Sukses

4 Cara Ampuh Agar Tidak Sakit Setelah Kehujanan, Kamu Harus Tahu

Biasanya setelah kehujanan, kamu akan lebih mudah terserang penyakit seperti pusing, demam, flu, ataupun batuk.

Liputan6.com, Jakarta Saat musim hujan, sering sekali kamu kehujanan karena turunnya kadang tak terduga. Kadang kamu melihat awan sudah gelap, tapi tidak hujan. Sedangkan saat langit cerah, bisa saja tiba-tiba turun hujan.

Akibat dari turunnya hujan yang tak dapat diduga tersebut, kamu menjadi kehujanan. Seringkali kamu tidak membawa payung ataupun jas hujan ketika kamu merasa hari ini tidak akan turun hujan, hanya karena melihat cuaca yang cerah.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu sedia payung dan jas hujan walaupun cuaca sedang cerah. hal itu dikarenakan cuaca kadang susah diprediksi.

Biasanya setelah kehujanan, kamu akan lebih mudah sakit. Mulai dari pusing, demam, flu, ataupun batuk biasanya dapat menyerangmu setelah kehujanan. Maka dari itu, kamu perlu menjaga tubuh agar tetap sehat dan tidak diserang penyakit. Berikut cara ampuh agar tidak sakit setelah kehujanan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Segera Mengganti Pakaian yang Basah

Cara yang pertama adalah dengan mengganti pakaian yang basah. Salah satu alasan kenapa kamu bisa sakit setelah kehujanan adalah karena suhu tubuh yang menurun akibat basah dan kedinginan. Hal ini menyebabkan sistem imun sedikit melemah.

Suhu tubuh rata-rata ketika seseorang kehujanan biasanya lebih rendah dari 37 derajat celcius. Sedangkan suhu tersebut adalah suhu di mana rhinovirus dapat berkembang dengan baik.

Padahal sistem imunmu saat itu sedang melemah, karena itulah kamu akan gampang sakit pada saat setelah kehujanan. Virus tersebut akan menyebabkan infeksi pada rongga hidung dan mengakibatkan berbagai penyakit seperti sakit tenggookan, hidung tersumbat, batuk, bahkan demam.

Oleh karena itu, supaya tidak kedinginan karena kehujanan dan sistem imun tidak melemah, kamu harus melepaskan pakaian yang basah karena kehujanan.

3 dari 5 halaman

2. Mandi Dengan Air Hangat dan Mengeringkan Tubuh

Setelah melepas pakaianmu yang basah tadi, segeralah mandi. Hal ini untuk menghilangkan kuman yang menempel di kulit, baik dari genangan air hujan, maupun jalan yang berlumpur.

Sebaiknya mandi dengan air hangat untuk menaikkan suhu tubuh. Namun mandilah secukupnya, cukup 10 sampai 15 menit saja supaya kulit tidak kering. Lalu keringkan seluruh tubuh, terutama rambut. Rambut yang basah bisa membuat kalian kedinginan dan bisa menyebabkan pusing nantinya.

4 dari 5 halaman

3. Memakai Pakaian yang Hangat

Setelah mandi dengan air hangat dan mengeringkan tubuh, pakailah pakaian yang hangat pula. Hal ini untuk mengembalikan suhu tubuhmu kembali hangat setelah kedinginan karena hujan.

Setelah hujan turun, suhu di ruangan biasanya juga akan ikut menurun. Oleh karena itu, usahakan memakai pakaian yang tebal, untuk menghangatkan tubuh dan mencegah kamu sakit setelah hujan.

5 dari 5 halaman

4. Makan Makanan yang hangat dan Beristirahat

Setelah itu, kamu perlu untuk memakan atau minum sesuatu yang hangat. Kamu perlu untuk menghirup udara yang lebih lembap dan hangat.

Buatlah teh hangat dan hirup aromanya beberapa kali sebelum meminumnya, hal ini dilakukan agar jalan pernapasan lebih lancar.

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah beristirahatlah secukupnya. Dengan beristirahat kamu bakal terhindar dari sakit setelah kehujanan.

Intinya adalah menjaga suhu tubuh kamu tetap hangat setelah kehujanan. Karena setelah kehujanan kamu pasti akan kedinginan dan suhu tubuh kamu menurun. Saat suhu tubuh kamu menurun, virus dapat berkembang dengan baik dan membuat kamu sakit. Oleh karena itu, lakukan cara-cara di atas untuk menjaga tubuhmu tetap sehat setelah kehujanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini