Sukses

8 Cara Meningkatkan Daya Ingat, Bantu Kembalikan Performa Bekerja

Kamu sering lupa? Perlu cara meningkatkan daya ingat ini.

Liputan6.com, Jakarta Cara meningkatkan daya ingat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki daya ingat mulai menurun. Hal ini diperlukan, karena daya ingat yang menurun dapat mengganggu aktivitas dan performa bekerja. Tentu saja, penyebab daya ingat menjadi menurun bukan hanya disebabkan oleh faktor usia. Namun bisa juga dikarenakan gaya hidup dan lingkungan. 

Faktor gaya hidup ini termasuk kurangnya waktu tidur, pola makan yang tidak sehat, stress, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor lingkungan yang berperan seperti karena polusi udara, paparan racun, dan bahan kimia yang tersebar di udara maupun makanan yang dikonsumsi.

Nah, untuk mempertajam kembali daya ingat Anda, maka perubahan gaya hidup sangat diperlukan. Hal ini mampu mendorong otak Anda untuk memproduksi sel-sel saraf yang baru. Dengan demikian, memori otak akan meningkat secara perlahan. Berikut ini, Liputan6.com, Senin (1/4/2019) telah memiliki beberapa ulasan tentang bagaimana cara meningkatkan daya ingat. Ya, Anda hanya butuh merubah gaya hidup yang tidak sehat agar daya ingat tetao bekerja dengan baik. Berikut ulasannya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Umum Lupa

Lupa memang merupakan gejala yang umum, bisa saja keluhan ini tidak memiliki landasan kelainan yang mengkhawatirkan. Seringkali, lupa terhadap sesuatu diakibatkan karena kurangnya konsentrasi seseorang terhadap hal yang sedang dikerjakannya, karena melamun, atau karena sedang melakukan beberapa hal dalam saat yang bersamaan.

Kehilangan memori yang lebih serius juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi otak, efek samping obat, cedera di kepala, alkoholisme, diabetes, stroke, penyakit hipertiroid, dan defisiensi vitamin B-12.

Penyakit lupa memang ada, yaitu Alzheimer. Namun biasanya penyakit ini menyerang orang tua. Gejalanya mencakup hilangnya memori secara perlahan terhadap peristiwa baru dan kesulitan mempelajari informasi baru dan sulit fokus.

Selain itu biasanya ditemukan perubahan perilaku seperti perubahan emosi, depresi, cemas, takut, dan ketergantungan yang berlebihan terhadap seseorang.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara meningkatkan daya ingat yang bisa Anda coba adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Otak anda memerlukan asupan makanan yang baik agar kemampuannya tetap terjaga.

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, ikan yang mengandung asam lemak omega-3, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak lebih terjaga.

Selain itu, kurangi atau batasilah minuman beralkohol. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan dapat berdampak buruk pada fungsi kognitif (proses berpikir) dan memori.

Cukupi Asupan air

Sebanyak 70% kandungan di dalam otak adalah air. Apabila kekurangan cairan 2% saja, otak akan mengalami penurunan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya. Karena itu, penuhi kebutuhan air dengan mengonsumsi delapan gelas air per hari.

Berhenti Merokok

Merokok lebih dari dua bungkus dalam sehari dapat meningkatkan risiko Alzheimer sebanyak 150% dan demensia sebanyak 170%.

 

4 dari 4 halaman

Banyak Melatih Kerja Otak

Mengatur Aktivitas

Tidak jarang Anda lupa akan barang yang ditaruh, karena diletakkan di sembarang tempat. Karena lupa beberapa kali, membuat Anda untuk lebih sering membeli barang-barang yang tersebut.

Untuk itu, cobalah merapikan hidup Anda yang dimulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang di tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Hal ini akan membuat otak Anda lebih fokus sehingga daya ingat tetap terjaga.Maksimalkan juga pemakaian gadget, kalender, dan alarm, untuk membantu mengingat rutinitas sehari-hari. Agar aktivitas makin terbantu, aturlah jadwal sehari-hari agar tetap sama sehingga otak mudah mengingatnya.

Berolahraga

Cara meningkatkan daya ingat berikutnya adalah dengan berolahrag, Ya, olahraga yang teratur juga dinilai sebagai cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

Olahraga teratur dapat memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, meningkatkan suplai darah ke otak, mendorong perkembangan sel saraf baru, mengurangi resistensi insulin, mengurangi peradangan, serta merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak.

Paling tidak Anda melakukan olahraga, seperti berjalan kaki, selama 45 menit sebanyak tiga kali seminggu.

Olah Otak

Cara meningkatkan daya ingat adalah dengan melatih otak. Ya, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Pepatah mengatakan, bahwa “semakin diasah, pisau akan semakin tajam”.

Hal ini berlaku juga untuk otak. Beberapa cara melakukan senam otak adalah dengan mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, rajin membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, belajar memainkan alat musik, dan permainan strategi lainnya.

Aktif Bersosialisasi

Bercengkrama dengan teman, sahabat, dan orang-orang tercinta adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif. Berkumpul dengan mereka, memungkinkan Anda terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.

Istirahat yang Cukup

Cara meningkatkan daya ingat adalah dengan tidur. Siapa sangka, tidur berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi.

Anda cukup beristirahat, maka akan membuat tubuh bugar, juga terhindar dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas dan cukup dapat membantu daya ingat untuk mempelajari sesuatu hal yang baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini