Sukses

5 Wisata Raja Ampat yang Suguhkan Pemandangan Bawah Laut Terpopuler

Liputan6.com, Jakarta Wisata Raja Ampat selalu menghadirkan pesona bahari yang memukau dan beragam. Tidak hanya pemandangan di luar lautnya saja, pemandangan yang disuguhkan di dalam laut juga sangat menarik dan beragam.

Pesona keindahan laut wisata Raja Ampat memang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Beragam biota laut dari ikan hias, dan terumbu karang sangat banyak di sana.

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung atau Vogelkoop Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Empat pulau terbesar yang ada diantaranya yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. 

Memang kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat adalah para penyelam yang ingin menikmati indahnya pemandangan di bawah laut. Namun untuk yang tidak bisa berenang, kamu bisa memilih menikmati pemandangan alam yang tak kalah indah.

Wisata Raja Ampat dapat kamu capai dengan pesawat dari Jakarta atau Bali kemudian menuju ke Sorong dari Makassar atau Ambon dan Manado. Kemudian kamu bisa memilih dua opsi untuk menuju wisata Raja Ampat jika dari Sorong yaitu mengikuti tur dengan perahu pinisi atau kamu bisa tinggal di resort Raja Ampat Dive Lodge.

Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa informasi mengenai wisata Raja Ampat yang memiliki pemandangan yang indah dan wajib kamu kunjungi, Senin (01/04/2019). Yuk kunjungi wisata Raja Ampat!

2 dari 6 halaman

1. Pulau Misool

Pulau Misool adalah salah satu pulau besar yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Pulau ini dibagi menjadi empat bagian yaitu Misool Timur, Misool, Selatan, Misool Barat, dan Misool Utara.

Wisata Raja Ampat ini juga termasuk ke dalam segitiga karang dunia. Jadi tidak heran wisatawan akan banyak berkunjung ke sini untuk menikmati dan menyaksikan keindahan biota-biota laut seperti ikan-ikan cantik dan terumbu karang.

Di daerah Misool Selatan terdapat laut lepas yang memiliki fauna laut yang besar seperti lumba-lumba, paus, dan pari manta. Di Pulau Misool selain dapat melakukan penyelaman, kamu juga bisa berwisata sejarah melihat dinding batu karang yang terdapat cap tangan berusia lebih dari 50 ribu tahun. Cap tangan ini membuktikan jalur penyebaran manusia di Nusantara.

3 dari 6 halaman

2. Pulau Salawati

Pulau Salawati juga merupakan salah satu pulau terbesar di daerah wisata Raja Ampat. Di Pulau Salawati terdapat pantai dengan pasir putih yang indah dan bersih. Di Pulau Salawati, kamu juga bisa melihat ikan pelangi yang jarang ditemukan di dunia.

Jika bosan dengan wisata laut, kamu bisa belajar adat istiadat yang ada di Pulau Salawati. Masyarakat di sana memiliki adat istiadat yang cukup kental, seperti Tarian Wor yang merupakan tarian penyambut para wisatawan dan masih banyak lagi.

Selain bisa membaur dengan masyarakat sekitar dan belajar adat istiadat yang ada di sana, kamu juga bisa bersantai dan menikmati suasana pantai yang indah dan bersih. Di Pulau Salawati juga terdapat peninggalan perang dunia ke II di dasar laut. Kapal-kapal perang yang karam juga bisa menjadi spot untuk menyelam dan memberikan pengalaman yang berbeda.

4 dari 6 halaman

3. Batu Pensil

Wisata Raja Ampat yang satu ini juga sangat sayang jika terlewatkan. Batu Pensil adalah salah satu spot menarik yang ada di Teluk Kabui. Batu ini menjulang tinggi di tengah-tengah perairan di antara tebing-tebing karang lain di sekitar Teluk Kabui.

Disebut dengan Batu Pensil karena memang bentuknya yang menjulang tinggi mirip dengan pensil. Batu Pensil juga menjadi salah satu ikon terkenal wisata Raja Ampat. Selain pemandangan batu yang indah ini, di sekitar Teluk Kabui kamu juga bisa menyelam dan menikmati pemandangan indah di bawah laut.

5 dari 6 halaman

4. Star Lagoon

Star Lagoon adalah sebuah laguna yang berbentuk bintang dan terdapat di Raja Ampat. Star Lagoon ini juga menjadi salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi, karena keindahan bentuk dan juga pemandangan yang ditawarkan.

Untuk melihat pesona Star Lagoon, kamu harus mendaki bukit terlebih dahulu, sehingga bentuk bintang akan jelas terlihat dari atas. Sama seperti wisata Raja Ampat lainnya, Star Lagoon juga menyuguhkan pemandangan bawah air yang cukup menakjubkan. Kamu harus membuktikan sendiri keistimewaan Star Lagoon.

6 dari 6 halaman

5. Pulau Wayag

Pulau Wayag adalah salah satu pulau yang terkenal di Raja Ampat. Pulau ini sangat spesial dan menjadi ikon wisata Raja Ampat yang selalu dikunjungi oleh wisatawan. Di sini, kamu bisa melihat gugusan pulau yang berjajar berwarna hijau dengan biru laut yang luas dan bersih.

Pulau Wayag juga menjadi salah satu pulau dengan keindahan laut yang cukup terkenal. Bahkan dinobatkan menjadi salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia. Di sini kamu bisa meilihat berbagai macam jenis terumbu karang, ratusan ikan laut, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa wisata Raja Ampat yang menarik dan wajib kamu kunjungi. Masih banyak tempat wisata lain di Raja Ampat yang pastinya bisa memanjakan mata dengan pemandangan yang indah dan mempesona. Kamu tidak akan kecewa jika pergi berwisata ke Raja Ampat.