Sukses

Cara Mengusir Kecoa dengan Bahan Sederhana, Basmi dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Cara mengusir kecoa merupakan cara yang sering dicari banyak orang. Kecoa merupakan salah satu serangga yang sering ditemui di dalam rumah. Keberadaannya dianggap cukup menganggu dan kotor. 

Ada lebih dari 4.000 spesies kecoa di seluruh dunia. Spesies yang paling umum dan yang mungkin Anda lihat di sekitar rumah Anda adalah kecoak Jerman, kecoa Amerika, dan kecoa Asia.

Serangga yang tangguh ini pada umumnya dianggap kotor dan menjijikkan. Kecoa dapat dengan cepat menyebarkan kuman dan bakteri dan dapat memicu alergi dan asma. Fakta bahwa mereka dapat berlari tiga mil per jam membuatnya lebih mudah untuk menyebarkan bakteri dengan cepat ke seluruh rumah.

Ada berbagai cara mengusir kecoa diantaranya membersihkan bagian-bagian rumah yang berpotensi menjadi tempat tinggal kecoa. Selain itu cara mengusir kecoa juga dapat menggunakan bahan yang mudah ditemui di rumah.

Berikut cara mengusir kecoa dengan bahan-bahan sederhana yang berhasil dilansir Liputan6.com dari Natural Living Ideas Senin (1/4/2019)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

Semprotan minyak peppermint

Kecoa benci bau minyak peppermint. Minyak peppermint bertindak sebagai insektisida alami yang tidak hanya membuat kecoak di mabuk tetapi juga untuk membunuh mereka.

Buat pengusir mint dengan mengisi botol semprot dengan air dan menambahkan dua puluh tetes minyak peppermint ke dalam air. Semprotan ini 100% tidak beracun dan aman digunakan di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak.

Cara mengusir kecoa dengan Semprotan minyak peppermint ini adalah dengan manyemprotkannya sesering mungkin di area tempat kecoa bersembunyi.

3 dari 8 halaman

Daun Salam

Daun salam digunakan terutama sebagai rempah pengharum masakan khususnya di sejumlah negeri di Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan, sayur mayur, maupun nasi. Namun, selain menyedapkan masakan, daun salam juga berguna sebagai pembasmi kecoa.

Daun salam dikenal sebagai salah satu solusi rumah terbaik untuk kecoa. semprotan daun salam ini akan membuat kecoa di rumah Anda berlarian pergi.

Cara mengusir kecoa dengan daun salam adalah cukup hancurkan sedikit daun salam dan tinggalkan di dekat sudut dan celah tempat kecoak bersembunyi. Anda juga bisa meletakkan segenggam di bagian bawah tong sampah.

4 dari 8 halaman

Diatomaceous Earth (Tanah diatom)

Bagian fosil dari makhluk air kecil yang dikenal sebagai diatom membentuk apa yang dikenal sebagai tanah diatom atau DE. Zat total beracun pada tanah ini bersifat abrasif dan ketika kecoa berkontak dengan DE mengeringkan lapisan tubuh kecoa.

Pastikan untuk hanya menggunakan food grade DE yang aman di rumah. Untuk membuat DE menarik bagi kecoa, tambahkan gula ke dalamnya. Oleskan lapisan DE yang banyak ke celah-celah dan tempat-tempat lain di mana kecoa mungkin bersembunyi.

5 dari 8 halaman

Baking Soda

Baking soda secara sederhana adalah pembunuh kecoak yang ampuh. Baking soda adalah agen ragi yang digunakan dalam memanggang - ini berarti bahwa ketika bersentuhan dengan air, ia akan mengembang.

Campurkan baking soda dan gula dengan jumlah yang sama, lalu taburkan di sudut-sudut dan tempat kecoa biasa lewat. Gula akan menarik kecoa dan ketika mengkonsumsi zat itu ia akan mati.

6 dari 8 halaman

Obat kumur

Obat kumur tak hanya membuat napas Anda segar. Obat kumur mengandung mentol, yang menurut penelitian adalah pembunuh kecoak yang kuat. Jika dibandingkan dengan 86 minyak esensial lainnya, mentol berada pada peringkat pertama.

Cara mengusir kecoa dengan obat kumur adalah membuat semprotan obat kumur. campur 100 ml obat kumur dalam satu galon air dan semprotkan di sekitar rumah Anda.

7 dari 8 halaman

Deterjen dan Hairspray

Kecoak akan sekarat dengan campuran air dan sabun. Metode ini sangat efektif untuk kecoak dan jangkrik di Jerman. Untuk menggunakannya, campurkan 4 sendok makan deterjen cair dengan 4 gelas air. Semprotkan sesuai kebutuhan di tempat kecoak bersembunyi.

Hairspray memiliki tekstur lengket dan sekali kecoa tersangkut di sana, mereka ia akan terjebak untuk selamanya. Hairspray sangat bagus untuk disemprotkan langsung pada kecoak saat Anda melihatnya bergerak.

Ini akan membuatnya berhenti bergerak segera. Ikuti semprotan hairspray dengan satu atau dua semprotan air sabun untuk menghabisi serangga ini.

8 dari 8 halaman

Fakta Menarik Tentang Kecoa

Berikut adalah beberapa fakta aneh dan menarik tentang kecoa:

- Seekor kecoa bisa hidup selama seminggu tanpa kepalanya. Ini karena mereka memiliki sistem sirkulasi terbuka, dan mereka bernapas melalui lubang-lubang kecil di setiap segmen tubuh mereka. Mereka tidak membutuhkan kepala atau mulut untuk bernafas. Kecoak nantinya akan mati kehausan karena tidak bisa minum.

- Kecoa bayi berukuran sekecil debu, tetapi bisa berlari secepat kecoa dewasa.- Kecoa berdarah dingin dan bisa hidup tanpa makanan hingga sebulan. Namun, mereka hanya bisa hidup tanpa air selama satu minggu.

- Kecoa dapat menahan napas hingga 40 menit dan bertahan hidup sat terendam air selama tiga puluh menit.

- Kecoa adalah makhluk yang benar-benar mudah beradaptasi yang membuat pemberantasan menjadi sedikit rumit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.