ini mempertemukan dua tim yang awalnya tidak diunggulkan untuk melaju jauh di Piala Presiden 2019. Empat tim yang berhasil melaju ke empat besar yaitu Kalteng Putra, Persebaya Surabaya, Arema FC, dan Madura United.

Kalteng Putra sukses mengalahkan Persija Jakarta 4-3 (1-1) via adu penalti. Sedangkan Persebaya Surabaya mengandaskan perlawanan Tira Persikabo dengan skor 3-1. Arema FC mempermalukan Bhayangkara FC di markasnya 4-0. Terakhir, Madura United mengandaskan Persela Lamongan di depan pendukungnya sendiri dengan skor 2-1.

Jadwal Piala Presiden ini terlebih dahulu akan dimainkan oleh Arema yang akan menjamu Kalteng Putra di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Selasa (2/4/2019). Kemudian Persebaya Surabaya akan menjamu Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu (3/4/2019). Berikut Liputan6.com rangkum fakta menarik tentang 4 tim yang akan berlaga di semifinal jadwal Piala Presiden, Senin (1/4/2019).

2 dari 5 halaman

1. Persebaya Surabaya

Dari empat laga perempat final, hanya ada satu tim yang berstatus tuan rumah yang berhasil lolos ke semifinal, yaitu Persebaya Surabaya. Persebaya Surabaya sudah diprediksi bersaing kuat di Piala Presiden 2019. Hal tersebut sudah tampak dari keberhasilan tim asuhan Djadjang Nurdjaman itu meraih kemenangan dalam dua laga awal.

Persebaya menjadi tuan rumah di perempat final Piala Presiden 2019 dan harus menjamu tim yang sebelumnya berada satu grup dengan mereka, Tira-Persikabo. Catatan imbang tanpa gol dalam pertemuan kedua tim di Grup A yang digelar di Bandung berhasil diperbaiki oleh The Green Force yang menang 3-1 di depan Bonek yang memadati Gelora Bung Tomo, Jumat (29/3/2019).

Manuchehr Jalilov menjadi salah satu pemain yang menonjol ketika Persebaya mengalahkan Tira Persikao 3-1. Bomber Tajikistan ini membuka kemenangan tuan rumah di menit ke-2.

Gol tersebut sekaligus menandai torehannya yang keempat di Piala Presiden. Mantan pemain Sriwijaya FC ini menempati peringkat kedua daftar top scorer sementara di bawah gelandang Persija, Bruno Matos yang membukukan lima gol.

3 dari 5 halaman

2. Kalteng Putra

Kalteng Putra adalah tim paling mengejutkan di Piala Presiden 2019. Sejak awal Kalteng Putra membuat kejutan dengan menjadi satu-satunya tim dari luar Pulau Jawa yang lolos dari fase grup. Bahkan lawan-lawan yang berhasil dikalahkan oleh tim asuhan Gomes de Oliveira juga bukan klub-klub lemah.

Patrick Wanggai menjadi bintang Kalteng Putra saat ini dan telah membuat puluhan ribu suporter Persija, The Jakmania, terdiam dengan golnya di menit ke-56. Memanfaatkan umpan sepak pojok, bomber berusia 31 tahun itu memperdaya kiper Shahar Ginanjar dengan aksi yang berujung kontroversial, memakai tangan untuk menyambar bola.

Sontak, para pemain langsung mengerubungi wasit untuk melancarkan protes. Tapi, sang pengadil pertandingan tetap mengesahkan gol tersebut. Mengingat pertandingan semifinal digelar dengan sistem kandang dan tandang, Arema FC akan away ke Kalimantan untuk menghadapi Kalteng Putra.

Namun, Singo Edan tidak akan bertandang ke Stadion Tuah Pahoe yang menjadi markas Kalteng Putra, melainkan ke Stadion 17 Mei, Banjarmasin, yang dipilih oleh Laskar Isen Mulang untuk menggelar laga kandang mereka di semifinal Piala Presiden 2019. Pertandingan ini akan digelar pada Jumat (5/4/2019).

4 dari 5 halaman

3. Arema FC

Arema FC mengarungi Piala Presiden 2019 dengan perjalanan tersendat-sendat. Pada laga pertama, Arema tertinggal dua gol lebih dulu dari Barito Putera. Beruntung dua striker Arema, Dedik Setiawan dan Ahmad Nur Hardianto mampu membawa tim tuan rumah Grup E Piala Presiden 2019 itu berbalik unggul 3-2. Arema mengoleksi enam poin di klasemen akhir Grup E dan berada di peringkat kedua.

 Madura United dan Tira-Persikabo yang mengoleksi tujuh poin di grup masing-masing membuat Arema berada di batas bawah tim runner-up yang lolos. Beruntung Bali United dan Persipura Jayapura kalah di laga terakhir dan tak memiliki selisih gol yang besar. Arema berhasil lolos dengan mengantongi selisih lima gol dengan enam poin.

Makan Konate adalah pusat permainan Arema FC ketika membantai Bhayangkara FC 4-0 di markasnya. Pemain berkebangsaan Mali ini turut menyumbangkan dua gol pada pertandingan tersebut. Meski berposisi sebagai gelandang serang, insting Konate sangat tajam. Terbukti, pemain berusia 27 tahun itu telah mengumpulkan tiga gol sepanjang turnamen.

Arema FC merupakan juara Piala Presiden 2017. Namun, setelah ditunjuk sebagai tuan rumah Grup E Piala Presiden 2019, Singo Edan sempat diragukan bisa melaju jauh pada turnamen pramusim ini setelah dua laga pertama fase grup dinilai tidak meyakinkan.

5 dari 5 halaman

4. Madura United

Madura United yang memiliki materi pemain luar biasa pada musim ini sejak awal sudah diprediksi akan melaju jauh di Piala Presiden 2019. Turnamen ini pun menjadi ajang uji coba bagi tim asuhan Dejan Antonic itu untuk melihat seberapa hebat tim bertabur bintang itu berkompetisi. Saat ini Madura United merupakan salah satu favorit juara dengan komposisi pemain yang memadai.

Adapun yang jadi bintangnya adalah Alberto Goncalves yang menjadi pembuka skor ketika Madura United sukses membungkam Persela pada babak delapan besar. Golnya di menit ke-4 membuat seisi Stadion Surajaya tiba-tiba hening. Selain itu, Beto juga beberapa kali mengancam gawang Persela. Perannya sebagai striker sayap untuk memberikan ruang kepada Aleksandar Rakic layak mendapatkan pujian.

Pertandingan ini pun menjadi derbi Jawa Timur yang lebih menarik ketimbang yang dijalani Madura United di perempat final. Laga ini pun akan menjadi momentum yang sangat menarik bagi pemain sayap Madura United, Andik Vermansah, yang akan bersua dengan klub yang sangat dicintainya, Persebaya Surabaya.