Sukses

7 Karya Seni Potong Daun Buatan Pria Ini Keren Banget, Bikin Berdecak Kagum

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah kehidupan, tentu tidak bisa dipisahkan dengan kehadiran karya seni. Berdasarkan fungsinya, karya seni bisa dikategorikan sebagai barang bernilai guna dan barang bernilai estetika.

Kedua fungsi karya seni tersebut memiliki 2 bentuk yakni secara 2 dimensi dan 3 dimensi. Apabila 2 dimensi maka bisa dilihat hanya satu arah saja yakni dari depan. Sementara 3 dimensi ialah bisa dilihat dari berbagai arah.

Karya seni 2 dimensi yang digunakan untuk barang bernilai estetika salah satunya ialah seni potong daun. Daun tersebut bisa dibuat menjadi berbagai bentuk kreatif. Tingkat kesulitan seni potong daun ini ialah tergantung daunnya. Semakin mudah dibentuk daunnya, maka akan mempermudah pembuatan karya seni ini.

Karya seni potong daun ini coba didalami oleh seniman bernama Kanat Nurtazin. Kanat mulai melakukan pekerjaan seni potong daun dari 5 tahun yang lalu. Awal pembuatannya bermula dari Nurtazin mempelajari 100 metode gambar, dan potong daun adalah salah satu metode gambar favoritnya. Nurtazin mampu membuat beberapa gambar karya seni dari daun dengan sangat mempesona.

Karya Kanat Nurtazin sangat artistik, dan siapa saja yang melihatnya otomatis akan berdecak kagum. Seperti Liputan6.com lansir dari Boredpanda, berikut terangkum 7 hasil karya seni potong daun, Senin (1/4/2019).

2 dari 8 halaman

Perempuan Menari

Kanat Nurtazin berhasil membuat karya seni potong daun dengan bentuk perempuan menari dengan sangat artistik. Bentuk ukiran detail di daun berupa rok yang menyerupai bunga, memperlihatkan hasil Nurtazin sangat mempesona.

Tingkat kesulitan membuat wanita menari ini boleh dibilang sangat susah. Hal ini terlihat pada bentukan tangan yang tipis. Mengukir daun untuk membuat seperti itu membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Dan Nurtazin mampu membuatnya menjadi karya seni perempuan menari yang sangat indah.

3 dari 8 halaman

Serigala Melolong

Menggambar serigala saja di buku gambar sudah menjadi pekerjaan yang susah. Apalagi membuatnya sebagai karya seni potong daun. Tingkat kesusahan yang tinggi ternyata mampu diselesaikan dengan indah oleh Nurtazin.

Serigala melolong terlihat sangat indah terpotret dengan background langit berwarna biru. Serigala terlihat seperti nyata. Karya Nurtazin ini wajib diberikan 2 jempol, karena mampu membuat serigala melolong dengan sangat detail.

4 dari 8 halaman

Jadi Puppet

Puppet atau sering disebut panggung boneka adalah seni teater yang sangat menghibur. Seni teater tersebut lalu coba dipraktikkan oleh Nurtazin dalam karya seni potong daun. Hasilnya pun sangat istimewa. 

Ada tangan dengan jari yang terhubung oleh tali, terlihat mampu menggerakan boneka. Puppet ini terlihat real dengan background perkotaan. Membuat tali yang menyambungkan juga menjadi hal yang susah, karena potongan daun tersebut sangat tipis, apabila pengerjaan tidak teliti, maka tidak akan terbentuk tali tersebut. 

5 dari 8 halaman

Anak Perempuan dan Kupu-kupu

Karya 2 dimensi bisa saja akan menimbulkan efek cerita. Walaupun cuma bisa dilihat satu arah, namun apabila karya seni 2 dimensi tersebut dibentuk sangat bagus, maka akan memiliki makna tersendiri. Seperti halnya karya seni potong daun karya Nurtazin di atas. Karya tersebut terdiri dari dua daun yang dipotong membentuk anak perempuan sedang bermain dengan kupu-kupu.

Anak perempuan terlihat sangat nyata sedang bermain dengan kupu-kupu. Dengan background foto taman di musim semi, melihat karya seni potong daun ini terlihat sempurna. Apresiasi harus sangat diberikan bagi Nurtazin, yang sangat bagus membuat anak perempuan dan kupu-kupu dikaryanya tersebut.

6 dari 8 halaman

Perempuan Berayun

Hasil karya seni potong daun dari Nurtazin membentuk perempuan berayun di ayunan sangatlah terlihat indah. Kesyahduan sangat terlihat pada gambar di atas. Perempuan berambut panjang sedang memegangi ayunan, ditambah suasana senja menyempurnakan karya seni ini.

Nurtazin dalam membuat karya seni perempuan berayun di ayunan ini sangat memperhatikan detail. Nurtazin memperhatikan pakaian apa yang dipakai perempuan tersebut. Dengan pakaian dengan pundak terbuka, terlihat begitu bagus hasilnya. So, karya seni ini sangat bagus dan artistik.

 

7 dari 8 halaman

Perempuan Menari dengan Gaun Bintang

Lagi-lagi Nurtazin mampu membuat perempuan menari dengan sangat bagus. Daun digunakan Nurtazin menjadi media karya seninya dengan sangat bagus. Perempuan yang menari sambil mendongak ke atas dengan gaun bintang-bintang terlihat sangat menyapu.

Perempuan tersebut seolah-olah menari di perkotaan. Terlihat sangat artistik dan enak dipandang. Bintang-bintang yang dibuat Nurtazet nyatanya menyempurnakan konsep perempuan menari. Nurtazin sangat memperhatikan detail, contohnya perempuan menari ini dibuat dengan sepatu yang terukir sangat apik di daun berwarna coklat tersebut. 

8 dari 8 halaman

Wanda & Cosmo

Wanda dan Cosmo berhasil dibuat Nurtazin dengan sangat apik. Seperti diketahui Wanda dan Cosmo ialah karakter kartun yang ada di Fairly Odd Parents. Karakter kartun ini boleh dibilang sangatlah susah membuatnya diseni potong daun. Hal ini dikarenakan banyak detail kecil yang perlu diperhatikan dalam membuat karya seni ini. Namun hasilnya super luarbiasa bagusnya.

 

Loading