Sukses

5 Cara Memindahkan File dari HP ke Komputer Tanpa Kabel, Anti Ribet

Cara mudah memindahkan file dari HP ke komputer ini bisa kamu praktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Kamu punya banyak file di HP yang harus dipindah ke laptop atau komputer. Tetapi sayangnya kamu sedang tidak membawa kabel USB untuk memindahkannya? Jangan khawatir. Kamu masih bisa memindahkan file-file tersebut tanpa menggunakan kabel yang harus tercolok antara HP dan juga laptop atau komputer.

File-file ini akan mudah dipindahkan tanpa haru mengurangi kualitas dari file tersebut. Biasanya kamu mengirimnya melalui email atau melalui WhatsApp, maka file akan terkompres atau menjadi lebih kecil. File yang terkompres ini pastinya juga akan menurun kualitasnya.

Untuk memindahkan file agar tidak terkompres, salah satunya dengan menggunakan kabel USB yang disambungkan dari HP ke komputer atau laptop. Ini adalah cara yang standar dilakukan. Namun bagaimana jika ternyata kamu tidak membawa kabel USB, atau tidak punya kabel USB yang cocok dengan perangkat yang kamu punya?

Berikut cara mudah memindahkan file dari HP ke komputer yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memindahkan File HP ke Komputer Tanpa Kabel

1. Menggunakan Aplikasi SHAREit

SHAREit adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan di perangkat Android dan juga komputer atau laptop yang kamu punya. Aplikasi ini dapat memindahkan foto, video, berkas, aplikasi, musik, dan masih banyak lagi.

File yang ditransfer menggunakan SHAREit juga tidak akan terkompres atau menurun kualitasnya. Kamu bisa mengirim file dari HP ke HP, atau dari HP ke laptop atau komputer.

2. Menggunakan Aplikasi AirDroid

AirDroid juga merupakan salah satu aplikasi yang cukup terkenal di perangkat berbasis operasi Android. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi SHAREit.

Kamu dapat mengirim berbagai macam jenis file dan berbagai ukuran. Selain itu, AirDroid juga bisa digunakan untuk mengakses file di HP melalui komputer atau laptop.

3. Menggunakan Aplikasi Pushbullet

Aplikasi Pushbullet tidak hanya bisa mengirim file dari HP ke Laptop atau komputer. Pushbullet dapat menerima notifikasi aplikasi dan SMS dari HP-mu di komputer.

Bahkan kamu bisa mengetik SMS dari komputer dan Pushbullet akan mengirimnya secara otomatis. Pushbullet juga bisa digunakan untuk menjelajah file di HP menggunakan komputer layaknya berada di File Explorer.

3 dari 3 halaman

Memindahkan File HP ke Komputer Tanpa Kabel

4. Menggunakan Layanan Cloud

Layanan Cloud adalah layanan untuk menyimpan file secara online. Kamu bisa menyimpan file yang kamu punya dengan hanya mengupload dan jika menginginkannya lagi kamu hanya cukup mendownloadnya saja.

Contoh layanan Cloud yang cukup terkenal dan sering digunakan adalah Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan masih banyak lagi. Kamu juga tidak usah khawatir karena file yang disimpan di layanan Cloud tidak akan berubah kualitasnya.

5. Menggunakan FTP

FTP atau File Transfer Protocol adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan koneksi yang sama. Kamu bisa menemukan kode FTP pada ponselmu di File Manager atau di pengaturan ponsel.

Setiap ponsel memiliki kode FTP yang berbeda-beda dan letaknya juga berbeda-beda. Setelah kamu mendapatkan kode FTP dari ponselmu, ketik FTP pada File Explorer pada menu Network. Tulislah kode FTP pada kolom atas Network.

Itulah beberapa cara mudah untuk memindahkan file dari HP ke komputer tanpa harus menggunakan kabel USB. Jika komputer atau laptop yang kamu miliki memiliki bluetooth, kamu juga bisa menggunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini