Sukses

Ini Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Kini Naik 4 Peringkat

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan adalah perasaan senang dan tenteram yang terus ada. Perasaan bahagia bisa bermacam-macam, mulai dari rasa puas sampai perasaan sangat bersukacita dan senang menjalani kehidupan. Orang yang bahagia pasti ingin terus merasa bahagia. 

Ukuran kebahagiaan biasanya hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri. Tak bisa dipungkiri setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang bahagia. Siapa sangka ada negara paling bahagia di dunia, bahkan negara tersebut menjadi rekomendasi tempat tinggal yang ideal.

Daftar negara-negara paling bahagia di dunia baru saja dirilis dan posisi pertama diduduki oleh Finlandia yang tahun lalu berada di posisi kelima, seperti yang Liputan6.com lansir dari World Happiness Report, Senin (1/4/2019).

Sementara negara paling bahagia tahun 2017, Norwegia, turun ke peringkat kedua. Empat negara paling bahagia yang berada di empat posisi teratas dalam daftar ini adalah Finlandia, Norwegia, Denmark, dan Islandia.

2 dari 3 halaman

Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia ?

Dalam laporan yang diterbitkan oleh World Happiness Report, Indonesia berada dalam urutan ke-92 di antara 156 negara yang masuk dalam laporan ini. Dengan posisi ini, Indonesia naik 4 peringkat dari posisi tahun sebelumnya di 96.

World Happiness Report dirilis oleh Sustainable Development Solutions Network for the United Nations pada tanggal 20 Maret 2019, tanggal yang dinyatakan oleh PBB sebagai Hari Kebahagiaan Internasional.

Peringkat ini didapat dengan menganalisis 6 faktor yang yang mendukung kesejahteraan: pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup, dukungan sosial, dan kemurahan hati. Dalam laporan tersebut, penduduk Indonesia banyak yang merasa tidak percaya dengan politisi dan rendahnya dukungan hidup.

Di antara negara ASEAN lainnya, Indonesia tertinggal jauh dari Singapura di posisi 34, Thailand di posisi 52, Filipina di posisi 69, dan Malaysia di posisi 80. Meskipun begitu, Indonesia menempati peringkat 2 sebagai negara paling murah hati.

3 dari 3 halaman

Rahasia Bahagia Orang Finlandia

"Memang benar bahwa tahun lalu semua orang Finlandia lebih bahagia daripada penduduk negara lain, tetapi imigran mereka juga imigran paling bahagia di dunia," kata co-editor laporan John Helliwell, seorang profesor emeritus ekonomi di University of British Columbia.

"Ini bukan tentang DNA yang ada pada orang Finlandia. Ini adalah cara hidup dijalani di negara-negara itu. Mereka membayar pajak tinggi untuk keamanan sosial, mereka percaya pemerintah mereka, mereka hidup dalam kebebasan dan mereka saling bermurah hati. Mereka saling peduli dan Itulah tempat yang ingin ditinggali oleh orang, 

Sepuluh besar negara paling bahagia di dunia adalah Finlandia, Denmark, Norwegia, Islandia, Belanda, Swiss, Swedia, Selandia Baru, Kanada, dan Austria. Sementara itu, negara dengan peringkat terbawah diduduki oleh negara-negara di benua Afrika seperti Yemen, Tanzania, Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah, dan posisi paling bawah adalah Burundi.

Loading