Sukses

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kulit Sedang Gatal-gatal

Liputan6.com, Jakarta Gatal-gatal merupakan hal yang sering terjadi pada manusia. Apalagi buat kamu yang memang tinggal di lingkungan dengan banyak serangga yang menyebabkan gatal-gatal tersebut.

Tentunya kulit gatal ini sangat membuat kamu tidak nyaman, sehingga kamu ingin segera terbebas dari kondisi tersebut.

Kadang kulit gatal-gatal ini membuat kita jengkel, dan langsung menggaruk untuk meredakannya. Padahal apa yang kamu lakukan itu sia-sia, bahkan kadang dapat membuat kulit gatal tersebut bertambah parah.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dan harus dihindari ketika kulit gatal-gatal. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (1/4/2019). 

2 dari 6 halaman

1. Menggaruk Kulit yang Gatal

Menggaruk kulit yang memunculkan rasa gatal adalah hal yang wajar. Biasanya munculnya rasa gatal membuat otak kamu memerintahkan tangan untuk menggaruknya. Menggaruk kulit yang gatal juga dapat mengakibatkan kamu kecanduan, karena pastinya di awal kita menggaruk, akan terasa sangat enak.

Namun, semakin keras kamu menggaruk, maka semakin besar pula gesekan yang terjadi pada kulit. Hal ini dapat berakibat pada lecetnya kulit yang gatal tersebut, terasa perih dan juga dapat menyebabkan kulit tersebut terkena infeksi.

Biasanya kita menggaruk dengan tangan, dengan kuku di posisi terdepan untuk menggaruk. Perlu kamu ketahui bahwa kuku sering kali jadi tempat persembunyian kuman-kuman. Oleh karena itu, saat ruam yang kamu garuk terluka, bakteri dari kuku bisa masuk dan menyebabkan infeksi.

Untuk itu, kamu dapat menepuk-nepuk saja area kulit yang gatal tersebut daripada menggaruknya, untuk mengatasi rasa gatal. Lalu kamu juga dapat meringankan rasa gatal tersebut degan kompres air dingin.

3 dari 6 halaman

2. Tidur Dengan Hewan Peliharaan

Kulit gatal-gatal ini dapat disebabkan oleh kutu. Sedangkan kutu kutu ini biasanya sering menempel pada bulu-bulu halus hewan peliharaan kamu, seperti kucing ataupun anjing.

Bila kamu tidur bersama dengan hewan peliharaan tersebut, kutu akan berpindah ke kasur dan dapat menggigit tubuh kamu. Tidak hanya itu, bulu hewan peliharaan juga bisa menyebabkan alergi, yang bisa menimbulkan gejala gatal pada kulit.

Bila kulit kamu sedang gatal, usahakan untuk tidak terlalu sering beraktivitas bersama hewan peliharaan dulu. Bila diperlukan, kamu bisa menitip hewan peliharaanmu terlebih dahulu ke tetangga ataupun temanmu sampai gatal-gatal yang kamu rasakan menghilang.

4 dari 6 halaman

3. Memakai Pakaian yang Bahannya Ketat atau Kasar

Biasanya ruam dan gatal terjadi di sekitar tangan dan kaki. Tetapi hal tersebut juga dapat terjadi di bagian tubuh lainnya seperti pada paha, selangkangan, leher, maupun punggung.

Hal ini dapat disebabkan oleh pakaian yang kamu gunakan, apakah terlalu ketat ataupun bahannya terlalu kasar. Hal itu menyebabkan ruam atau gatal akan mendapatkan lebih banyak gesekan dari pakaian tersebut, yang juga menyebabkan lecet dan kondisnya bertambah buruk. Oleh karena itu, pakailah pakaian yang bahannya lembut dan lebih longgar.

5 dari 6 halaman

4. Berendam Terlalu Lama dan Membiarkan Tubuh Berkeringat

Banyak orang yang mengatakan bahwa kulit gatal dapat diatasi dengan berendam oatmeal koloid atau baking soda. Hal ini memang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit gatal-gatal, tetapi berendam terlalu lama malah bisa membuat kulit kamu kering.

Kemungkinan kondisi kulit kamu bisa bertambah parah jika kamu berendam air hangat terlalu lama. Kulit yang kering tersebut sangat cenderung menimbulkan sensasi gatal-gatal.

Sebaiknya berendamlah dengan air hangat tidak lebih dari 20 menit, dan pastikan air yang kamu pakai tidak terlalu panas.

Selain itu, membiarkan tubuh kamu berkerinfat juga bisa membuat rasa gatal semakin memburuk. Bila kamu baru selsai berolahraga, sebaiknya ganti pakaian dan segera bersihkan tubuh kamu.

6 dari 6 halaman

5. Salah Memakai Krim Antigatal

Selain dengan mengompresnya kamu dapat juga mengoleskan krim pereda gatal pada kulit gatal. Kamu juga dapat menemukan produk-produk krim ini di apotek.

Setiap produk tentunya memiliki bahan aktif yang berbeda-beda, kamu juga perlu tahu nantinya produk apa yang cocok untuk masalah gatalmu. Semua bahan aktif tersebut dapat meringankan rasa gatal sehingga kamu tidak perlu lagi jengkel ingin menggaruknya.

Selain meredakan gatal, bahan lauromacrogol juga menjaga kelembapan kulit sehingga kamu dapat terhindar dari kulit kering. Sedangkan jika ruam kulit sudah lecet, maka pilih produk yang berbahan aktif centella Asiatica yang melegakan kulit dari iritasi sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Kadang ada juga masalah dalam pemakian krim ini. Saat kamu sudah memilih krim yang benar, kamu juga harus memakainya dengan benar. Sebelum mengoleskan krim, kamu harus membersihkan tangan dan ruam di kulit sebelum mengoleskan krim tersebut.

Selalu baca aturan pakai produk krim yang kamu pakai sebelum mengoleskannya, dan pastikan kamu memakai sesuai dosis yang diperlukan atau disarankan.

Yang terpenting adalah, kamu harus selalu menjaga kebersihan kulitmu. Selama kamu menjaga kebersihan kulitmu, maka gatal-gatal tidak akan datang mengganggu.